Pemangkas Waktu Andalannya Indonesia (Terminal Eksekutif Merak-Bakauheni)

0
1442
Garbarata (jembatan penghubung antara ruang tunggu dan kapal).

Grey vintage di balut dengan set dress-khimar berwarna pink serta tak lupa juga tas selempang navy kesayanganku pun menjadi pelengkap penampilan ku hari ini. Bay the way, aku mau pulang kampung guys.

Beberapa waktu lalu aku dengar kabar kalau ada terminal baru untuk rute penyeberangan Merak-Bakauheni yang katanya eksekutif gitu. Kebetulan aku sekarang ada di pulau Jawa dan mau menyebrang ke pulau Sumatera, jadi aku putuskan untuk mencoba naik kapal yang ada di terminal eksekutif ini, sekaligus aku mau lihat fasilitas apa aja sih yang ada disana? sehingga terminal baru ini dapat julukan EKSEKUTIF.

Okey, ketika aku tiba di terminal bus Merak, dari sini sudah kelihatan banner sedang ukuran sekitar 100×50 cm yang bertuliskan “MASUK TERMINAL EKSEKUTIF”. Jadi guys, terminal eksekutif ini benar-benar ada didepan terminal bus Merak. So, ketika baru turun dari bus, kita sudah bisa langsung masuk ke area terminal eksekutif. Jadi ini menguntungkan banget untuk para traveler pejalan kaki khususnya karena kita sudah tidak perlu berjalan jauh lagi ke terminal regular yang jaraknya sekitar 200m dari terminal bus.

Selanjutnya, aku langsung masuk ke area terminal eksekutif Merak yang tepatnya berada di dekat dermaga VI pelabuhan Merak. Meskipun ini kali pertama aku datang kesini, alhamdulillah aku enggak sempat kebingungan karena hampir setiap spot disana sudah ada digital information board yang bertuliskan arah untuk ke lobby utama pada terminal ini. Jadi, singkatnya aku sudah berhasil masuk ke lobby utama dan hal pertama yang aku temukan disana adalah dua petugas recepsionist yang seragamnya warna hitam sedang duduk bertugas dan menyapa ku dengan ramah. Kemudian, aku langsung bertanya kepada petugas itu.

permisi mba, untuk beli tiketnya disebelah mana ya mba?”

“iya mba silahkan kelantai 1. Tempat pembelian tiket ada disana ya mba, untuk aksesnya mba bisa pakai eskalator ataupun lift disebelah sini ya mba-mba nya menunjuk kearah belakang meja recepsionist-“

oke guys, ini terminal memang BEDA. Serius, beda banget sama terminal regular. Jadi, untuk orang Sumatera yang merantau ke Jawa dan pernah melalui akses terminal regular Merak-Bakauheni pasti gak asing dong ya dengan tingginya tangga-tangga yang harus kita daki untuk menuju dermaga, belum lagi dengan barang bawaan yang kadang buanyak banget daaaannnn kita harus fight buat bawa itu semua sampai ke dermaga yang ditentuin buat kita dari petugas loket nya. Belum lagi nunggu kapalnya nyandar dan sebagainya.

Loket pembelian tiket eksekutif, dilayani oleh 3 petugas cassier.

Di Terminal eksekutif ini, semua kesusahan itu dipangkas abis guys. kita nih sebagai konsumen yang baru datang aja sudah disambut dengan customer service yang ramah kemudian disediakan fasilitas pendukung seperti lift serta eskalator dan ditambah jajaran tenant retail yang gak kaleng-kaleng pun ada disana seperti KFC, Starbucks, Kopi Ketje, Crepes, Es teller 77, Solaria resto dan lain lain. Jadi tidak perlu was-was lagi kalo tiba-tiba lapar dan pingin makan dipelabuhan.

Kebetulan aku tiba disana sekitar pukul 21.00 WIB, jadi memang cukup malam dan aku langsung aja reserve ticket. Untuk transaksi di terminal ini sudah pakai non tunai ya guys. Tapi tenang aja buat teman-teman semua yang lupa top up ataupun memang belum memiliki e-money, di samping kiri loket sudah disediakan area khusus untuk top up dan pembuatan e-money.

Untuk harga tiket bagi penumpang dewasa dikenakan tarif sebesar Rp 50.000 dan untuk penumpang anak anak dikenakan tarif sekitar Rp 34.000, harga tersebut sudah termasuk biaya asuransi ya guys. Baiklah, tiket sudah dipesan dan jam keberangkatan aku adalah jam 22.00 WIB, jadi  aku ada waktu sekitar 1 jam untuk menunggu kapal layar.

