My Profile

Syaifullah
Syaifullah is currently not a member of any User Groups.
2 minggu ago no Comment

Meski menggunakan pesawat dari Pontianak menuju Ketapang, Kalimantan Barat, hanya 30 menit, namun jika menggunakan speed boat akan memakan waktu hingga lebih dari 7 jam perjalanan. Itulah saat saya melakukan perjalanan menuju Kabupaten Ketapang yang menjadi tempat kerja saya saat ini. Kabupaten Ketapang merupakan salah satu kabupaten terbesar wilayahnya se-Kalimantan Barat selain Sanggau dan Sintang. […]

Ketika tiba di Pontianak, seorang teman lama berencana akan menjadi tour guide saya selama satu malam saya transit di Kota Lidah Buaya, sebelum esok hari kembali melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Ketapang. Hal pertama yang saya ketahui tentang Pontianak untuk destinasi pariwisatanya adalah Tugu Pontianak. Namun, beberapa tahun lalu saya pernah mengunjunginya usai melakukan penelitian di […]

3 minggu ago no Comment

Kota Bandar Seri Begawan sebagai Ibu Kota Brunei Darussalam sangat menarik dikunjungi, beberapa hal yang menarik adalah kehidupan penduduk yang rumahnya dibangun di Sungai Brunei, yakni Kampong Ayer, untuk datang ke sini mesti menggunakan perwahu motor. Selain itu dengan cukup jalan kaki kita bisa mengunjungi Masjid Masjid Omar Ali Saefudin yang putih megah dengan kilauan kubah emas. Untuk belajar sejarah, kami juga mengunjungi museum Royal Regalia. Tak kalah menarik kami berfoto di depan pintu gerbang Istana Nurul Iman dan juga di depan Masjid Jame’ Asr Hassanil Bolkiah yang instagramable. Selebihnya berkeliling sekitaran kota juga sangat menenangkan dan nyaman.

2 bulan ago no Comment

Ini cerita pengalamanku mengunjungi Kota Kinabalu di Negara Bagian Sabah, Malaysia. Saya berangkat ke kota ini dari Bandar Seri Begawan. Bertolak dari Muara ke wilayah Persekutuan Labuan via feri cepat, lalu dilanjutkan menggunakan speed boat ke Menumbok, Sabah. Setelah itu naik travel selama  tiga jam menuju Kota Kinabalu

4 bulan ago no Comment

Ini ceritaku menjelajahi Kabupaten Sintang hingga ke wilayah perbatasan Indonesia dan Malaysia. Kabupaten Sintang berada di Kalimantan Barat dan memiliki wilayah yang sangat luas dibanding kabupaten lainnya di Indonesia. Mayoritas masyarakatnya adalah Suku Dayak dan beberapa masyarakat Suku Dayak masih tinggal di Rumah Betang Panjang hingga saat ini, menarik bukan untuk dikunjungi Rumah Betang Panjang […]

Agendanya adalah mengunjungi Pantai Oetune, sebuah pantai yang memiliki hamparan pasir putih yang luas bak seperti berada di gurun pasir. Dari kupang saya berangkat menggunakan motor menuju Kabupaten Timor Tengah Selatan, lokasi pantai yang dituju berada di jalur Selatan Pulau Timor, jadi setelah melewati Perbatasan Kupang & TTS, di pertigaan belok kanan. Warna perbukitan yang […]

Dengan sengaja kami memilih tiket pesawat yang tiba jam 10.30 pagi. Yap, pesawat landing di bandara Lombok Praya yang berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah. Jarak dari Bandara ke Mataram biasanya ditempuh kurang lebih 1 jam 45 menit. Cukup jauh, bukan? Jika kita menuju hotel terlebih dahulu ke Mataram lalu selanjutnya akan eksplor Pulau Lombok tentunya. […]

5 bulan ago no Comment

Entah kenapa dibanding tempat lain, Ukuran matahari saat sunset di Pulau Timor pada umumnya terlihat lebih besar, ditambah lagi cahayanya lebih jingga keemasan. Masih di dalam kota, beberapa tempat wisata bisa dijadikan tempat bersantai di sore hari untuk menikmati sunset, diantaranya adalah Hutan Mangrove di Oesapa Barat, Pantai Batu Nona dan Pantai Lasiana.

9 bulan ago no Comment

Pesawat mendarat di Juanda International Airport pukul 12:00, dan malamnya pada pukul 21:00, saya akan melanjutkan naik kereta ke Jakarta dari Stasiun Pasar Turi yang nantinya akan tiba pukul 08:00 keesokan harinya di Stasiun Pasar Senen. Kereta malam sengaja dipilih, sebagai salah satu jurus backpacker untuk menghemat biaya transportasi dan menghapuskan budget akomodasi untuk 1 […]

10 bulan ago no Comment

Sejak pukul 06:00 sudah mulai terisi oleh aktifitas dari berbagai kesibukan masyarakat. Lapak-lapak penjual makanan ringan berderet di mana banyak orang-orang berkumpul, ada yang sedang menunggu kapal keberangkatan, ada yang sedang menunggu keluarga, ada yang berkemas menuju pulang setelah tiba dari perjalalan laut. Di Pelabuhan Tenau, motor saya parkirkan persis di tepi dermaga perahu motor […]