Penantian Penumpang Bandara Kertajati, Akses Tol Cisumdawu akan Rampung 2020

0
374

Sejak 1 Juli 2019, Bandara Kertajati resmi beroperasi dengan 12 penerbangan domestik yang sebelumnya beroperasi di Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Hal tersebut memang menuai pro dan kontra, mengingat banyaknya fasilitas yang ditawarkan namun akses menuju bandara kedua terbesar di Indonesia ini begitu minim.

Baru-baru ini, Bus Damri menawarkan beberapa rute menuju Bandara Kertajati tanpa dipungut biaya alias gratis dan berlaku hingga 1 Agustus 2019. Tak hanya Damri, beberapa shuttle pun mulai melayani calon penumpang untuk menuju Bandara Kertajati. Hal tersebut ternyata masih tidak bisa dianggap sebagai solusi untuk memudahkan akses menuju Bandara Kertajati menjadi mudah.

Di waktu yang sama, pemerintah pun sedang menggarap akses tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau dikenal dengan Cisumdawu yang sangat diharapkan dapat membantu setiap calon penumpang menuju Bandara Kertajati menjadi lebih mudah dan cepat.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam detik.com mengungkapkan pada awalnya tol Cisumdawu ditargetkan akan selesai tahun 2021 atau di tahun 2022. Namun, karena kebutuhan calon penumpang Bandara Kertajati mengenai akses jalan yang cepat dan mudah, membuat tol Cisumdawu memajukan target selesai, yakni pada tahun 2020.

Pembangunan tol Cisumdawu terbagi beberapa seksi dan yang memungkinkan rampung tahun ini diantaranya seksi 3 dan seksi 6. Dikarenakan Bandara Kertajati sudah mulai beroperasi, maka pada rute tol Cisumdawu ini menambahkan tol sepanjang 4 km yang dikoneksikan ke arah Bandara Kertajati dan ditargetkan rampung 2020.

Di luar masalah penambahan seksi pembangunan tol Cisumdawu, proyek tol ini diduga ngaret dan pemicu proyek tol Cisumdawu ngaret dikarenakan tersandung masalah sengketa tanah. Diharapkan, proyek tol Cisumdawu yang rampung pada tahun 2020 tidak hanya akses jalur menuju Bandara Kertajati saja melainkan seluruh akses dari keseluruhan seksi yang sedang dikerjakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.