Salah satu sudut ruang tunggu penumpang.

Let’s to imagine. Waktu satu jam kalo di terminal regular bakalan berasa lama banget ya gak sih? Karna kita cuma bisa berdiri dan menunggu kapal datang.  Suasanapun tentu gak kondusif banget kalo mau makan dan lain lain karna gak tau kapan kapalnya akan layar

Tapi kalo di terminal eksekutif ini, kita benar benar dimanjakan guys. Karena disamping kanan dan kiri loket itu sudah disediakan ruang tunggu untuk penumpang yang pastinya punya suasana yang comfy banget. Ada dua varian kursi disana yaitu sofa dan reclining seat yang biasa kita jumpai ketika di bandara.

Selain itu sudah aku ceritakan tadi diawal kalo banyak tenant retail didalam terminal ini. So, karena kebetulan aku belum makan, cusss aku langsung saja masuk ke Solaria Resto yang posisinya pas banget ada di depan entry door kapal.

Salah satu sudut tenant retail yang berada disekitar area loket.

Pelayanannya friendly banget guys di resto ini, makanannya juga enak, aku recomended kalo kamu keterminal ini boleh deh mampir kesini icipin masakannya

Setelah puas memanjakan lidah, akhirnya dengan sisa waktu yg ada, aku keliling ke beberapa spot di terminal ini. Sepanjang aku lihat memang design interior disini elegant modern guys. Mulai dari pintu masuk, mushola, toilet, loket, ruang tunggu, tenant retail semuanya clean banget. Jadi julukan EKSEKUTIF untuk terminal ini memanglah pantas.

Untuk kapal yang ada terminal ini sejauh ini baru disediakan sebanyak empat buah kapal yaitu KMP Sebuku, KMP Batumandi, KMP portlink dan KMP Portlink III.

Aku juga mau informasiin ke teman-teman semua kalo kapal di terminal ini jam keberangkatannya sudah terjadwal yaitu pukul 01.00, 03.00, 05.00, 07.00, 09.00, 11.00, 13.00, 15.00, 17.00, 19.00, dan 22.00 WIB dan in sya Allah sejauh ini belum pernah ada delay yah. Jadi ini salah satu point plus nya juga karena kita bisa memperhitungkan waktu kira-kira jam berapa kita berangkat dari rumah agar gak lama menunggu di terminal.

Bersihnya area toilet pada terminal ini yang selalu di recheck oleh petugasnya.

Kecepatan kapal berlayar sekitar 15mil/jam dengan durasi pelayarannya sendiri  sekitar 1 jam yah paling lama sekitar 1 jam lebih 20 menit. Jadi benar-benar kepangkas banget guys waktu perjalanannya dari pada ketika kita naik kapal yang regular.

Di terminal ini juga sudah menyediakan garbarata (jembatan penghubung antara ruang tunggu dan kapal) Untuk masuk ke dalam kapal yang biasanya di gunakan ketika di bandara.

Salah satu sudut di lantai dua terminal eksekutif merak. Nampak kemewahan interior pada terminal ini.

Masuk kedalam kapal pun disambut dengan pramugari-pramugari yang friendly dan always smile to all off customer. Jadi nambah nyaman deh. Oh ya, dikesempatan kali ini aku kebetulan naik KMP Sebuku, kemudian aku up ke dek kedua dari kapal ini dan disana banyak ruangan VIP yang GRATISSSS buat kita nikmatin guys. Ada seperti mini bar gitu, kemudian ruang lesehan yang comfy banget dan lokasinya ada di sudut kan dan kiri dari badan kapal. Untuk dibagian tengah ada banyak kursi double dan triple seat. Kalau naik ke dek ketiga disana bisa kita jumpai sebuah mushola yang comfy juga tersedia banyak mukena yg bisa digunakan bagi penumpang muslim beribadah. Selain itu disamping mushola ada banyak kursi santai yang cocok banget buat para penumpang yang memang mau menikmati pemandangan laut dan jajaran pulau-pulau yang terhampar indah sepanjang rute pelayaran Merak-Bakauheni.

Overall, aku excited banget sama terminal eksekutif ini. Benar-benar jadi pemangkas waktu andalan untuk para perantau pulau Jawa Sumatera. Bangga, sudah punya terminal seperti ini di Indonesia. Mudah mudahan terminal-terminal dipelabuhan daerah lainnya minimal bisa dikembangkan seperti ini juga ya. Sehingga momok melelahkan daripada rute penyebrangan menggunakan kapal fery bisa dihapuskan dengan image yang comfy.

Terimakasih Indonesia, i proud become part of you.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.