Pemandian Alam Tirtosari di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

0
167
Kolam untuk anak-anak.

Berkunjung ke Lumajang belum lengkap rasanya jika tak singgah ke tempat yang menyegarkan dan eksotis. Seperti slogan yang diutarakan pemerintah Lumajang “Lumajang Eksotik”. Dengan kondisi alamnya yang berada di kaki Gunung Semeru, menjadikan Lumajang kaya akan wisata alam. Di kaki Gunung Semeru terdapat sebuah wisata alam baru, yaitu Pemandian alami Tirtosari.

Destinasi wisata alam ini berada di Dusun Sumbersari, Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Dari kota Lumajang, saya menuju jalan ke arah Senduro, untuk selanjutnya mengikuti petunjuk jalan yang telah disediakan oleh pemerintak kota Lumajang. Memang untuk menuju lokasi pemandian lumayan sulit, karena lokasinya yang masih memasuki dusun demi dusun. Namun, tenang saja, kalian hanya perlu menggunakan kecanggihan teknologi seperti Maps. Di sebuah jalan sebelum sampai lokasi pemandian, terdapat hutan pinus yang masih rindang dan memanjakan mata.

Tirtosari View, spot foto bawah air.

Ketika telah sampai di depan pintu masuk, suasana Pemandian Alam Tirtosari dipenuhi wisatawan lokal yang penasaran akan kesejukan airnya. Maklum saja ketika itu bertepatan pada hari libur. Hanya perlu membayar parkir sebesar Rp 2.000 dan tiket masuk sebesar Rp 4.000, dan gratis untuk anak berumur di bawah 10 tahun. Dengan merogoh kocek tersebut, saya bisa langsung menikmati segarnya air di Pemandian Alam Tirtosari ini. Kebetulan pada waktu itu, hujan mengguyur Pemandian Alam Tirtosari. Menjadikan airnya terasa dingin. Namun itu tidak menjadikan saya untuk menyerah untuk bermain-main air dan sejumlah wahana di Pemandian Alam Tirtosari.

Pemandian Alam Tirtosari dibagi menjadi 3 kolam. Kolam pertama diperuntukan bagi anak-anak, dengan kolam yang telah dipasangi keramik sehingga aman untuk buah hati. Untuk kolam kedua diperuntukan kepada remaja dan dewasa. Di kolam kedua ini tidak dipasangi keramik melainkan berdasarkan pasir, dengan kedalaman 1,5 meter. Di kolam kedua ini pula terdapat wahana seperti berjalan di atas bambu dengan menjaga keseimbangan, jempatan dari ban luar bekas yang dirangkai hingga menjadi jembatan, dan jembatan kayu. Sedangkan di kolam yang ketiga, dikhususkan untuk berfoto di dalam air. Berbeda dengan kolam kedua yang terkesan agak keruh, di kolam ketiga ini kejernihan air sangat terjaga. Untuk berfoto di dalam air yang jernih dan dibarengi dengan beraneka macam ikan, pengunjung harus merogoh kocek sebesar Rp. 5.000. Bagi pengunjung yang tidak mempunyai kamera bawah air, tidak usah khawatir karena telah disediakan oleh pengelola.

kolam untuk dewasa.

Selain berfoto di dalam air, pengunjung juga dapat berfoto di atas bukit yang berada tepat dibelakan pemandian Tirtosari. Dijamin kepuasan kalian akan mampu membayar lelahnya perjalanan. Ketika sudah bosan berenang dan menjelajahi kolam, kita bisa menikmati panorama Pemandian Alam Tirtosari dengan menikmati makanan di beberapa warung yang berada di pinggir kolam. Fasilitas lain yang ada di Pemandian Alam Tirtosari di antaranya gazebo, mushola, kamar ganti, dan toko untuk buah tangan.

Jika kalian masih memiliki waktu untuk berkunjung ke destinasi wisata lain, kalian bisa pergi ke tempat yang satu ini. Tak jauh dari Pemandian Alam Tirtosari terdapat destinasi wisata lain seperti Hutan Bambu, air terjun Watu Lapis, air terjun Kedung Kuwung, dan Pura Mandara Giri Semeru. Sebenarnya di daerah Senduro banyak ditemukan agro wisata yang dikelola oleh desa atau swadaya masyarakat, kalin juga bisa mampir dan memetik berbagai buah seperti salak sepuasnya.

Satu hal yang perlu kita berikan apresiasi dan dukungan adalah menjaga kebersihan. Adanya himbauan untuk membuang sampah pada tempatnya adalah bentuk perhatian pengelola dan warga sekitar untuk menjaga lingkungan. Maka dari itu, sebaiknya kita tetap mematuhi peraturan yang ada, demi kebaikan bersama. Kalian tertarik untuk berkunjung ke Pemandian Alam Tirtosari? Jika demikian, yuk catat di destination list kalian!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.