Pesona Indahnya Masjid Kubah Emas

0
1904
Masjid Kubah Emas Kota Depok Jawa Barat.

Sahabat semuanya, kali ini saya akan membahas mengenai pesona indahnya masjid Kubah Emas, Ikon Kota Depok Kelas Dunia. Sebelum membahas lebih detail yuk mari simak dibawah ini:

Masjid Dian Al Mahri sering dikenal juga dengan nama Masjid Kubah Emas adalah sebuah masjid yang dibangun di tepi jalan Raya Meruyung, Limo, Depok di Kecamatan Limo, Depok. Masjid ini selain sebagai menjadi tempat ibadah sholat bagi umat muslim sehari-hari, kompleks masjid ini juga menjadi kawasan wisata keluarga dan menarik perhatian banyak orang karena kubah-kubahnya yang dibuat dari emas. Selain itu karena luasnya area yang ada dan bebas diakses untuk umum, sehingga tempat ini sering menjadi tujuan liburan keluarga atau hanya sekadar dijadikan tempat beristirahat.

Dibuka pertama kali pada 2006 lalu, Masjid Kubah Emas dibangun oleh Hajjah. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid. Ia merupakan seorang pengusaha kaya raya asal Banten yang menafkahkan hartanya untuk membangun masjid termegah di Asia Tenggara.

Foto Masjid Kubah Emas (dari sisi kanan) posisi Masjid.

Sebagai kota satelit untuk Jakarta, Depok nggak memiliki banyak tempat wisata. Namun, ada satu spot kelas dunia yang sering menjadi incaran para wisatawan kala mampir ke kota Belimbing ini, Masjid Kubah Emas.

Berlokasi di jalan Raya Meruyung, Limo, masjid yang memiliki nama asli Dian Al-Mahri tersebut adalah ikon menarik bagi kota Depok, kenapa? Karena, kubah masjidnya sendiri mengandung emas dengan 24 karat dengan ketebalan dua hingga tiga, yang dihiasi mozaik kristal loh sahabat dan itu asli serta sangat menarik untuk dikunjungi bukan?

Lima kubah kecil yang mengelilingi masjid pun turut dihiasi emas. Bukan tanpa alasan, karena angka lima merupakan jumlah Rukun Islam, salah satunya soal zakat.

Berkapasitas 15 ribu orang, Masjid Kubah Emas berdiri di atas lahan seluas 70 hektar, sedangkan luas masjid adalah 8.000 meter persegi. Mengusung arsitektur gaya Timur Tengah, masjid ini pun tampak mewah di dalamnya.

Foto dari sisi kanan Masjid Kubah Emas.

Relief di atas tempat imam masjid bertugas mengandung emas 18 karat. Lampu gantung utama pun didatangkan langsung dari Italia, yang menyinari ruang utama, ruang mezanin, halaman dalam, selasar atas, dan ruangan fungsional lainnya.

Digunakan sebagai tempat ibadah sehari-hari, Masjid Kubah Emas turun rutin menggelar kegiatan seperti majelis taklim hingga Safari Ramadan. Nggak heran, ribuan jamaat maupun turis mengunjungi Masjid Kubah Emas setiap harinya.

Perjalanan kali ini saya tempuh menggunakan sepeda motor, dari ciledug Tangerang Selatan menuju Sawangan kota Depok Jawa Barat dengan durasi perjalanan yang tempuh 1,5 Jam, berangkat jam 08:00 WIB dan sampai di Masjid Kubah Emas 09:30 WIB.

Nah mengenai kendaraan untuk parkir jangan khawatir ya sahabat. Tarif parkir sangat bersahabat demi kenyamanan kendaraan anda, untuk kendaraan sepeda motor di kenakan parkir 3.000 Rupiah,- Untuk kendaraan roda 4 pribadi Rp 5.000,- dan kendaraan Bus Rp. 10.000. mengenai aktifitas jam Operasional disarankan pukul 04:00 – 07:00 Pagi dan 10:00-20:00 WIB

Foto bagian dalam Masjid Kubah Emas Depok Jawa Barat.

Aktifitas yang saya lakukan disana tidak hanya sekedar berfoto ria, tapi alangkah baik nya bagi yang muslim ibadah sholat Dhuha yuk 2 rakaat serta mengisi hati dengan santapan rohani sambil menunggu waktu Zhuhur (Bagi yang Muslim). mengenai tempat wudu’ terletak di sisi kiri dan sisi kanan masjid. untuk wanita berada di sisi bagian kiri dan pria di sisi mesjid bagian kanan pintu masuk dan setelah itu sahabat semuanya bisa berkeliling masjid dan menikmati pesona indahnya Masjid Kubah Emas kota Depok Jawa Barat. Sungguh menarik bukan.

Masjid Kubah Emas Sawangan
Alamat: Jalan Raya Meruyung, Limo, Kota Depok, Jawa Barat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.