Piknik Gratis di Bukit Gajah Cijulang – Cijeruk Bogor

0
395
Bukit Gajah Cijulang Cijeruk Bogor
Berfoto di balik ilalang yang Instagramable.

Kali ini saya akan berbagi informasi mengenai tempat piknik gratis buat kawan backpacker Sobat Misqueen seperti saya, terutama untuk kalian yang berada di area Bogor. Saya menyebutnya Bukit Gajah, karena di depan bukit kalian harus melewati gerbang utama dengan patung seorang raja yang sedang menaiki gajah besar berwarna putih.

Letak bukit ini persis berada di belakang rumah orangtua saya, yang mana gerbang gajah tersebut berada di samping rumah. Oh ya rumah orangtua saya ini di depannya ada patung kuda putih, dan di dalamnya terdapat usaha tempat nongkrong yang dijaga oleh kakek dan mama saya. Sebelum naik ke Bukit Gajah, kalian bisa membeli minum dan camilan dahulu di sini, karena sesungguhnya menaiki bukit tersebut lumayan lelah. Apa lagi jalanannya yang benar-benar terjal.

Bukit Gajah Cijulang Cijeruk Bogor
Suami saya berfoto dengan latar belakang Gunung Salak.

Bukit Gajah terdapat di Desa Tajur Halang, Cijeruk, Bogor, Jawa Barat. Untuk menuju ke sini, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi. Ada baiknya sih menggunakan motor, karena bisa dibawa masuk ke dalam gerbang dan kalian tidak perlu berupaya menanjak jalan terjal dengan berjalan kaki. Kalau bawa mobil, kalian bisa parkir di depan gerbang Gajah atau bisa di depan rumah orangtua saya. Oh ya, kalau mau pakai Google Maps, kalian bisa mengetik “Cijulang Gajah Putih”.

Bukit Gajah Cijulang Cijeruk Bogor
Di tengah perjalanan menanjak, coba narsis dahulu deh.

Untuk menuju bukit, kalian harus menyusuri jalan menanjak beraspal yang cukup terjal, mungkin kurang lebih sekitar 20 menit jika berjalan kaki. Selama di perjalanan, kalian bisa melihat pemandangan luar biasa. Kalau kalian naik sekitar jam 5 subuh dan 6 sore, kalian bisa sekalian melihat indahnya langit-langit berwarna oranye, dengan pemandangan lampu-lampu di Kota Bogor. Sedangkan kalau kalian datang di siang menjelang sore, kalian bisa dengan jelas melihat pemandangan kota, dengan sedikit kabut yang terkadang menyeruak dari atas bukit.

Wisata Cijeruk Bogor
Dua teman saya berfoto di antara rerumputan berbunga pada sore hari.

Sesampainya di atas bukit, kalian dapat langsung melihat hamparan lahan kosong berisi rerumputan berbunga kuning, aneka pohon, hutan pinus, dan ilalang di dekat lembah Gunung Salak. Selain makanan dan minuman, bawalah tikar, gitar, dan properti foto. Sembari menikmati Gunung Salak, kalian bisa bernyanyi bersama teman-teman sembari makan dan foto candid yang bisa dilakukan oleh teman yang pintar fotografi. Biar kayak Selebgram gitu, loh. Hehe.

Hingga sekarang saya belum mengetahui siapa pemilik lahan kosong tersebut. Yang jelas saya sudah terbiasa menikmati pemandangan di sana sejak 15 tahun lalu. Oh ya, Bukit Gajah juga biasa dijadikan tempat berkemah bagi murid-murid sekolah di kampung sana dan warga sekitar. Kalau Hari Minggu pagi, biasanya banyak muda-mudi kampung sekitar yang melakukan Car Free Day ala-ala dan banyak orang yang berjualan beraneka macam camilan di depan gerbang Bukit Gajah. Biasanya di hari tersebut, Bukit Gajah akan ramai sampai jam 10 pagi.

Bukit Gajah Cijulang Cijeruk Bogor
Main gelembung balon di hamparan bukit yang luas.

Tips berkunjung ke Bukit Gajah:

– Gunakan kendaraan pribadi, terutama motor. Kalau mau naik ojek/taksi online sih bisa saja, namun akan susah kalau mau order pas mau balik. Maklum, lokasinya ada di pegunungan.

– Kalau mau datang di saat sepi, jangan datang pas Hari Minggu pagi.

– Datang bersama teman-teman akan lebih seru, trust me!

– Mau camping? Jangan lupa izin dahulu dengan penjaga (jika ada penjaga, terkadang tidak ada soalnya). Adik saya kerap melakukan camping di Bukit Gajah dan tidak bayar. Asal sampahnya dibawa pulang, ya. Jangan mengotori bukit, oke!

– Jaga sikap dan lisan kalian selama ada di sana, untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

– Bawa makanan dan minuman secukupnya.

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke Bukit Gajah? Kalau mau bertanya-tanya, bisa DM ke Instagram saya @irvinalioni.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.