Perjalanan Menuju Gili Kapal

0
164
v
Gili Kapal

Saat mendengar Pulau Lombok pasti yang akan terlintas adalah pantai-pantai cantik yang memanjakan mata. Lombok itu ibarat daun kelor, pulau kecil yang setiap sudutnya terdapat pantai indah, yang kalau kemana aja pasti bakalan ketemu pantai. Pernah dengar Lombok disebut dengan “Bali but Moeslim”. Sebutan ini diberikan karena pantai di Lombok tak kalah ciamik dibandingkan Bali. Terkait kebudayaan tidak jauh berbeda. Dengar-dengar dulu Lombok pernah dijajah oleh Kerajaan Karang Asem dari Bali sehingga beberapa kebudayaan Lombok mirip dengan Bali.

Jika ke Lombok, pantai yang sering kita dengar yaitu Pantai Senggigi dan Gili Trawangan. Kalo Gili Trawangan popularitasnya sudah tidak diragukan lagi baik di kancah nasional maupun internasional. Tapi tau gak sih ada Gili yang berada di Lombok timur yang gak kalah cantik dari Gili Trawangan, yaitu Gili Kapal namanya.

Buat kalian yang ingin mengunjungi Gili yang lebih sepi dan damai kalian bisa mengunjungi Gili Kapal. Waktu tempuh dari pusat Kota Mataram menuju Gili Kapal ini sekitar 2 jam. Kalian bisa memilih 2 lokasi penyebrangan menuju Gili Kapal, yaitu dari Pulau Lampu dan Pantai Padak. Penyebrangan yang saya pilih saat itu yaitu Pantai Padak yang bersebelahan dengan dragama pos TNI AL. Di sana kalian bisa bermain di pantai berpasir putih sembari mempersiapkan diri untuk menyebrang ke Gili Kapal.

Kapal yang digunakan menuju gili
Kapal yang digunakan menuju gili

Tarif yang dipatok untuk menyebrang ke Gili ada berbagai macam. Selain bisa ke Gili kapal, kalian juga bisa mengunjungi Gili Petagan, Gili Kondo, dan Gili Bidara yang berada dalam satu gugusan. Jika memiliki budget lebih kalian bisa memilih untuk menempuh beberapa trip mengelilingi Gili dalam sehari. Saat itu kami menyewa kapal seharga 500 ribu untuk berkeliling ke 3 Gili. Biasanya satu kapal bisa diisi 10-13 orang. Sebelum menyebrang kalian bisa untuk menyewa alat untuk snorkeling di loket pembelian tiket. Kalian cukup membayar 40 ribu untuk menyewa snorkel mask dan pelampung.

Oh iya, saat menyebrang ke Gili kalian harus pandai memilih hari agar cuaca mendukung saat akan menyebrang. Jika angin sedang kencang, suasana di kapal akan sangat mencekam karena ombak yang menghempas kapal cukup kuat. Selain pemandangan laut yang biru, kalian bisa menikmati pemandangan Gunung Rinjani di sebelah selatan pulau. Siapa tau habis dari Gili Kapal kalian ingin tracking ke Gunung Rinjani.

Sesampainya kalian akan disuguhkan pemandangan pantai berpasir putih yang luasnya sangat kecil. Makanya Gili Kapal ini juga dikenal dengan Gili Pasir, karena saat air laut sedang pasang Gili ini akan hilang. Sedangkan saat air laut sedang surut akan muncul daratan dengan pasir putih yang sangat halus. Di sini hanya terdapat pasir aja, tidak ada pepohonan untuk berteduh. Jadi, kalian harus siapkan starter pack untuk cuaca panas yang cukup menyengat ya.

Peralatan Snorkling
Peralatan Snorkling

Dari sini ini kalian akan merasa sangat kecil karena sekeliling tempat berdiri kalian adalah lautan. Air lautnya juga sangat jernih, sehingga kalian akan bisa melihat ikan yang berenang. Sebagai lokasi snorkeling Gili Kapal tidak direkomendasikan oleh pengendali kapal, karena arusnya cukup kuat karena tidak ada daratan yang menghalangi angin yang datang. Kalian bisa melakukan snorkeling di Gili Kondo atau Gili Bidara yang berdekatan dengan Gili Kapal.

Jika perjalanan ke Gili Kapal belum cukup kalian bisa melanjutkan untuk menuju Gili yang lain. Godaan untuk mengunjungi Gili yang lain akan sangat kuat saat sampai di Gili Kapal. Nah, saat liburan tiba kalian bisa menjadikan trip ke Gili Kapal sebagai wishlist nih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.