Piknik Santai di Situ Gede, Danau di dalam Kota Bogor

1
1059
Destinasi berbasis wisata alam Situ Gede
Destinasi berbasis wisata alam Situ Gede. Foto oleh: Agasta.

Lagi-lagi Bogor, sebenarnya ada banyak spot-spot kunjungan menarik di Bogor yang belum terlalu terkenal. Biasanya Puncak, Kebun Raya, Gunung Salak adalah destinasi wisata yang lekat dengan Bogor. Salah satu tempat lain yang meranik untuk dikunjungi yaitu Danau Situ Gede.

Danau Situ Gede letaknya berada di dalam Hutan Penelitian Dramaga milik Litbang. Menurut Wikipedia, Situ berarti telaga, sedangkan Gede berarti gede atau besar.  Lokasinya berada sekitar 10 km dari pusat kota. Akses menuju ke lokasi juga mudah, dapat menggunakan kendaraan pribadi motor maupun mobil, ojek online, ataupun angkutan umum. Jika menggunakan angkutan umum dapat menggunakan angkutan trayek 15 dari arah terminal bubulak.

Danau Situ Gede
Suasana santai duduk-duduk di pinggir danau.

Situ Gede menjadi objek wisata yang berbasis alam atau lingkungan yang biasa dikenal dengan ekowisata. Singkatan dari ekologi-wisata. Wisata yang berbasis ekologi. Berada di dalam hutan, dan berdekatan dengan kandang penangkaran rusa.

Untuk mengunjungi Situ Gede, kamu tidak perlu mengerluarkan biaya sedikit pun. Alias Gratis! Tentunya jika kamu berjalan kaki dari rumah hingga ke lokasi hehe. Ya, jika kamu membawa kendaraan kamu hanya perlu menyiapkan Rp. 2000 hingga Rp. 3000 jika ingin berkunjung ke Situ Gede. Uang tersebut sudah seperti yang kamu duga, hanya untuk membayar parkir di sana. Benar, jadi Danau Situ Gede terbuka untuk pengunjung umum dan tidak dipungut biaya. Cocok untuk kantung mahasiswa, pelajar, dan pengangguran kan?

Danau Kota Bogor
Pinggiran Danau Situ Gede dihiasi pepohonan yang rindang.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Danau Situ gede merupakan sore hari. Karena rindangnya pepohonan, indahnya pemandangan, udara yang sejuk, manisnya matahari terbenam akan menghapus hari-harimu yang penat setelah seharian beraktivitas. Atau jika pagi bisa sambil jogging dan bersepeda bagi yang menggemari kegiatan fisik. Namun, karena lokasinya yang berada di dalam hutan, di sarankan jika hari gelap segera berkemas agar lebih mudah untuk menemui jalan pulang.

Tempatnya sangat akrab dengan para muda-mudi. Duduk di pinggir danau, ngobrol santai sambil jajan di warung (tentunya jangan buang sampah sembarangan yaa) atau membeli bakso akan menjadi kegiatan yang syahdu. Terdapat bale-bale besar yang digunakan untuk para pengunjung bersantai dan berbagai spot foto yang instagramable.

Apalagi buat yang sedang galau, ingin menyendiri dan mencari ketenangan pasti akan sangat cocok dengan tempat ini. Tinggal datang dengan membawa hammock, mengikatnya di pepohonan, menyetel lagu indie, merasakan semilir angin, sambil membaca buku. Dijamin deh tingkat ketenangan diri akan meningkat beberapa persen.

Wahana bebek-bebekan yang bisa di sewa dengan murah
Wahana bebek-bebekan yang bisa di sewa dengan murah.

Jika kamu ingin soswit ala-ala Ftv bisa dengan meyewa bebek-bebekan. Untuk menyewa bebek-bebekan kamu harus menyebrangi danau dengan…. berenang. Tidak tidak. Dengan memutari danau melewati bibir danau atau juga bisa parkir ke arah kantor Desa Situ Gede. Hati-hati kecemplung ya.

Tidak hanya muda-mudi saja yang datang ke tempat ini untuk bermain dengan alam. Kegiatan seperti memancing diperbolehkan di sini. Asal bawa pancingannya sendiri yaa hehehe. Pada sore hari terlihat beberapa bapak-bapak nongkrong di pinggiran Danau untuk menunggu adanya ikan yang terpancing. Selain ikan, bisa juga mengumpulkan keong (tutut) dengan menggunakan jaring ke dasar lumpur danau. Kegiatan seperti ini juga tidak dipungut biaya.

Danau Kota Bogor
Menikmati sore di pinggir danau ditemani dengan gerobak tukang bakso.

Membawa keluarga juga merupakan pilihan yang baik. Pinknik murah dengan menggelar karpet sambil memperkenalkan anak-anak kepada alam bisa menjadi alternatif liburan. Daripada ke mall terus kan bosen. Apalagi weekend, Bogor kota macet. Mending main ke Situ Gede aja!

Danau Situ gede juga bisa digunakan sebagai sarana pendidikan. Danaunya yang cukup luas dapat digunakan sebagai tempat untuk pelatihan seperti pelatihan arung jeram tingkat dasar. Perahu-perahu karet yang besar dengan dayung diperbolehkan mengambang di atas danau. Tentunya untuk kegiatan yang ekstrim seperti ini diperlukan izin yang jelas kepada para pemangku kepentingan.

Karena Danau Situ Gede merupakan objek Ekowisata, mari sama-sama kita menjaga kelestarian alamnya. Bawa kembali pulang sampah dan tidak merusak tanaman yang ada. Lets go to the jungle!

1 COMMENT

  1. Assalamualaikum. Maaf mau tanya, Kalau duduk di tikar yang sudah ada di pinggiran setu gede nya bayar gak? Soalnya salah satu pemilik warung meminta tarif 20.000 sembari bermuka masam dan bernada tinggi karna saya dan keluarga tidak jajan di warung nya. Terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.