Persiapkan 4 Hal Ini Sebelum Berlibur Di Musim Dingin!

1
197
Selamat datang di Sapporo!

Indonesia merupakan negara yang terletak di sekitar garis khatulistiwa. Hal ini menyebabkan Indonesia menjadi sebuah negara tropis dengan sinar matahari penuh sepanjang tahun. Berbeda dengan negara sub-tropis yang memiliki empat musim (panas, gugur, dingin, dan semi), negara kita ini hanya memiliki dua musim; kemarau dan penghujan.

Berlibur di musim dingin tentu menjadi suatu pengalaman menarik bagi orang Indonesia. Selain bisa merasakan suasana musim yang berbeda, berlibur di musim dingin juga membuat kita bisa menjumpai hal-hal yang tidak bisa kita temukan di Indonesia. Misalnya hujan salju, bermain salju, hingga menimati festival iluminase yang hanya ada di musim dingin. Selain itu, banyak lho maskapai penerbangan maupun travel agent yang menawarkan promo liburan di musim dingin. Hal ini tidak terlepas dari minat masyarakat untuk berlibur di musim dingin yang lebih rendah dibanding di musim lainnya.

Ayo bermain ski!.

Nah, kalau kamu berencana untuk berlibur di musim dingin, tidak ada salahnya untuk mengintip beberapa tips di bawah ini supaya liburanmu berjalan lancar dan terasa menyenangkan!

Siapkan Pakaian Musim Dingin yang Hangat dan Nyaman

Namanya juga musim dingin, suhu lingkungannya pasti dingin dong! Membawa baju hangat adalah salah satu hal yang wajib kamu utamakan, apalagi jika destinasi tujuanmu berlibur memiliki iklim yang sangat dingin. Sebagai perbandingan, kalau kamu berlibur ke Ehime (wilayah selatan Jepang) kamu tidak perlu membawa jaket yang terlalu tebal karena musim dingin di sana masih cukup sejuk, berkisar antara 8-15 derajat celcius. Lain halnya jika kamu berlibur ke Sapporo (wilayah utara Jepang). Siapkan jaket tebal karena suhu selama musim dingin di sana bisa mencapai di bawah nol derajat!

Persiapkan pakaian yang hangat jika ingin berlibur di musim dingin ya.

Jangan cuma membawa jaket ya, tapi siapkan juga pakaian lain seperti long john (pakaian khusus yang bisa menjaga panas tubuh), kaus kaki yang tebal, sepatu, sarung tangan, syal, hingga penutup telinga. Kamu bisa membeli berbagai pakaian hangat ini di Indonesia. Biasanya sih di toko pakaian khusus musim dingin. Atau kalau tidak mau repot, kamu juga bisa membelinya di negara tempatmu berlibur. Apalagi jika kamu datang mendekati tahun baru, kamu bisa mendapatkan diskon untuk membeli baju-baju tersebut. Pastikan juga pakaian yang kamu bawa nyaman untuk dipakai. Tidak mau kan liburanmu terganggu karena memakai jaket yang terlalu berat?

Bawa Pelembab Bibir

Jepang merupakan sebuah negara beriklim kering, terutama di musim dingin. Meskipun terlihat “basah”, kelembaban dari cuaca yang dingin serta bersalju ini justru sangat rendah lho! Bahkan bisa membuat kulit kering dan bibir kita pecah-pecah. Oleh karenanya, jangan lupa untuk membawa pelembab bibir (lip balm) maupun pelembab kulit (moisturizer) selama berlibur.

Departement Store biasanya menyediakan diskon selama liburan tahun baru lho.
Pantau Prakiraan Cuaca

Meskipun terdengar agak sepele, namun memantau prakiraan cuaca sebelum kamu pergi berlibur adalah hal yang cukup penting lho! Kamu ingin berfoto sambil menikmati suasana berada di tengah-tengah hujan salju? Atau kamu ingin bermain ski dan tidak ingin pakaianmu basah karena salju yang turun? Dengan memantau prakiraan cuaca terlebih dahulu, kamu bisa mendapatkan berbagai momen terbaik selama berlibur. Jangan sampai liburanmu berantakan karena tidak sempat merasakan hujan salju atau tidak sempat ke mana-mana karena terjebak badai salju.

Salju di mana-mana!

Kamu bisa memakai beberapa aplikasi penyedia layanan prakiraan cuaca, salah satunya adalah Accuweather. Ssst, prakiraan Accuweather biasanya sangat akurat lho. Aplikasi ini bahkan bisa memperkirakan waktu dan durasi salju akan turun!

Sesuaikan Itinerary dan Siapkan Beberapa Rencana Cadangan

Cuaca dingin seringkali membuat tubuh mudah drop. Agar liburanmu tetap menyenangkan, lebih baik jangan membuat daftar kegiatan yang terlalu menguras energi. Siapkan juga itinerary cadangan untuk berjaga-jaga. Meskipun sudah memantau prakiraan cuaca, bukan berarti rencana liburanmu bisa mulus 100%. Jika esok hari kamu berencana untuk bermain snowboarding misalnya, namun hari ini kondisi tubuhmu sedang kurang fit, jalan-jalan di sekitar kota pun masih kegiatan yang menyenangkan.

Selamat datang di Sapporo!

Empat tips di atas bisa kamu jadikan referensi untuk menikmati liburan di musim dingin. Nah, sekarang tinggal pilih. Mau menikmati musim dingin di negara mana? 🙂

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.