Pengalaman Naik Kapal Menuju Lombok dengan KMP Legundi

1
510
KMP Legundi.

Wah, Pulau Lombok sekarang semakin terkenal dan menjadi destinasi yang paling diburu oleh pelancong. Selain karena letaknya dekat dengan Pulau Dewata Bali, Lombok juga punya karakteristik pantai-pantai yang khas dengan perbukitan yang ciamik. Apalagi Lombok memang dikelilingi pantai-pantai dengan warna laut yang biru menawan.

Pengalaman pribadi saya menuju Lombok dengan jalur laut adalah pengalaman yang enggak akan pernah terlupakan. Hampir seharian di kapal, tapi tetep menyenangkan lho travelovers! Berikut adalah hal-hal yang perlu travelovers tahu seputar moda transportasi laut menuju Lombok dari Surabaya. Simak yah!

Menggunakan Kapal Milik ASDP bernama Kapal Legundi

Kapal milik negara yang membawa kita berlayar dari Pelabuhan Perak Surabaya menuju ke Pelabuhan Lembar Lombok adalah KMP Legundi. Kapal ini bisa menampung kurang lebih 800 orang penumpang. Nah, bukan hanya mengangkut orang, tapi juga bisa sekaligus kendaraannya mulai dari sepeda, motor, mobil, hingga truk.

Fasilitas Ekonomi.
Jadwal Keberangkatan dan Harga

Sayangnya KMP Legundi ini tidak berlayar setiap hari, ada jadwalnya tersendiri. Dari Surabaya menuju Lombok hanya ada di hari Senin, Rabu, dan Jumat pukul 14.00 WIB. Sedangkan dari Lombok menuju Surabaya hanya ada di hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Travelovers perlu catat jadwal keberangkatan agar sesuai dengan perjalanan yang diinginkan ya. Durasi perjalanannya umumnya sekitar 18 jam hingga 20 jam. Saya pernah mengalami 22 jam perjalanan dan juga 17 jam perjalanan, tergantung cuaca dan kondisi ombak.

Untuk harganya sendiri aman di kantong sehingga saya sangat merekomendasikan moda transportasi KMP Legundi untuk pilihan transportasi menuju Lombok. Tiket untuk orang dewasa hanya Rp 87.000 dan anak-anak Rp 62.000. Untuk tiket kendaraan yang diangkut mulai dari Rp 132.000 sampai Rp 2.474.000 tergantung moda apa yang digunakan. Kalau saya waktu itu menggunakan motor, jadi harga yang harus dibayarkan adalah Rp 225.000, sudah termasuk tiket satu orang penumpang. Nah itu tadi tiket tanpa makan ya. Kalau memesan sekalian makanan harganya tambah Rp 30.000 untuk dua kali makan.

Murah meriah, kan?

Kafetaria.
Fasilitas Lengkap dan Interior Modern

Nah, ini yang bikin KMP Legundi jadi favorit. Fasilitasnya lebih dari apa yang kita bayarkan. Ada fasilitas VIP sampai ekonomi yang mana kita bisa pakai semua. Hanya tergantung kita bisa dapet duluan apa engga. Saya pribadi udah pernah coba dua-duanya dan sangat nyaman! Fasilitas VIP ada sofa, TV, blower, dan lain sebagainya. Kalau travelovers datang duluan bisa dapat tempat VIP ini. Tetapi kalau memang terlambat dari penumpang lainnya, fasilitas ekonomi enggak terlalu mengecewakan kok. Di area ekonomi terdapat kursi yang bisa ditarik mundur untuk bersender dan kita bisa ambil matras hanya dengan menunjukan KTP. Selain itu, fasilitas kipas angin, TV, dan colokan juga ada.

Fasilitas lain seperti mushola, kelontong, hingga kafetaria juga ada. Kamar mandinya bersih banget, bikin nyaman untuk bersih diri. Saran saya sih bawa perbekalan yang cukup karena harga makanan di kapal memang lebih mahal dari harga normal. Travelovers bisa membeli air panas untuk menyeduh mie instan ataupun kopi yang kalian bawa sendiri,  jadi lebih hemat biaya kan?

Fasilitas VIP.
Pengalaman Menakjubkan Selama Perjalanan

Serunya naik kapal adalah kita bisa menikmati indahnya samudra Indonesia. Saya pribadi paling excited untuk makan di bagian atas kapal saat sore hari ditemani oleh sunset yang indah dan angin sepoi-sepoi. Apalagi kalau di perjalanan travelovers menemukan lumba-lumba seperti yang saya alami, pasti berkesan banget!

Jadi, bagaimana? Sudah siap berlayar bareng KMP Legundi ke Lombok?

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.