Pentingnya Membuat Itinerary

0
837
Membuat list destinasi wisata yang akan dikunjungi sebelum melakukan perjalanan.

Itinerary secara bahasa berarti rencana perjalanan. Sedangkan secara istilah memiliki pengertian daftar yang mengurutkan acara perjalanan wisata secara lengkap mulai dari waktu, destinasi wisata, transportasi dan biaya perjalanan. Penting nggak sih membuat itinerary? Jawabannya ya penting, terutama buat kalian yang memiliki waktu dan budget terbatas saat liburan.

Bagi beberapa traveler mungkin bukan merupakan hal yang wajib untuk dibuat. Bahkan beberapa traveler kadang merasa terikat dan nggak bebas. Padahal sebenernya itinerary bisa dibuat fleksibel kok. Mau traveling sendirian atau berkelompok membuat itinerary itu penting banget lo biar perjalanan kalian bisa lebih efektif dan effisien. Nih beberapa manfaat itinerary.

Pertama, kalian jadi nggak bingung mau kemana saat sampai di kota tempat liburan. Saat sampai kalian tak perlu membuang banyak waktu untuk menentukan “mau kemana dulu ya”. Dengan adanya itinerary kalian bisa langsung pergi ke destinasi wisata tujuan kalian. Selain merencanakan akan kemana saja, cari tau juga bagaimana cara menuju ke destinasi wisatanya sehingga kalian tak perlu bingung menentukan transportasi apa yang akan digunakan.

Mencari tau segala hal di tempat tujuan berlibur.

Kedua, dapat mengefisiensikan waktu kalian selama liburan. Terutama buat kalian yang memiliki waktu terbatas saat liburan, entah karena kerjaan atau sekolah tapi ingin mengunjungi banyak tempat wisata. Itinerary dapat membantu memperkirakan berapa lama waktu yang kalian butuhkan dan berapa banyak tempat wisata yang dapat kalian kunjungi.

Selain itu dengan manajemen waktu yang baik akan menghindarkan kalian dari tertinggal bus, kereta atau pesawat saat pulang. Yang dapat membuat pengeluaran kalian jadi membeludak untuk membeli tiket lagi.

Ketiga, mengetahui berapa budget yang dibutuhkan saat liburan. Dengan itinerary kalian bisa tau kira-kira bakalan habis berapa duit nih buat liburan. Kalian bisa menyusun pengeluaran mulai dari penginapan, transportasi hingga tiket masuk ke destinasi wisata. Buat kalian yag memiliki budget berlebih mungkin nggak terlalu bermasalah tapi buat kalian yang budgetnya minim itinerary akan sangat membantu.

Kalian bisa memesan tiket perjalanan jauh-jauh hari sehingga bisa mendapatkan harga lebih murah. Selain itu kalian juga bisa melakukan perbandingan harga untuk transportasi menuju destinasi wisata di kota tujuan. Misalkan nih mau ke destinasi wisata A, bisa menggunakan bus, commuter line, layanan transportasi online atau taksi kalian bisa membandingkan mana yang lebih murah dan mana yang lebih efisien. Tentu saja pilih sesuai dengan budget kalian.

Berangkat berlibur.

Selain transportasi kalian juga bisa mencari penginapan dengan harga yang bersahabat dengan fasilitas yang memadai. Cobalah survey beberapa penginapan dan bandingkan rate harga dan fasilitas yang diberikan. Carilah penginapan yang dekat dengan pusat kota agar mudah bila mau pergi kemana-mana. Bila kalian traveling sendirian, kalian bisa menginap di dorm. Selain harga yang lebih murah, kalian juga bisa mendapat teman baru yang sama-sama solo travelling.

Keempat, punya plan kedua jika plan pertama gagal. Kelihatannya sepele memang, tapi plan kedua itu penting lo. Misalkan saja kalian sampai di destinasi wisata tujuan kalian tapi ternyata sedang tutup karena ada perbaikan. Dengab itinerary kalian nggak akan kebingungan mau ngabisin waktu kemana. Kalian bisa langsung melakukan plan kedua kalian.

Sebelum melakukan perjalanan wisata memang lebih baik untuk metencanakannya dengan baik. Agat perjalanan berjalan dengan nyaman dan aman. Selain itu juga untuk menghindari hal-hal yang tak terduga. Jadi yuk bikin itinerary dulu sebelum berangkat berlibur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.