Pos Ketan Legenda 1967: Cita Rasa Ketan Legit yang Melegenda di Kota Batu, Malang

0
359
Baliho Pos Ketan Legenda 1967.

Setiap kali berkunjung ke kota Malang, Pos Ketan Legenda 1967 selalu disebut sebagai tempat yang wajib dikunjungi saat beriwisata kuliner. Lokasinya yang berada di daerah wisata dan kelezatan yang diceritakan sudah melegenda membuat aku tertarik untuk mencicipinya. Nama ‘Pos’ sendiri sebenarnya berawal dari pendiri pertama yang berjualan ketan didepan kantor pos. Jadi orang-orang terbiasa dengan sebutan ketan di pos. Sedangkan untuk nama ‘Legenda’ bukan hanya sebagai kebutuhan branding saja. Nyatanya, Pos Ketan Legenda sudah ada sejak tahun 1967 dan kini sudah memiliki beberapa cabang di berbagai kota, seperti Malang, Sidoarjo, Surabaya, Yogyakarta, dan Semarang.

Dahulu, menu yang dijual hanya ada 3 jenis, yaitu ketan campur, ketan bubuk original dan ketan kicir, sedangkan minumannya hanya teh dan kopi. Namun, dengan berkembangnya rasa di dunia kuliner, Pos Ketan Legenda sudah memiliki lebih dari 10 macam variasi, seperti ketan susu kacang, ketan susu meises, ketan bubuk, ketan kicir, ketan campur, ketan susu keju, ketan susu keju meises. Termasuk yang paling banyak dipesan adalah KSDK = Ketan Susu Durian Keju+Vla dan KAP = Ketan + Kelapa-Ayam Pedas. KAP merupakan satu-satunya menu asin dari banyaknya menu yang lebih mengarah ke rasa manis. Sedangkan minumannya ada sekitar 40 macam, baik dingin maupun panas dari racikan maupun saset. Variasi harga ketan tergolong terjangkau, dari harga Rp6.000 untuk Ketan Original Kelapa Bubuk dan harga tertinggi sebesar Rp16.000 untuk Ketan Durian. Untuk minumannya berkisar Rp3.000 sampai Rp15.000.

KSDK = Ketan Susu Durian Keju + Vla.

Tekstur ketannya yang begitu legit dan empuk menjadi faktor utama mengapa Ketan Legenda ini tidak pernah sepi pembeli meskipun sudah banyak variasi makanan lain yang bermunculan. Menurut beberapa artikel, rahasia dibalik kelembutan sajian ketan ini adalah jenis ketan yang digunakan. Sedari dulu, Pos Ketan Legenda hanya menggunakan jenis ketan yang diimpor langsung dari Thailand. Ketan direndam semalaman dan ditambahkan garam. Keesokan harinya barulah ketan dikukus selama satu jam dan diolah. Ketan dari Thailand ini juga memiliki kelebihan karena dapat diolah kembali bila tidak langsung habis di hari yang sama. Selain itu, ketan dari Thailand memiliki tekstur yang lebih empuk dan lembut. Aku jadi teringat makanan khas Thailand, yaitu Mango Sticky Rice yang mirip dengan kuliner ini. Bedanya mereka menggunakan buah mangga sebagai pelengkap ketan.

Susu murni hangat sebagai pelengkap kenikmatan saat menyantap ketan.

Varian ketan durian yang disajikan dengan 2 butir durian terlihat sangat menggoda, ditambah dengan topping keju, susu kental manis yang creamy, dan kuah santan membuat sensasi rasa ketan legenda ini terasa sangat nikmat.

Akses untuk menuju ke Pos Ketan Legenda ini cukup mudah. Dari pusat Kota Batu, kita harus mengarah menuju alun-alun Kota Batu. Setelah sampai di alun-alun, belok menuju arah Jl. KH Agus Salim atau Jl. Kartini. Pos Ketan Legenda 1967 tepat berada di pinggir jalan. Terdapat papan nama “Pos Ketan Legenda 1967” berwarja hijau yang cukup besar. Tempat ini buka dari pukul 10.00 hingga 24.00 WIB. Legitnya ketan buatan Pos Ketan Legenda 1967 membuat destinasi kuliner ini sayang jika dilewatkan saat berada di Kota Malang.

Selesai menikmati ketan legenda, kita bisa melanjutkan perjalanan dengan berkeliling alun-alun. Terdapat beberapa spot permainan untuk anak-anak dan berbagai kuliner lainnya disekitar alun-alun Kota Batu. Jadi, selain wisata kulinernya yang beragam, Kota Malang juga menawarkan berbagai tempat yang bisa dikunjungi, baik bersama teman atau keluarga kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.