Pesona Pantai Dampar di Lumajang yang Menggetarkan Jiwa

0
760
Landscape pemandangan Pantai Dampar
Landscape pemandangan Pantai Dampar.

Pantai Dampar merupakan salah satu pantai yang berada di barisan pantai selatan di Pulau Jawa. Secara geografis, pantai ini terletak di Dusun Dampar, Desa Bades, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Jarak tempuh dari pusat Kota Lumajang (alun-alun) untuk sampai ke lokasi adalah kurang lebih 1 jam perjalanan.

Akses jalan untuk menuju Pantai Dampar cukup mulus dan aman. Namun harap berhati-hati, karena akses jalan utamanya juga menjadi akses berlalu lalangnya truk-truk besar yang memuat pasir besi.

Akses jalan menuju Pantai Dampar
Akses jalan menuju Pantai Dampar.

Apabila sudah memasuki jalan desa, kita akan disuguhkan pemandangan yang indah. Terlihat sungai mengalir jernih untuk bermuara ke pantai. Ijo royo-royo dari sawah dan ladang milik warga memberikan nuansa keasrian dalam perjalanan. Belum lagi, birunya langit dengan awan putih terang menemani kegiatan travelling kita di Pantai Dampar.

Tebing di Pantai Dampar yang instagramable
Tebing di Pantai Dampar yang instagramable.
Indahnya Pantai Dampar
Indahnya Pantai Dampar.

Tanda-tanda bahwa kita sudah sampai di lokasi Pantai Dampar adalah adanya danau di pinggir tebing dan pantai. Juga, banyaknya rumah-rumah nomaden yang di dalamnya banyak menjajakan makanan khas pantai.

Saat hendak memasuki Pantai Dampar, pastikan membayar retribusi atau HTM sebesar 5.000 rupiah. Harganya sangat terjangkau, namun kita akan merasakan sensasi liburan yang puas saat bermain di Pantai Dampar.

Bermain Mesra dengan Sang Ombak Tepi Pantai

Sesampainya di Pantai Dampar, segera lepaskan sendal lalu berlarilah ke arah laut. Mari rasakan bunyi kemresek pasir-pasir pantai yang halus. Pasirnya berwarna hitam pekat. Tercampur dengan sedikit garam laut dan sedikit pasir besi.

Cobalah untuk berjalan-jalan ke pinggir pantai. Dengarkan deburan ombak yang memanggil kita untuk segera bermain-main air dengannya. Maka hempaskan diri ke bibir pantai. Bermain-mainlah dengannya. Sepuasnya.

Jelajah Danau dengan Sampan

Yang spesial dari Pantai Dampar ini adalah ia memiliki danau. Ya, danau yang berada persis di pinggir pantai. Jarak antara bibir pantai dengan bibir danau tidak lebih dari 30 meter. Sangat dekat. Rasa air danaunya tawar, meskipun ia bersebelahan dengan air laut yang asin.

Naik sampan untuk jelajah danau di Pantai Dampar
Naik sampan untuk jelajah danau di Pantai Dampar.

Di pinggir danau, tersedia beberapa sampan yang siap mengantarkan para pengunjung untuk menjelajahi danau. Untuk jelajah danau dengan sampan, kita cukup merogoh kocek sebesar 5.000 rupiah per orang. Masing-masing sampan bisa dinaiki 4-5 orang.

Serunya, kita akan berkeliling danau kurang lebih 20 menit perjalanan. Puas sekali. Tenang saja, ada pendayung yang akan menjadi driver sampannya. Jadi, kita cukup duduk tenang sambil menikmati pemandangan.

Dengan sampan, kita diajak menyusuri danau dari ujung pantai ke ujung pantai lainnya. Danau ini berbatasan langsung dengan tebing yang ditumbuhi banyak pepohonan. Tebing-tebingnya tampak eksotis dan asri. Boleh dibilang, danau dan tebing-tebingnya ini mirip seperti batu karang yang ada di Kepulauan Raja Ampat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.