Pemandian Air Panas Cangar di Malang, Jawa Timur

0
141
Salah satu sumber air panas di Pemandian air panas Cangar.

Malang terkenal dengan destinasi wisata yang beragam. Dengan kondisi alam yang diapit gunung, seperti Gunung Kawi, Gunung Welirang dan Gunung Arjuno. Menjadikan Malang, khususnya Batu sebagai daerah yang dingin dengan banyak destinasi wisata alamnya. Di kaki gunung Welirang terdapat sebuah wisata alam, yaitu Pemandian Air Panas Cangar.

Destinasi ini berada di kawasan Taman Hutan Rakyat Raden Suryo tepatnya di Dusun Tulungrejo, Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Dari Kota Malang, saya menuju jalan ke arah Kota Batu, untuk selanjutnya mengikuti petunjuk jalan yang telah disediakan oleh pemerintah Kota Batu. Untuk menuju lokasi Pemandian Air Panas Cangar terbilang cukup mudah, karena jika kalian sudah melewati wisata Selecta, kalian hanya perlu mengikuti jalan ke arah Mojokerto. Namun, jika masih bingung, kalian hanya perlu menggunakan kecanggihan teknologi seperti Maps.

Hanya perlu membayar parkir sebesar Rp 3.000 dan tiket masuk sebesar Rp. 15.000, kalian sudah bisa menikmati seluruh fasilitas yang ada. Ketika telah sampai di depan pintu masuk, suasana Pemandian Air Panas Cangar ramai akan wisatawan lokal yang penasaran atau juga ketagihan akan berendam di air panas. Maklum saja ketika itu bertepatan pada hari libur. Uap air yang seolah-olah memanggil, membuat saya semakin tidak sabar untuk merasakan hangatnya air Cangar. Kebetulan pada waktu itu, gerimis mengguyur Pemandian Air panas Cangar. Menjadikan airnya terasa segar meskipun panas.

Pemandian Air Panas Cangar.

Pemandian Air Panas Cangar dibagi menjadi 3 kolam. Kolam pertama merupakan kolam utama, karena di kolam ini terdapat sumber mata air panas. Di kolam utama ini pun airnya terasa lebih panas. Kolam utama adalah kolam yang paling menarik bagi saya, karena selain airnya yang panas, juga terkesan alami. Di bagian tengah kolam utama terdapat batu untuk bersandar. Dan hal yang membuatnya menarik adalah bagian dasar kolam yang berupa pasir. Kolam kedua merupakan kolam privasi khusus bagi perempuan. Kolam ketiga merupakan kolam yang sudah di keramik, jadi aman buat kalian yang membawa serta buah hati.

Sebagai salah satu destinasi wisata alam alternatif di Kota Batu, pemandian air panas Cangar dapat membantu merelaksasi dan membuat badan kalian segar bugar. Selain itu berendam di air panas yang mengandung belerang dapat membantu mengobati penyakit kulit dan memelihara kesehatan kulit. Dengan demikian Pemandian Air Panas Cangar sangat cocok bagi kalian yang sedang mencari ketenangan dan memiliki penyakit kulit.

Tampak pengunjung sedang menikmati pemandian air panas Cangar.

Meski kurang dikelola dengan cukup baik, Pemandian Air Panas Cangar ini sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Sehingga di wisata kali ini kalian tidak hanya menikmatinya dengan berendam. Fasilitas yang disediakan antara lain taman bermain untuk anak-anak sekaligus tempat untuk bersantai dan camping ground untuk kalian yang ingin menginap, namun kalian harus mendapat izin dari pihak pengelola atau kantor perhutani. Jika kalian tidak ingin tidur di tenda, kalian bisa menyewa salah satu villa, dengan merogoh kocek sebesar Rp 500.000,-/malam. Tak hanya itu fasilitas penunjang seperti, kamar mandi dan mushola juga telah disediakan.

Ada kalanya kita sebagai pengunjung harus menaati peraturan yang telah dibuat, seperti membuang sampah pada tempatnya. Kalian tertarik untuk berkunjung di Pemandian Air Panas Cangar? Jika demikian, yuk catat di destination list kalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.