Pendaki Pemula, Wajib Mencoba Jalur Pendakian Gunung Batu Sukamakmur Bogor

0
1821
Sambil menunggu antrian naik.

Kalau berbicara tentang keindahan negeri tercinta Indonesia ini tidak akan ada ujungnya. dari kota hujan ini saya akan sedikit mengulas tentang keindahan Gunung Batu. Gunung Batu ini sebenarrnya bukan termasuk kedalam katagori gunung lebih tepatnya adalah dengan sebutan bukit, akan tetapi para pecinta ketinggian ini selalu menyematkannya dengan sebutan nama Gunung Batu.

Mungkin ada sebagian dari kalian yang masih asing ketika mendengar nama wisata alam yang satu ini. Gunung Batu yang berada di desa Sukaharja kecamatan Sukamakmur mempunyai ketinggian kurang lebih sekitar 875 mdpl. Bagi pelancong yang belum pernah mendaki gunung, tempat ini cocok untuk dijadikan pendakian pertamanya, untuk pendaki pemula seperti saya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 60 menitan untuk mencapai puncaknya.

Meskipun Gunung Batu ini tidak terlalu tinggi tetapi medannya cukup berat dan menantang, keindahan alamnya pun tidak kalah bagus dengan gunung atau bukit lainnya. Jalan pendakian menuju puncak Gunung Batu ini sangat kecil dan sempit, sebaiknya kalian harus menunggu para pendaki lainnya untuk turun terlebih dahulu, sesampainya dipuncak lelahnya kalian akan terbayar dengan melihat dan menikmati panorama alam yang menakjubkan, seperti hamparan pesawahan, perkebunan dan pemukiman warga dari ketinggian gunung Batu ini.

Puncak Gunung Batu.

Bagi kalian yang ingin mengabadikan foto-foto ditempat ini sebaiknya hati-hati, perhatikan tanah atau batu yang kalian pijak karena bentuk puncak dari Gunung Batu ini memanjang dan tidak terlalu lebar serta belum ada pagar pembatas dipinggirannya, jangan sampai keasyikan, jadi lupa menjaga keselamatanya, so keselamatan prioritas utama ya para pecinta ketinggian.

Bagi kalian yang ingin bermalam dengan mendirikan tenda telah disediakan tempat khusus, Saya sarankan agar membawa makanan, minuman yang cukup, peralatan P3K dan sampahnya jangan lupa diajak turun juga ya para pecinta ketinggian hehe. bagi kalian yang ingin bermalam tetapi tidak membawa peralatan camping jangan hawatir, disekitaran Gunung Batu juga ada villa yang bisa kalian sewa. Menurut info harganya mulai kisaran dari Rp 200.000 sampai dengan Rp. 500.000 per-malamnya.

Objek wisata alam ini masih dikelola oleh masyarakat sekitar, bisa dikatakan masih banyak fasilitas yang perlu dibangun dan dibenahi. untuk bisa masuk dan menikmati keindahan Gunung Batu hanya akan dikenakaan biaya masuk Rp. 20.000 dan jangan khawatir, kendaraan yang kalian titipkan diparkiran ini akan dijaga 24 jam. Akses menuju Gunung Batu ini tidak dilewati oleh transportasi umum, disarankan membawa kendaraan pribadi baik roda dua ataupun roda empat yang benar-benar siap di ajak ke medan jalanan yang naik-turun.

Area camping Gunung Batu.

Rute perajalanan untuk berkunjung ke tempat ini, kalau kalian dari daerah Sentul dan sekitarnya bisa melewati kecamatan Citureup dan Babakan Madang, bagi kalian yang berasal dari Bekasi sekitarnya bisa melewati jalur Jonggol, adapun bagi kalian pelancong dari Cianjur bisa melewati jalan alternative Puncak dua atau Pinus. Sesampainya memasuki kawasan jalanan menuju wisata alam Gunung Batu ini, kanan dan kiri akan disuguhkan dengan pemandangan perbukitan, pesawahan dan aliran sungai yang menakjubkan panca indra kita dan sejenak beban pekerjaan yang menumpuk dan permasalahan yang ada di fikiran kita selama sepekan terakhir ini akan hilang.

Bagi pelancong yang ingin menghabiskan liburannya ke Gunung Batu, sebaiknya pastikan keadaan kondisi badan kalian benar-benar fit dan Jangan lupa selalu mengucap syukur atas semua anugerah  yang telah Tuhan berikan kepada kita selama ini.

Semoga ulasan tentang wisata alam Gunung Batu diatas menambah referensi tempat untuk berlibur para pecinta keindahan negeri ini. Salam lestari…salam rimba…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.