Pesona Candi Gedong Songo, Paket Wisata Bersejarah yang Lengkap

0
1633
Salah Satu Candi Ketika Suasana Berkabut.

Musim liburan sudah tiba, jangan sia-siakan saat liburan kalian. Candi Gedong Songo adalah salah satu rekomendasi liburan keluarga yang sangat seru. Candi ini berada di lereng Gunung Ungaran, Semarang, Jawa Tengah. Akses menuju Candi Gedong Songo sangat mudah, jalan sudah diaspal dan terdapat penunjuk arah yang mudah untuk diikuti. Perjalanan menuju Candi Gedong Songo menempuh waktu sekitar 1-2 jam dari Kota Semarang.

Namun, karena letaknya yang berada di lereng gunung, maka pastikan kendaraan kalian dalam keadaan baik agar tidak terjadi sesuatu di saat perjalanan. Akses parkir yang ada di daerah Candi Gedong Songo sangat banyak, sehingga tidak perlu kebingungan untuk mencari lahan parkir. Di sekitar Candi Gedong Songo juga terdapat banyak penginapan dengan pemandangan kota Semarang dari ketinggian. Sebutan Candi Gedong Songo didapat karena konon katanya candi ini memiliki 9 bangunan candi.

Candi Gedong Songo merupakan peninggalan dari zaman hindu nusantara. Candi ini terletak di ketinggian 1.200 m di atas permukaan laut, sehingga udara di sana cukup dingin. Candi Gedong Songo tidak hanya menawarkan wisata alam dengan pemandangan ketinggian gunung, namun juga menawarkan wisata sejarah. Disini kita bisa belajar sejarah mengenai pendirian candi, serta cerita apa saja yang ada di Candi Gedong Songo.

Sumber Pemandian Air Panas Candi Gedong Songo.

Candi Gedong Songo memiliki track yang sangat panjang, diperlukan tenaga ekstra untuk berjalan dari satu candi ke candi yang lain. Maklum, wilayahnya berada di lereng gunung. Namun jangan khawatir, kalian bisa menunggang kuda bila sudah lelah berjalan. Banyak warga lokal di sana yang menawarkan jasa naik kuda untuk para wisatawan. Selain itu, terdapat banyak spot foto yang instagramable di Candi Gedong Songo. Spot foto favorit wisatawan berada di Candi Gedong 3, karena dari candi ini terlihat keindahan kota Semarang dari atas Gunung Ungaran.

Selain wisata alam dan wisata sejarah, di daerah Candi Gedong Songo terdapat pemandian air panas yang mengandung belerang. Dari pemandian air panas, kalian bisa melihat sumber belerang secara dekat. Jika kalian memilih untuk berjalan kaki, maka kalian akan mendapati jalan setapak yang memiliki pemandangan indah di bagian kanan dan kirinya. Pada jalur dari setiap candinya memiliki jarak dan pemandangan yang berbeda-beda.

Candi Gedong Songo merupakan paket wisata lengkap, karena memiliki semua wisata mulai dari wisata alam, sejarah, bahkan rekreasi. Komplek Candi Gedong Songo memiliki campground yang cukup luas. Kegiatan outbound pun bisa dilakukan di campground ini. Namun, ketika kalian berkemah di daerah ini, kalian harus sudah mempersiapkan semuanya dengan baik, terutama jaket yang tebal, karena suhu saat malam hari bisa berada di sekitar 18-20o C.

Campground Candi Gedong Songo.

Apalagi jika kalian berkemah ketika musim hujan, saat sore saja kabut sudah mulai turun dan suhu akan turun drastis. Jika berkemah bukan pilihan kalian, jangan bingung, kalian tetap bisa merasakan suasana malam hari di Candi Gedong Songo dengan menyewa rumah panggung di daerah camp round. Pihak pengelola menawarkan rumah panggung lengkap dengan kamar-kamar yang bisa kalian sewa untuk menginap dan merasakan suasana malam hari yang dingin di lereng Gunung Ungaran. Menginap di kompleks candi pasti akan menjadi pengalaman baru untuk kalian.

Berwisata ke Candi Gedong Songo merupakan pilihan yang tepat untuk kalian yang ingin liburan lengkap dengan membawa satu keluarga. Tidak hanya wisata alam saja namun juga sejarahnya yang sangat luar biasa. Namun, ketika kalian pergi ke objek wisata manapun perlu diingat bahwa kalian harus menjaga kebersihan dan mencintai lingkungan. Jadi, berkunjunglah ke Candi Gedong Songo dengan keluarga kalian dan jangan sia-siakan musim liburan ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.