Pesona Embung Nglanggeran, Danau Buatan Cantik yang Dikelilingi Gunung Api

0
170
Kebun Buah Nglanggeran Gunung Kidul.

Jogja memang punya segudang tempat wisata yang tak pernah bosan untuk kita jelajahi. Ada banyak tempat wisata seru yang bisa kita eksplorasi saat berencana berlibur di Yogyakarta, salah satunya adalah Embung Nglanggeran.

Tempat wisata ini menyajikan keindahan danau buatan seluas 60 x 60 meter bernama Embung Nglanggeran. Danau yang berada di ketinggian ini sekaligus menjadi perkebuan buah-buahan, khususnya durian dan kelengkeng. Pemandangan yang disajikan pun akan membuat kita takjub.

Spot wisata ini juga bisa kita gunakan untuk camping ceria bersama teman atau keluarga. Penasaran, kan? Yuk, simak ulasannya!

Danau buatan di Kebun Buah Nglanggeran.
Lokasi

Embung Nglanggeran terletak di Nglanggeran Wetan, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. Lokasinya tak jauh dari Gunung Api Purba Nglanggeran, kira-kira hanya berjarak sekitar 10 menit saja.

Karena lokasinya yang tak jauh, danau buatan ini bisa kita saksikan saat berada di puncak Gunung Api Purba Nglanggeran.

Untuk menuju ke Embung Nglanggeran juga sangat mudah. Dari kota Jogja, kita bisa mengambil jalan ke arah alternatif Gunung Kidul atau Jalan Wonosari. Lalu menuju daerah Patuk Gunung Kidul, belok kiri dan lurus terus mengikuti petunjuk arah ke Gunung Purba Api Nglanggeran.

Dari Gunung Api Purba Nglanggeran, kita terus lurus sampai pertigaan belok kiri hingga menemui gapura menuju kawasan kebun buah embung Nglanggeran.

Untuk memasuki area wisata ini, kita hanya cukup merogoh kocek Rp 10.000 saja per orang dan parkir Rp 2.000 untuk motor.

Pemandangan dari danau buatan di Kebun Buah Nglanggeran.
Tempat Terbaik untuk Melihat Matahari Terbenam

Konon, orang-orang sekitar menyebut kawasan wisata ini sebagai tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam. Maka dari itu, pengunjung biasanya ramai berdatangan di sore hari.

Di sekitar wisata ini juga terdapat beberapa warung kopi dan bakso yang bisa kita jadikan tempat nongkrong sembari menghangatkan tubuh atau mengisi perut yang lapar.

Adanya embung atau danau buatan ini sebenarnya difungsikan untuk mengairi kebun buah di Nglanggeran. Selain pesona danau buatan, pepohonan durian, dan kelengkeng yang tumbuh di area ini juga turut menambah keindahan pemandangan. Menurut kabar yang beredar, durian asli Gunung Kidul mampu bersaing dengan durian dari daerah lain, loh.

Sayangnya, pada musim kemarau air di embung ini menyusut bahkan mengering. Namun, saat musim hujan air di danau ini akan melimpah ruah dan banyak ikan berenang-renang di dalamnya. Pengunjung pun bisa memberi makan ikan. Tempat wisata ini juga bisa digunakan untuk camping ceria bersama teman atau keluarga loh.

Kebun Buah Nglanggeran Gunung Kidul.
Pemandangan Menakjubkan

Meski embung menyusut atau mengering airnya saat musim kemaru, teman-teman tak perlu kecewa. Pemandangan sekitar spot wisata ini tetap memanjakan mata kita. Siapa coba yang tak akan takjub dengan keindahan panoroma Gunung Kidul yang masih asri dan jejeran tebing Gunung Api Purba yang memikat mata.

Lokasi Embung Nglanggeran yang berada di ketinggian membuat kita bisa menyaksikan keindahan Panorama alam Gunung Kidul. Jejeran tebing-tebing Gunung Api purba yang menyelimuti tempat wisata ini juga akan membuat kita semakin betah.

Karena lokasinya yang berada di ketinggian, pengunjung harus menaiki anak tangga yang lumayan menguras energi untuk menyaksikan embung buatan ini. Spot wisata ini juga dilengkapi dengan gazebo yang bisa kita gunakan untuk duduk santai sambil bercengkrama bersama keluarga atau teman.

Itulah pengalaman saya saat berkunjung ke Embung Nglanggeran. Jika teman-temab sedang berencana ke Jogja, jangan lewatkan tempat wisata ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.