Pesona Wat Arun: The Temple of Dawn, Bangkok, Thailand

0
283
Patung tentara di sekitar Prang.

Wat Arun secara lokal juga dikenal dengan nama Wat Chaeng adalah kuil di tepi barat (Thonburi) Sungai Chao Phraya, Bangkok, Thailand. Nama resmi lengkap Wat Arun adalah Wat Arun Ratchawararam Ratchawaramahawihan. Rasanya cukup sulit untuk mengucapkan ataupun mengingat nama resmi ini. Kuil ini dianggap sebagai salah satu kuil paling ikonik, paling dikenal, dan paling indah di Thailand karena desainnya yang unik, pengerjaan yang bagus, menara yang dihiasi warna-warni, dan lokasinya yang berada di tepi sungai yang megah dan berdiri tepat di seberang Wat Pho (Kuil Budha Berbaring). Wat Arun dijuluki sebagai (Temple of Dawn) yang sebagian dari menaranya dihiasi warna-warni dan berdiri dengan anggun di atas air.

Pintu masuk Wat Arun.

Prang (Puncak Menara) Wat Arun merupakan salah satu landmark paling terkenal di Bangkok. Puncak Menara yang megah menjulang setinggi 70 meter, didekorasi dengan indah oleh potongan-potongan kecil berwarna dari porselen Cina yang ditempatkan secara halus ke dalam pola yang rumit. Menara pusat (prang) konon melambangkan gunung menuju rumah para dewa dalam kosmologi Hindu dan pusat alam fisik dan spiritual dengan desain berjenjang megah yang menyerupai tangga menuju langit.

Kita bisa menaiki anak tangga menuju pusat Prang, terdapat pagar untuk membantu keseimbangan karena anak tangga jalan menuju puncak tergolong curam. Saat mencapai titik tertinggi kita bisa melihat Sungai Chao Phraya yang berliku, Gran Palace dan Wat Pho yang berseberangan. Di sekeliling pusat Menara terdapat patung-patung tentara dan binatang.

Wat Arun pertama kali dibangun oleh Raja Taksin pada tahun 1768. Menurut sejarah, setelah berjuang keluar dari Ayutthaya, yang diambil alih oleh pasukan Burma, Raja Taksin tiba di kuil ini tepat saat fajar menyingsing. Dia kemudian merenovasi candi dan menamainya Wat Chaeng, Kuil Fajar (Temple of the Dawn). Menara Prang ditingkatkan tingginya pada masa pemerintahan Rama III tahun 1824 – 1851. Rama III juga menambahkan dekorasi Menara dengan porselen sehingga kuil tampak berkilau di bawah sinar matahari.

Prang (Puncak Menara).

Lokasi Wat Arun tergolong strategis. Berada di tepian sungai Chao Praya, ada banyak alternatif transportasi menuju ke lokasi ini seperti perahu. Terdapat perahu-perahu yang memang sengaja digunakan untuk mengangkut wisatawan menuju Wat Arun. Selama melintasi sungai kita bisa menikmati pemandangan sungai yang nampak sangat terawat dan airnya bersih.

Wat Arun akan terlihat sangat indah saat senja tiba, begitu pula saat sang surya baru terbangun dari ufuk timur. Kuil ini sangat cocok untuk dijadikan objek fotografi bagi wisatawan yang ingin melengkapi koleksi fotonya. Detail ornament dari kuil ini bernilai seni tinggi. Di sekitar Wat Arun, terdapat tempat penyewaan baju tradisional Thailand, yang bisa kita gunakan untuk pemanis dokumentasi liburan. Selesai menikmati keindahan Kuil kita bisa membeli berbagai macam produk souvenir khas Thailand, yang ditawarkan oleh para pedagang di sekitaran area dermaga.

Area di sekeliling Wat Arun.

Untuk tempat semegah dan seindah ini kita tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu besar. Kita hanya perlu membayar sebesar 50 Bath atau sekitar Rp. 23.000. Wat Arun beroperasi mulai pukul 08.00 sampai dengan 17.30 waktu setempat.

Untuk menuju dermaga tempat perahu kita harus terlebih dahulu menaiki BTS (Sky Train) ke Saphan Taksin Station, dengan sebelumnya transit di Siam Station. Dari Saphan Taksin Station, kita bisa berjalan 5 menit ke dermaga Than Thien, lalu berlanjut dengan perahu boat hingga ke dermaga N8 Wat Arun.

Alamat lengkap Wat Arun berada di 158 Wang Doem Road, Wat Arun, Bangkok Yai, Bangkok 10600, Thailand. Kuil cantik yang wajib dikunjungi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.