Pengalaman Backpackeran ke Bangkok

0
634
Chatuchak Weekend Market.

Thailand adalah negara dengan kultur yang memiliki kemiripan dengan Indonesia, baik dari penampilan ataupun dari negara yang lekat akan kebudayaannya. Thailand kerap kali menjadi tujuan para wisatawan dengan terbanyak se-Asia Tenggara seperti yang dilansir Good News From Southeast Asia, dengan jumlah turis sebanyak 38.3 juta tahun 2018. Tentunya untuk bisa kesana, kita bisa atur budget kita seminim mungkin. Penasaran? Kali ini, aku akan menceritakan budget untuk bagaimana mencari harga-harga terbaik untuk berangkat. Check it out!

Tiket Pesawat.
Passpor sebagai dokumen resmi.

Bandingkan harga tiket pesawat pada beberapa aplikasi penyedia jasa tiket untuk mencari harga mana yang termurah. Harga normal masih berkisaran Rp 1.800.000 – Rp 3.000.000, tergantung maskpainya. Namun, kalau kita belum punya kartu kredit untuk bisa beli tiket di situs maskapai langsung, terkadang kita perlu agen tiket yang terpercaya. Aku waktu itu dapat Rp 1.200.000 untuk pulang-pergi ke Thailand, dengan harga economy class tentunya. Untuk sekitar Asean, Lion Air atau Air Asia mungkin juaranya, karena terkenal dengan harga yang murah. Kita biasanya mendapatkan harga potongan 20-30% dari harga di situs-situs tiket pada umumnya, di luar bagasi.

Penginapan.

Harga menginap tentu beragam, kamu mau pilih yang biasa atau yang mewah, semuanya tergantung preferensi pribadi. Jika ingin melakukan traveling yang low budget, tentunya mencari yang termurah namun tetap aman dan nyaman. Aplikasi-aplikasi untuk booking penginapan akan sangat membantu. Saat itu aku mendapat harga Rp 50.000 per malam untuk 8 hari 7 malam. Namun jika memilih kamar yang berisi 5-7 bed biasanya akan lebih murah. Selain itu, pastikan menginap pada tempat yang memiliki dapur, agar bisa memasak ketika di penginapan dan tempat makan.

Usahakan untuk mencari harga yang termurah dan terdekat dengan tempat-tempat wisata agar mobilitasnya lebih mudah. Perihal visa, untuk berkunjung ke Thailand adalah bebas visa, karena untuk berkunjung ke negara-negara yang tergabung di MEA dapat dilakukan tanpa visa, dengan waktu kunjungan sekitar 4 minggu maksimal.

Transportasi.
BTS Skytrain.

Ada bermacam transportasi yang terdapat di kota Bangkok ini, mulai dari bus, MRT Blue line, BTS (Bangkok Transit System), sampai taxi online. Untuk BTS atau metro, kalian bisa download aplikasi bernama Bangkok Metro Guide dan MRT & BTS Route Planner. Kalian bisa tahu harga dan estimasi waktu kita untuk memilih satu stasiun ke stasiun lainnya. Kalau kamu pergi sendirian, memang ini transportasi yang nyaman.

Perbedaan BTS dan MRT yaitu, BTS itu seperti MRT atau LRT di Indonesia yang keretanya di atas jalan layang dan MRT merupakan kereta jalur bawah tanahnya, yang sedikit lebih besar keretanya. Tapi kalau beramai-ramai, lebih enak untuk menggunakan taxi online, agar bisa lebih mobile.

Makan.

Kalau aku biasanya membawa persediaan bekal dari Indonesia, jadi kalau makan 3x atau 2x sehari, di luar itu cuman makan sekali aja, dan sisanya bawa bekal dari penginapan atau makan di situ. Seperti kering tempe, kering kentang atau teri yang awet untuk dibawa kemana-mana. Setelah itu, teman-teman bisa membawa yang praktis-praktis kayak abon, kornet, sosis, dsb. Hal terpenting, adalah bawa beras, karena ini sesungguhnya makanan yang bisa mengenyangkan. Untuk market-market langganan, kalian bisa kunjungi Family Mart ataupun 7eleven untuk keperluan sehari-hari atau untuk sekedar jajan, dan harganya pun terjangkau.

Uang Saku.

Saat itu rasanya membawa uang sebesar Rp 1.000.000 – Rp 1.500.000 untuk 1 minggu sudah cukup, termasuk untuk transportasi, jajan, dan oleh-oleh. Itu merupakan gambaran minimal uang yang kawan-kawan perlu bawa, namun untuk hal ini rasanya perlu ditambahkan sebagai uang berjaga-jaga.

Banyak pedagang disana yang bisa Bahasa Indonesia juga, dan tidak keberatan dibayar Rupiah, dengan kurs Rp 50.000 = 100 Baht, jadi bagi kita yang kurang membawa baht, namun membawa lebih rupiah, tidak perlu khawatir. Untuk tempat oleh-oleh, kalian bisa ke Chatuchak Weekend Market (hanya Sabtu dan Minggu), kawasan belanja SIAM (banyak mall terintegrasi disitu MBK mall yang lumayan murah, Siam Paragon, Siam Discovery, Siam Plaza), tidak lupa bandingin harga di Asiatique River itu harga-harganya lebih murah!

Sekian untuk bekal persiapan bisa ke Bangkok, kalau kita kalkulasikan, jumlah pengeluaran terminim yang bisa dikeluarkan yaitu sekitar Rp. 2.000.000, meliputi tiket pesawat, hotel, dan uang saku selama 1 minggu.

Selamat mencoba, karena trip bukan masalah berapa banyak uang yang kita keluarkan, namun dengan siapa kita berangkat! untuk Destinasi-destinasi andalan Bangkok, nantikan artikel selanjutnya yaa!

Happy Travel!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.