Pia Saronde, Pusat Oleh-Oleh Khas Gorontalo Dengan Kue Pia Sebagai Primadona

0
416
Pia Saronde, pusat oleh-oleh Gorontalo.

“Jangan lupa bawa oleh-oleh, kue Pia.”

Itulah sepenggal kalimat yang diucapkan oleh beberapa teman ketika tau saya tengah berada di Provinsi Gorontalo beberapa waktu lalu. Padahal tanpa disebutkan jenisnya, saya sudah tau betul apa yang harus dibawa sebagai oleh-oleh dari provinsi bergelar Serambi Madinah itu. Kue Pia dan Gorontalo memang telah menjadi dua hal yang tak dapat dipisahkan. Meski banyak oleh-oleh lain yang tak kalah menarik dan lezat, Pia Gorontalo tetaplah menjadi primadona.

Salah satu pusat oleh-oleh yang menjual kue pia khas Gorontalo adalah Pia Saronde. Jika pada umumnya kue pia hanya memiliki isian kacang hijau, di Pia Saronde terdapat berbagai varian rasa yang dapat menjadi pilihan para pembeli. Bagi kamu yang hobi cokelat, pia dengan isi cokelat yang lumer di lidah selalu tersedia untuk dicicipi. Selain  isian cokelat, ada pula varian topping cokelat serta kombinasi antara cokelat dan kacang dalam pia rasa cokelat kacang.

Untuk para pecinta keju, terdapat dua varian yang bisa kamu nikmati di sini yaitu kue pia isi keju dan kue pia lilit keju. Sedangkan bagi para penggemar buah durian, kue pia dengan isian durian juga dapat kamu cicipi di Pia Saronde. Rasa khas durian dan gurihnya adonan kue pia akan memberikan cita rasa tersendiri di lidah para penikmatnya. Selain itu, ada pula kue pia dengan varian kacang tanah, krim susu, dan kacang ijo pandan yang siap untuk memanjakan lidahmu.

Berbagai varian kue pia Saronde.

Dengan berbagai varian yang ditawarkan, kue pia saronde mematok harga yang cukup terjangkau bagi para pembeli. Satu kotak ukuran kecil dapat dibawa pulang dengan membayar Rp 25.000 sedangkan untuk ukuran besar dengan berat bersih sekitar 600 gram dijual dengan harga Rp 45.000.

Meski dikenal dengan nama Pia Saronde, pusat oleh-oleh khas Gorontalo Pia Saronde tak hanya menjual kue pia saja. Berbagai suvenir khas dan jajanan tradisional daerah Gorontalo juga tersedia di tempat ini.

Di jajaran suvenir, kita dapat memilih kain khas Gorontalo yang dikenal dengan nama kain Kerawang serta Kopiah Keranjang khas Gorontalo yang terbuat dari anyaman rotan. Ada pula kaos dan gantungam kunci dengan tulisan dan gambar khas daerah Gorontalo di antaranya kendaraan khasnya yang disebut bentor (becak motor), patung pahlawan Nasional Indonesia asal Gorontalo, Nani Wartabone, baju adat Gorontalo, dan lain sebagainya.

Berbagai jajanan dan suvenir yang dijual di pusat oleh-oleh Pia Saronde.

Untuk jajanan dan kue tradisional, pusat oleh-oleh Pia Saronde menawarkan begitu banyak pilihan. Ada gula-gula soba yang merupakan permen khas Gorontalo yang terbuat dari campuran gula aren dan santan kelapa yang ditambahi kacang tanah. Ada pula kue Kerawang, sejenis kue kering yang di atasnya diberi lukisan warna-warni dengan motif bunga, burung, dan berbagai gambar untuk mempercantik tampilan kue tersebut.

Jika kamu berkunjung ke kota Gorontalo, jangan lupa mampir ke pusat oleh-oleh Gorontalo Pia Saronde yang beralamat di Jl. Sultan Botutihe No.29, Ipilo, kecamatan Kota Timur, kota Gorontalo. Pia Saronde telah dikenal sejak lama. Cita rasa khas yang terus dipertahankan membuat tempat ini tak pernah sepi pengunjung.

Pusat oleh-oleh Pia Saronde dibuka mulai dari pukul 08.00 sampai dengan 22.30. Dengan interior dominan material kayu yang kekinian, tempat ini memberikan kesan nyaman saat dikunjungi. Hal lain yang menjadi nilai tambah di tempat ini adalah pelayanan yang ramah dari para karyawannya. Saat kita selesai membayar di kasir, sebagai ciri khasnya, karyawan di tempat ini menutup transaksi jual beli dengan mendoakan kelancaran rezeki bagi para pembeli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.