Pengalaman Menelusuri Beberapa Pantai yang Ada di Pacitan

0
253
Pemandangan Pantai Klayar.

Kegagalan menikmati akhir tahun 2018 di Karimunjawa dikarenakan kapal yang menuju ke sana tidak ada keberangkatan akibat cuaca yang buruk. Akhirnya ada salah satu dari kawan saya mengusulkan untuk mengubah haluan ke Pacitan, di situlah kenangan-kenangan lama mendekap seketika di dalam pikiran, ohh Pantai Klayar nan indahh ohh klayarrrr, sebelumnya saya sudah pernah mengunjungi Pantai Klayar pada awal tahun 2015. Setelah sadar dari kenangan-kenangan lama, langsunglah tanpa banyak pertimbangan saya langsung mengiyakan dan saya tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.

Saya berangkat dari Semarang menuju Pantai Pacitan menggunakan motor dengan jarak tempuh sekitar 4 jam lebih, karena jarak Semarang ke Pantai Pacitan cukup jauh sekitar 187 KM. Lokasi Pantai Klayar terletak di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, kurang lebih 35 KM ke barat Kota Pacitan.

Pantai Klayar

Sesampai saya di Klayar, saya semakin terkagum-kagum dengan pantai ini, karena menurut saya dalam segi pembangunannya bisa dibilang cepat dan banyak sekali perubahan-perubahannya dari jalanannya yang semakin bagus, fasilitas-fasilitasnya cukup lengkap, homestay semakin bertambah, dibangunnya gazebo-gazebo di atas tebing membuat suasana makin nyaman untuk menikmati keindahan pantai. Dan yang paling saya suka adalah pantainya yang terawat, bersih, dan banyak disediakan tempat-tempat sampah di sekitar pantai.

Untuk biaya masuk pantai seharga Rp20.000 untuk 1 motor atau 2 orang. Kalian sudah bisa bebas keluar masuk sepuasnya. Yang penting saat masuk, menunjukan tiket yang sudah dibeli, jadi jangan sampai hilang.

Sedangkan harga homestay sendiri variatif kisaran Rp150.000-250.000/malam. Dikarenakan saya datang pas tahun baru, jadi homestay yang saya sewa melonjak pesat yang seharusnya Rp250.000 menjadi Rp400.000/malem. Tetapi saya tidak menyesal dengan harga segitu, karena satu kamar di isi 4 orang dan ber-AC, ditambah ada kipas angin dan kamar mandi di dalam. Paling keren lagi homestay-nya terletak di pinggir pantai, jadi saya bisa kapan saja duduk santai di pasir putih sambil memandangi laut lepas dan berbincang-bincang bersama kawan-kawan.

Saya sangat merekomendasikan jika kalian ada rencana ke Klayar, carilah homestay yang tidak jauh dari pantai. Kenapa? Karena kalian bisa bersantai-santai saat tengah malam di pinggir pantai sambil memandangi langit yang penuh bintang, gebyuran ombak, dan jangan lupa putar lagu kesukaan kalian. Nniscaya kalian akan merasakan kebahagian yang memang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata, hanya diri sendirilah yang dapat merasakannya.

Pantai Watukarang
Bersantai di Pantai Watukarang.

Watukarang pun lokasinya tak jauh dari Pantai Klayar, dapat ditempuh sekitar 15 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor. Untuk masuk ke Pantai Watukarang hanya dikenakan biaya parkir seharga Rp2.000/motor.

Pantai ini dikelilingi perbukitan karang, selain itu hamparan pasir putih yang eksotis menambah keindahan yang bisa saya nikmati. Cukup melelahkan menyusuri pantai ini, dikarenakan pantainya cukup panjang Namun sepanjang pantai ada di sediakan gazebo-gazebo untuk bersantai menikmati kelapa muda sambil memandangi lautan. Dikarenakan saya sampai di pantai tepat matahari di atas kepala, sehingga saya dan kawan-kawan memutuskan untuk bersantai di gazebo agar bisa lebih menikmati kehidupan yang fana ini. Ternyata hanya saya yang berfikir seperti itu, sedangkan yang lain malah tidur begitu nikmat.

Setelah puas leha lehe, saya dan kawan-kawan langsung menuju tebing tempat untuk mengambil spot foto terbaik di Watukarang.

Pantai Kasap
Keindahan gugun pulau di Pantai Kasap.

Jarak tempuh masih sama sekitar 10 menit dari Watukarang menuju ke Pantai Kasap. Sama halnya dengan Watukarang, biaya masuk Pantai Kasap hanya cukup membayar parkir seharga Rp3.000/motor.

Pantai Kasap ini ternyata terkenal dengan sebutan Raja Ampat-nya Pacitan. Kenapa begitu? Karena banyak gugusan-gugusan pulau menyerupai Raja Ampat di Papua. Entah kenapa setelah saya mendengar Raja Ampat, saya benar-benar penasaran ingin mengunjungi Raja Ampat. Namun pantai ini memberikan pemandangan yang luar bisa dan memiliki ciri khasnya sendiri dari pantai-pantai yang ada di Pacitan.

Setelah memarkir motor, dengan tergesa-gesa saya meluncur. Setelah menyusuri jalan setapak dan naik-turun tebing. Akhirnya saya sampai dititik view terbaik memandangi gugusan-gugusan pulau di pantai ini, ternyata begitu luar biasa pamandangan yang disajikan di Pantai Kasap ini.

Menurut saya, di Pantai Kasap ada dua spot terbaik. Spot pertama sebelah kanan pantai menaiki bukit terus memandangi gugusan pulau, dan yang kedua sebelah kiri pantai, di situ kalian bisa menikmati pantai dengan pasir yang begitu putih dan halus, dengan pemandangan tebing-tebing besar dan lautan lepas.

Pantai Banyu Tibo
Keindahan Pantai Banyu Tibo.

Dari Klayar menuju Banyu Tibu memakan waktu sekitar 10 menit hanya jalurnya saja yang berbeda. Untuk biaya masuk ke Banyu Tibo seharga Rp10.000/orang dan biaya parkir seharga Rp3.000/motor.

Sesuai dengan nama pantainya, “banyu” artinya air dan “tibo” artinya jatuh. Kalo digabung jadi air jatuh. Pemandangan luar biasa sekaligus unik, saya bisa melihat air jatuh langsung di bibir pantai, seperti air terjun namun ini airnya langsung jatuh ke laut.

Jika kalian ingin menikmati perpaduan pantai dengan air terjun, kalian bisa langsung turun melalui tangga yang sudah disiapkan. Jarang sekali tempat seperti ini, yang biasanya jika foto di air terjun akan terlihat bebatuan atau kubangan air yang ada di bawahnya, namun di sini berbeda kalian bisa mendapatkan spot foto dengan pasir panti dan air terjun.

Untuk fasilitasnya sendiri sudah cukup memadai seperti warung-warung dengan menu-menu makanan dan minuman yang cukup lengkap, serta toilet-toilet cukup memadai.

Pacitan memilik pantai-pantai yang indah, mungkin jika kalian ada rencana untuk ke sini sebaiknya luangkan waktu beberapa hari, dikarenakan banyak sekali pantai-pantai agar kalian bisa benar-benar mengeksplorasi. Saya pribadi menelusuri 4 pantai dalam waktu 2 hari merasa kurang puas, mungkin di lain waktu saya akan menelusuri lagi pantai-pantai yang belum saya nikmati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.