Pinisi Resto, Bandung: Tempat Menyantap Hidangan di Atas Kapal Laut

0
157
Jembatan pintu masuk menuju Restoran.

Kota Bandung merupakan wilayah yang daerahnya berada di sebuah cekungan, hal ini membuat Bandung terlihat seperti sebuah mangkuk raksasa bila dilihat dari ketinggian. Bandung dikelilingi gunung-gunung yang hampir berada di seluruh penjuru mata angin. Meskipun begitu, gunung-gunung di sekitar Bandung hanya memiliki ketinggian sekitar 2.000 mdpl. Berbeda dengan gunung di Jawa Timur yang relatif lebih tinggi. Fakta ini membuat aku selalu suka menjelajahi daerah-daerah wisata di ketinggian daerah kota Bandung.

Pengunungan yang mengelilingi Kota Bandung membuat suasana kota selalu terasa sejuk. Kali ini aku sedang berjalan menuju arah Bandung selatan tepatnya kawasan Rancabali Bandung. Aku dan teman-teman berniat untuk menikmati makan siang di Pinisi Resto, sebuah restoran yang bentuk bangunannya menyerupai kapal yang terdampar di tepi sungai. Lokasinya dekat dengan Danau Situ Patenggang, yang terkenal dengan legenda sepasang kekasih Ki Santang dan Dewi Rengganis.

Pinisi Resto menyajikan beberapa pilihan menu makanan mulai dari makanan khas Indonesia, Asian Food, Western Food, dan makanan khas Parahyangan. Restoran ini terdiri dari 3 lantai, bagian lantai 2 dan 3 dapat digunakan untuk tempat makan dan lokasi spot foto yang unik. Dari lantai 3 kita bisa melihat keseluruhan pemandangan di area Glamping Lakeside seperti Situ Patenggang, Tent Resort, Gunung Patuha, Gunung Gajah, hutan konservasi dan hamparan kebun teh. Panorama alam yang sangat menawan.

Bagian haluan yang menjadi spot terfavorit untuk berfoto.

Konsep dari bangunan restoran yang menyerupai kapal laut merupakan daya tarik utama bagi wisatawan untuk berkunjung. Keunikan arsitekturnya terbuat dari kombinasi kayu dan besi, terdapat juga ornamen dayung, kemudi kapal, dan tali tambang yang tertata rapi di sejumlah sudut kapal. Bagian geladak dan anjungan yang biasanya digunakan untuk kapten diubah menjadi ruang makan. Bagian haluan atau moncong kapal merupakan objek paling menarik yang sering dijadikan spot berfoto oleh para pengunjung. Latar belakang Gunung Patuha berpadu dengan Danau Situ Patenggang selalu menghasilkan foto yang artistik.

Jenis makanannya sangat beragam, seperti nasi goreng, nasi liwet, steak hingga spaghetti. Namun, menurut pramusaji restoran, makanan yang menjadi favorit pengunjung adalah masakan Indonesia seperti gurame lakeside, gurame terbang, nasi bakar, nasi liwet komplit, roti bakar dan lain sebagainya. Untuk harga yang perlu kita siapkan berkisar antara Rp. 40.000 – Rp. 80.000/orang sedangkan untuk minuman dari Rp. 15.000 – Rp. 20.000. Jika bingung untuk mengombinasikan menu, terdapat juga paket hemat nasi ayam dengan harga Rp. 35.000. Area restoran ini bisa menampung sekitar 200 orang tamu.

Menu makanan di restoran.

Pinisi Resto merupakan salah satu tempat yang berada di area Glamping Lakeside Rancabali, sehingga di pintu masuk area kita harus membayar tiket masuk terlebih dahulu sebesar Rp. 20.000, plus deposit Rp. 10.000 yang akan dikembalikan di pintu keluar. Dari gerbang utama, kita harus melintasi jalan sekitar 4 km yang membelah perkebunan teh. Lokasi tepat Pinisi Resto berada di Jalan Raya Ciwidey-Patengan No.93, Situ Patenggang, Kecamatan Rancabali, Bandung. Restoan buka setiap hari pada mulai pukul 07.00 – 19.00 WIB.

Baca juga:

DESA WISATA, DESTINASI WISATA BANDUNG SELATAN YANG UNIK

Jika sedang berencana untuk liburan, selain terkenal dengan Pinisi Resto, Glamping Lakeside juga terkenal memiliki tempat menginap yang hits yaitu “Tent Resort”. Tent Resort sendiri merupakan konsep glamour camping dengan fasilitas mewah yang diberikan kepada para wisatawan. Tent Resort ini menghadap tepat ke danau Situ Patenggang yang sangat indah menjadikan suasana camping yang sejuk, tenang, dan romantis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.