Pengalaman Mencoba MRT -Transportasi Teranyar Warga Jakarta

0
1593
Animo masyarakat menyambut MRT.

Apakah kalian sudah ada yang mencoba MRT (Moda Raya Terpadu) atau Mass Rapid Transit moda transportasi terbaru Jakarta yang beberapa hari ini dibuka?

Jika sudah, berarti kalian cukup beruntung, karena banyak juga yang ingin mencicipi MRT tetapi terkendala dengan tiket yang terbatas.

Bagi warga Jakarta dan sekitarnya banyak yang menyambut dengan antusias pembukaan uji coba publik MRT Jakarta. Uji coba yang dimulai pada tanggal 12 maret hingga 23 maret 2019 ini di buka untuk umum bagi siapa saja yang ingin merasakan menggunakan moda transportasi teranyar ibu kota. Dan karena masih uji coba maka tiket bagi para penumpang di gratiskan.

Untuk rute MRT sendiri baru melayani rute I (Lebak Bulus-Bunderan HI) yaitu Lebak bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Blok A, Blok M, ASEAN, Senayan, Istora Mandiri, Bendungan Hilir, Setiabudi Astra, Dukuh Atas BNI dan terakhir Bunderan HI. Rute MRT yang terdiri dari 13 stasiun ini akan melayani wilayah Jakarta Selatan hingga Jakarta pusat yang terbentang sepanjang 16 KM.

Stasiun MRT Blok A-Jakarta Selatan.

Dan hari ini saya baru sempat mencoba menggunakan MRT dari stasiun Blok A, ke Bunderan HI dan berakhir di stasiun Lebak Bulus. Antusias penumpang yang ikut menikmati uji coba MRT meningkat, mungkin karena hari ini untuk mendapatkan tiket gratisnya tidak melalui situs belanja online yang ketersediaan jumlah tiketnya terbatas. Untuk kali ini penumpang cukup datang ke stasiun terdekat, memperlihatkan kartu identitas dan mengisi formulir. Tiket uji coba MRT Jakarta pun langsung di dapat.

Hampir di setiap gerbong kursi penumpang penuh dan tidak sedikit juga yang berdiri. Banyak dari penumpang yang membawa keluarga untuk menikmati uji coba MRT Jakarta.  Bahkan di beberapa stasiun seperti Bunderan HI dan Lebak Bulus ramai dipadati oleh penumpang.

MRT diharapkan akan menjadi transportasi terbaru yang dapat mengurai kemacetan Jakarta sejak lama. Karena memiliki jalur sendiri, dari jalur layang hingga jalur bawah tanah, dijamin MRT akan tiba tepat waktu dan menjadi moda transportasi unggulan Jakarta saat ini.

Rombongan anak sekolah pun ikut meramaikan uji coba MRT.

Stasiunnya terlihat bagus, rapih, modern, dan semuanya masih terlihat baru. Untuk bagian dalam gerbongnya hampir mirip dengan kereta commuter line, hanya saja lebih luas. Dengan kondisi bagian dalam gerbong yang sejuk, kursi penumpang, dan tali pegangan yang nyaman bagi penumpang yang berdiri. Terdiri dari enam gerbong yang akan mampu menampung penumpang lebih banyak di crush hours-nya Jakarta.

Terlihat memang tidak jauh berbeda dengan MRT yang ada di Singapura dan Malaysia. Walaupun Indonesia baru mempunyai MRT dibandingkan dengan negara tetangga, tetapi dijamin MRT di Jakarta ini tidak kalah bagus dengan yang mereka miliki.

Untuk tata tertib penumpang sendiri masih kurang diperhatikan. Karena beberapa terlihat penumpang MRT kurang tertib seperti pada saat pengantrian tiket masuk, berfoto di dekat peron yang membahayakan dan lain sebagainya. Untuk para petugas cukup banyak dan aktif mengingatkan para penumpang yang masih bandel.

Ada baiknya untuk kedepannya perlu diadakan sosialisasi kepada masyarakat mengenai tata tertib penumpang pada saat menggunakan MRT ini. Agar nantinya tercipta ketertiban bagi sesama para pengguna MRT. Seperti para pengguna MRT yang ada di negara tetangga kita, Singapura.

Tiket masuk Uji Coba MRT Jakarta berbentuk stiker.

Hari minggu pagi tanggal 24 maret 2019, MRT sudah diresmikan oleh bapak presiden Joko Widodo bersama dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Acara peresmian yang diadakan pada saat CFD (Car Free Day), Bunderan HI ini menarik minat banyak warga Jakarta untuk ikut menghadiri. Tidak lupa bapak Presiden RI Joko Widodo menyapa warga yang sudah membludak dengan ramah dan hangat

Menteri keuangan ibu Sri Mulyani pun hadir dalam peresmian MRT rute I Lebak Bulus-Bunderan HI. Para selebritis tanah air pun tidak mau ketinggalan meramaikan peresmian MRT, seperti Anggun C Sasmi, Reza Rahadian, Nirina Zubir dan banyak lagi. Dan tanggal 25 maret 2019, MRT sudah resmi beroperasi, yang dibuka mulai pukul 06.30 WIB – 22.30 WIB dan masih bisa dinikmati secara gratis sampai tanggal 31 maret 2019.

Stasiun MRT Lebak Bulus-Jakarta Selatan.

Untuk pengoperasian secara komersil sendiri akan dimulai tanggal 1 april 2019 yang nantinya pengguna MRT bisa menggunakan kartu single trip dan multi-trip (seperti yang ada di kereta commuter line) dengan harga Rp. 15.000 untuk single trip dan Rp. 25.000 untuk multi-trip yang bisa dibeli di setiap vending machine yang dan di loket stasiun.

Perbedaan dari kartu single trip dan multi-trip adalah pada saat penggunaannya. Jadi jika kartu single trip digunakan untuk sekali jalan dan setelah itu bisa dikembalikan ke loket stasiun. Dan untuk multi-trip bisa digunakan sesuai saldo yang ada, jadi bisa di isi ulang.

Bagi yang belum sempat menikmati uji coba publik MRT Jakarta, tidak perlu khawatir, masih ada waktu hingga akhir bulan maret ini dan gratis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.