Petualangan Singkat Menuju Air Terjun Ciismun, Kabupaten Cianjur

0
253
Tinggi sekali ya!.

Jika kita mendengar tentang wisata di kawasan puncak, biasanya yang terpikirkan di benak kita adalah Masjid Atta’Awun, kebun teh, hingga curug. Ya, kawasan puncak dan sekitarnya memang memiliki banyak sekali curug, yang dalam Bahasa Indonesia berarti air terjun. Nah, salah satu air terjun yang terkenal di kawasan Puncak yang akan saya bahas adalah Air Terjun Ciismun.

Tinggi sekali ya!.

Air Terjun Ciismun berada di dalam Kawasan Kebun Raya Cibodas, Desa Cimacan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Lokasinya berada sekitar 23 km dari pusat kota Cianjur. Untuk menuju kawasan ini kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum berupa angkot atau bus. Kalau menggunakan kendaraan umum, kamu bisa turun di Pasar Cibodas, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sebentar menuju Pintu Timur.

Kalau kamu menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa masuk melalui pintu lain selain pintu timur, yakni pintu barat. Akses menuju pintu ini bisa melalui jalan di sisi timur Pasar Cipanas. Kalau kamu datang dari Bandung, ambil belokan ke selatan tepat sebelum Pasar Cipanas. Hanya saja, jalur menuju pintu barat ini lebih menantang dibandingkan jalur menuju pintu timur. Selain jalan yang ditempuh cukup sempit, cukup banyak medan curam serta tikungan tajam. Jalur ini memang tidak bisa dilalui bus pariwisata, namun sepertinya cocok bagi kamu yang ingin sedikit tantangan, hehehe.

Papan penunjuk jalan.

Harga tiket masuk Kawasan Kebun Raya Cibodas ini juga tergolong murah meriah. Hanya Rp. 4.000 per orang yang bisa kamu bayar di pintu masuk, serta Rp 15.000 kalau kamu membawa kendaraan bermotor. Karena Air Terjun Ciismun ini berada di dalam kawasan kebun raya, kamu tidak perlu lagi membayar tiket untuk menuju air terjunnya.

Dari pintu masuk Kawasan Kebun Raya Cibodas, kamu masih harus menempuh jarak sekitar 500 meter lagi. Persiapkan stamina lebih ya, karena akses menuju air terjun ini hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki. Jalurnya memang tidak menanjak seperti naik gunung, namun siapkan alas kaki yang nyaman karena mayoritas trek yang akan kamu lalui adalah jalan berbatu. Jangan lupa siapkan juga air minum yang cukup karena sepanjang perjalanan kamu tidak akan menemukan warung yang menjual minuman. Normalnya, perjalanan menuju Air Terjun Ciismun ini menempuh waktu sekitar 30 menit.

Gemericik air sepanjang perjalanan.

Ups, kamu tidak perlu khawatir! Meski terdengar melelahkan, namun sepanjang perjalanan kamu akan dikelilingi pemandangan yang asri dan rindang kok. Kamu akan melewati sebuah kawasan bernama Hutan Lumut selama perjalananmu menuju air terjun. Suara gemericik sungai, sejuknya angin, hingga kicauan burung juga akan menemanimu sepanjang perjalanan. Terdapat juga spot untuk beristirahat apabila kamu ingin melepas pegal sehabis berjalan kaki sejenak.

Air Terjun Ciismun ini berada di kaki Gunung Pangrango dengan ketinggian 1275 mdpl, sehingga tidak heran jika airnya terasa sangat sejuk. Selain itu, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter serta memiliki kolam di bagian bawahnya yang menjadi tempat bermain air favorit bagi para pengunjung. Air terjun ini juga cukup aman untuk kamu yang ingin bermain air di bawahnya. Terlihat anak-anak yang asyik bermain di sepanjang aliran sungai dari air terjun. Untuk kamu yang memiliki hobi fotografi namun tidak ingin basah-basahan, lokasi air terjun ini sangat cocok untuk difoto dari jarak jauh. Terdapat beberapa batu besar yang menjadikan lokasi wisata ini semakin instagramable.

Masih asri ya!

Sebelum mengunjungi air terjun ini, ada baiknya kamu memantau musim dan prakiraan cuaca terlebih dahulu. Jika ingin melihat air terjun yang cukup deras, kamu bisa datang di musim penghujan. Tetapi, hindari berkunjung ketika hujan akan datang atau setelah hujan turun. Selain air terjun menjadi sangat deras, air yang turun akan menjadi tidak terlalu jernih karena membawa material tanah setelah hujan. Akses menuju air terjun ini juga menjadi licin.

Tertarik untuk berwisata ke Air Terjun Ciismun?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.