Pelangi yang Mewarnai Batu Caves

0
498
Panorama Warna-Warni Batu Caves.

Batu Caves, berlokasi di Selangor yang juga menjadi ikonik dari Negeri Jiran, Malaysia ini merupakan sebuah atraksi wisata yang terkenal dan populer sebagai tempat perziarahan umat Hindu terbesar di dunia, maka dari itu Batu Caves ini menjadi objek wisata gabungan antara wisata alam dan juga wisata religi.

Atraksi utama dari tempat wisata ini adalah keberadaan patung dewa Hindu yang besar di pintu masuk, yaitu Patung Dewa Muragan setinggi 42 m, dan tidak sedikit wisatawan yang menyebut patung ini sebagai Patung Malaysia, karena souvenir ataupun buah tangan dari Malaysia banyak yang menyerupai Patung Dewa Murugan ini. Tak heran jika keberadaan patung ini menarik wisatawan untuk berfoto didepannya sehingga seperti sudah menjadi suatu kewajiban jika datang ke Malaysia dan Batu Caves untuk mengambil foto dari depan patung ini.

Burung merpati yang juga meramaikan dan menambah suasana lain di Batu Caves.

Bukan hanya ada Patung Dewa Murugan, di sana juga terdapat sebuah kuil Hindu yang terletak di dalam gua yang dapat berfungsi sebagai kuil dan tempat pemujaan agama Hindu. Sebagai lokasi kuil Hindu di Malaysia, Batu Caves sangat menarik ribuan umat dan wisatawan, terutama selama festival tahunan agama Hindu. Dalam Batu Caves terdapat 4 kuil menarik yang dapat di kunjungi, Temple Cave atau Cathedral Cave merupakan gua utama yang bisa dicapai dengan menaiki 272 anak tangga. Gua ini dijadikan kuil umat Hindu dan dipersembahkan kepada Dewa Murugan. Namun, saat ingin menaiki anak tangga, wisatawan dapat melihat banyaknya monyet/kera yang bermain dan menggoda wisatawan. Selain adanya monyet, di depan Patung Dewa Murugang juga terdapat banyak sekali burung merpati sehingga membuat suasana yang ada seperti sedang berada di London, dan ini salah satu yang juga membuat Batu Cave lebih menarik banyak wisatawan untuk datang.

Bukan hanya tangga yang di cat ulang di Batu Caves.

Namun, ada hal lain yang menarik dari Batu Caves, pasalnya di sekitar anak tangga yang berjumlah 272 tersebut telah dicat ulang dengan warna-warni bagaikan pelangi indah yang mewarnai Batu Caves.

Tangga yang mengarah ke kuil di Malaysia tersebut memiliki warna baru yang menarik dan indah. Sehingga warna warni tangga ini juga menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan semakin ingin melihat langsung keindahan baru yang dipancarkan dari Batu Caves, dan sudah pasti warna-warni tangga ini menjadi objek foto baru yang menarik, tidak heran tangga ini selalu ramai karena wisatawan tidak ingin kehilangan moment untuk mengambil foto di tangga pelangi ini, wisatawan berlomba-lomba untuk mendapatkan foto terbaik dengan angle yang baik di tengah keramaian Tangga yang indah ini. Dari puncak 272 warna-warni anak tangga di Batu Caves wisatawan dapat melihat cakrawala pusat kota yang menawan. Akan tetapi, warna-warni dari tangga tersebut ternyata sempat memicu kontroversi.

Dari tangga, wisatawan tidak ingin melewatkan keindahannya.

Temple Cave bisa diakses tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun atau gratis, namun berbeda dengan Cave Vila, Ramayana Cave, dan Dark Cave yang dimana untuk masuk ke cave tersebut harus merogoh kocek sebesar;

  • Cave Villa, 15 RM
  • Ramayana Cave, 5 RM
  • Dark Cave, Tur Edukasi (dewasa 35RM, anak-anak 28RM)
  • Dark Cave, Tur Petualangan (dewasa 80 RM, anak-anak 55RM, belum termasuk 6%GST).

Untuk menuju ke Batu Caves bukanlah hal yang sulit. Karena wisatawan bisa menggunakan KTM (Komuter Train) dari KL sentral ke Batu Caves Komuter Station dari platform 3 dengan tarif 2,6 RM dengan memakan waktu kurang lebib 30menit perjalanan. Sama dengan commuterline yang dimana keretanya dilengkapi dengan gerbong khusus wanita.  Jam operasional Batu Caves ini adalah mulai pukul 06:00 – 21:00 waktu Malaysia.

Oleh karena itu, Batu Caves merupakan tempat yang wajib Anda kunjungi saat datang ke Malaysia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.