Pilihan Alas Kaki Terbaik Untuk Traveling

0
1141
Jenis Sepatu Untuk Traveling (sumber: unsplash.com)

Ketika berbicara soal traveling, pasti kamu akan memikirkan pakaian apa yang harus dipadupadankan dan dipakai ketika sampai di destinasi tujuan. Tentunya, pemilihan pakaian harus dibarengi dengan kondisi cuaca saat berada di destinasi, tempat yang akan dikunjungi, dan kegiatan yang akan dilakukan. Kita tentu tidak mau ada kesalahan kostum atau wardrobe malfunction seperti menggunakan atasan berbahan tipis ketika cuaca sedang dingin juga bersalju dan kegiatan yang dilakukan adalah berjalan-jalan di daerah penggunungan. Nah hal ini juga berlaku pada sepatu yang akan dikenakan.

Setiap model sepatu yang ada dipasaran tidak hanya untuk kebutuhan fesyen semata, namun sepatu yang ada dipasaran pun memiliki kelebihan dan juga kekurangan karena fungsi setiap sepatu berbeda. Maka, sebelum memutuskan untuk melancong, sebaiknya kenali dulu jenis sepatu dan tujuan destinasimu seperti berikut.

Kenali Suasana, Lingkungan, Dan Tujuan Dari Destinasi Perjalananmu
Kenali lagi destinasi yang akan dikunjungi dan pastikan kembali kegiatan apa yang akan dilakukan saat traveling. Karena pasti kita ingin terlihat gaya namun tetap nyaman saat traveling. Percuma kan pakai boots berat namun tujuanmu malah jalan-jalan di perkotaan sebaliknya kamu malah pakai sepatu trainers saat tujuanmu malah hiking.

Sepatu Untuk Sekadar Jalan-Jalan Di Tengah Kota

Sneakers (sumber: unsplash.com)

Jika tujuan travelingmu adalah jalan-jalan di perkotaan, mungkin pilihan yang tepat adalah sepatu yang berbahan dasar synthetic leather atau bisa juga gunakan sepatu yang memiliki area ventilasi agar tidak lembab. Perhatikan juga sol yang digunakan, pastikan sol yang digunakan tebal, berbahan dasar karet dan ringan. Kamu bisa pakai sport shoes, footbed sandals atau sneakers yang nyaman agar bisa berjalan lama atau jika ingin menggunakan flat shoes, pastikan flat shoesmu bersol tebal agar tidak licin dan nyaman di kakimu.

Sandal Untuk Backpack Traveling

Sendal Hiking (sumber: unsplash.com)

Sendal atau sepatu yang pas saat ‘backpacker trip’ idealnya menggunakan sepatu atau sendal anti air. Sendal atau sepatu anti air sangat pas untuk berpergian ke tempat-tempat wisata alam dan sudah tidak perlu mikir apapun lagi saat perjalanan. Pilihannya, kamu bisa menggunakan sendal gunung atau sendal dan sepatu karet. Solnya pun tidak perlu tebal, yang terpenting pada saat berjalan, kaki tidak terasa berat dan sol kuat dipakai berjalan lama. Jika sepatu atau sandal milikmu berbahan kulit, usahakan tidak terkena basah, karena pada saat kena basah, bahan kulit akan mengering bahkan mengerak saat terkena sinar matahari. Saat perjalanan kamu menggunaan sandal dan tiba-tiba di tempat tertentu kamu perlu sepatu tertutup, kamu bisa menggunakan flat shoes lipat atau sneakers bersol tipis yang memudahkanmu saat traveling.

Boots Untuk Hiking

Hiking Boots (sumber: unsplash.com)

Untuk perjalanan hiking, sudah banyak pilihan sepatu dan sandal yang dikhususkan untuk hiking. Alternatif lain jika tidak mempunyai sepatu khusus untuk hiking. Kamu bisa check kembali sepatu yang kamu punya. Idealnya sepatu untuk hiking adalah jenis ankle boots, karena ankle boots berguna untuk menghindari resiko cedera ankle. Kemudian, check kembali sol pada sepatu. Sepatu hiking harus benar-benar keras dan tidak menekuk untuk menghindari cedera kaki. Selain itu, jika kalian berencana untuk membeli sepatu hiking, carilah sepatu satu nomor lebih tinggi dari ukuran asli agar terhindar dari lecet saat hiking. Lalu, usahakan untuk menggunakan sepatu hiking baru 3 minggu sebelum perjalanan hiking agar sepatu dapat membiasakan bentuk kaki.

Sandal Untuk Liburan Pantai

Sendal Pantai (sumber: unsplash.com)

Kebanyakan orang saat pergi ke pantai hanya menggunakan sendal jepit biasa. Namun, yang sangat merepotkan dan tak jarang membuat kaki menjadi iritasi atau sakit terkena pasir pantai dan air laut. Maka, carilah sendal yang memang ideal untuk di pantai, salah satunya cari yang berbahan dasar plastik atau bahan yang elastis agar bentuknya dapat menyesuaikan kenyamanan kaki saat terkena air. Kemudian pastikan sol sendalmu tebal untuk meminimalisir pasir pantai yang menempel di kakimu.

 

Penulis: Nadia Khalishah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.