Penginapan “Low Budget” di Yogyakarta.

0
423
Kamar Dormitory di Luwabica Art'n Coffe House Yogyakarta.
Kamar Dormitory di Luwabica Art'n Coffe House Yogyakarta.

Banyak orang yang mikir kalau liburan di Jogja itu mahal dan pasti ngabisin duit banyak. Apalagi hotel dan penginapannya, minimal ngeluarin ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Bener gak sih penginapan di Jogja semahal itu?

Penginapan di Jogja itu banyak yang murah banget! Saya kalau nginep di Jogja cuma tiga puluh ribu sampai lima puluh ribuan aja per malamnya, murah kan? Gimana sih caranya bisa nginep murah, nyaman, tapi berkualitas?

Cara yang pertama, cobain hostel!

Hostel adalah penginapan “ramah budget” yang sangat cocok untuk kalian yang suka “backpackeran”. Berbeda dengan hotel yang lebih mengutamakan fasilitas, hostel lebih mengutamakan keramahan dan jaringan antar traveller. Hostel identik dengan dormitory room, mirip mirip kamar asrama yang kasurnya bertumpuk dan jumlah orang per kamarnya banyak.

Buat kalian yang suka solo trip atau liburan sendiri, hostel dengan tipe dormitory bakalan cocok untuk kalian. Biayanya murah dan kalian bakal dapet temen baru dari berbagai daerah. Untuk kamar dormitory ini, per orang akan membayar untuk pemakaian satu ranjang, biasanya satu kamar berisi enam sampai dua belas orang, jadi kita emang nginep bareng orang orang yang baru kita kenal. Saya pernah nginep di Luwabica Art’n Coffe House di Jogja. Beruntung banget, dengan empat puluh lima ribu rupiah saja, saya bisa nginep di kamar tipe dormitory. Fasilitasnya sangat nyaman, kamarnya memakai AC, kamar mandinya bisa air hangat, ada dapur umum buat masak, ada lounge buat santai, dan saya dapet temen baru dari Depok dan Rusia.

Luwabica Art'n Coffe House Yogyakarta.
Luwabica Art’n Coffe House Yogyakarta.
Lounge unik di Luwabica Art'n Coffe House. Yogyakarta.
Lounge unik di Luwabica Art’n Coffe House Yogyakarta.

Buat kalian yang perginya berdua atau bertiga, beberapa hostel menyediakan kamar privat juga. Kalau kalian liburan bareng keluarga, bisa juga menginap di kamar privat hostel, beberapa hostel menyediakan kamar dengan kapasitas tiga sampai empat orang, cocok buat liburan hemat keluarga. Harganya sekitar seratus sampai dua ratus ribuan aja, murah banget kalau biayanya dibagi sesuai jumlah rombongan kalian.

Nah, ada beberapa hostel yang saya rekomendasikan kalau kalian mau liburan hemat ke Jogja, ada Luwabica Art’n Coffe House, ada Abrakadabra Art B&B, ada Yogyakarta BnB, dan Edu Hostel.

Cara yang kedua, coba cari penginapan murah di daerah Malioboro dalam.

Sosrowijayan, Sosromenduran, Sosrodipuran, Sosrokesuman, Dagen, dan sekitarnya adalah kawasan Malioboro dalam. Di wilayah Malioboro dalam, banyak sekali losmen atau hotel kecil yang murah. Opsi ini cocok kalau kamu liburan dengan teman dan keluargamu, karena kamar di hotel kecil rata rata berkapasitas dua sampai empat orang. Harganya berkisar dari seratus sampai seratus lima puluh ribu per kamar, tapi di daerah ini kamu harus masuk masuk gang dan mencari sendiri hotel dengan harga yang paling murah, ga semua orang seneng jalan kaki nyari nyari hotel. Nah, kalau kalian mau efektif, bisa cari cari dulu di aplikasi atau google, cari lokasi di daerah Malioboro dalam untuk harga yang murah, pasti ketemu kok. Untuk Fasilitasnya tergantung harga kamar, tentu kamar yang seratus ribuan akan berbeda dengan yang dua ratus ribuan. Standarnya ada kipas angin atau AC, kamar mandi ada yang di dalam dan di luar, ada halaman atau ruang santai, dan TV. Ada beberapa hotel yang murah dan cukup nyaman, seperti Puri Hotel, Red Palm Hotel, dan hotel hotel di dalam gang Sosromenduran.

Intinya, dari semua yang saya rekomendasikan, budget nginep di Jogja mulai dari empat puluh lima ribu sampai sembilan puluh ribuan per orangnya. Biaya kamar privat pun kalau harganya dibagi dua atau tiga orang akan sesuai range itu.

Yuk liburan hemat ke Jogja! Nginep di Jogja ga mahal kok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.