Pecel Pincuk Enak di Cirebon

0
367
Pecel Pincuk.

Jika kalian adalah pecinta pecel dan sedang berkunjung ke Kota Cirebon, kalian wajib mencicipi Pecel Pincuk yang cukup populer disana yaitu Pecel Pincuk Ibu Sofi. Sebelum membahas tempat ini, kita bahas dulu yuk apa sih pecel pincuk? Disimak penjelasan berikut ini ya.

Pecel pincuk dalam bahasa Jawa berarti pecel yang bermakna ditumbuk, pincuk adalah dibungkus. Arti dari keduanya adalah makanan yang ditumbuk lalu dibungkus. Biasanya dibungkus dengan daun pisang dan kertas nasi. Maksud ditumbuk ini adalah bumbunya. Bumbunya terbuat dari kacang yang ditumbuk lalu ditambahkan bahan-bahan lainnya seperti membuat rujak pada umumnya. Namun bedanya, jika rujak sayurannya diulek atau dicampur di coet atau tempat untuk mengulek, sedangkan pecel pincuk ini tidak.

Makanan ini disajikan dengan cara menuangkan bumbu tersebut di atas sayuran yang disediakan. Sayuran tersebut biasanya kangkung, kol, tauge, daun kemangi dan kacang panjang. Cara memakan pecel ini bisa dengan atau tanpa nasi. Banyak yang memakannya dengan nasi, maka populer dengan nama Nasi Pecel. Nasi Pecel ini sudah ada di mana-mana termasuk Cirebon. Ada satu tempat pecel pincuk yang sangat direkomendasikan seperti yang dijelaskan sebelumnya yaitu Pecel Pincuk Ibu Sofi.

Pecel Pincuk Ibu Sofi.

Pecel Pincuk Ibu Sofi bisa kalian temukan di Jalan Cipto Mangunkusumo, Cirebon. Tempat ini buka tiap hari Senin – Sabtu pukul setengah 7 pagi sampai jam tiga sore. Tempat ini sangat dekat dengan beberapa tempat terkenal seperti CSB Mall, Transmart, dan Gramedia. Banyak juga hotel di dekat tempat ini, contohnya Hotel Batiqa, Hotel Swiss Bell, Hotel Cordela, Hotel Citradream, Hotel Vinotel, dan masih banyak lagi. Jadi, kalian para pendatang dapat memilih dari beberapa hotel tersebut agar dapat menikmati Pecel Pincuk Ibu Sofi dengan jarak yang dekat. Jalan kaki juga bisa, loh. Tempat ini juga satu area dengan nasi jamblang Ibad Otoy yang terkenal.

Lalu, apakah hari Minggu kita tidak bisa menikmati pecel pincuk ini? Tentu bisa! Hari minggu Ibu Sofi berjualan di area Car Free Day Stadion Bima. Alamatnya juga tidak jauh dari hotel yang disebutkan tadi, jadi tidak perlu khawatir. Namun, saat ini seluruh pedagang termasuk Ibu Sofi ini tidak berjualan di CFD dikarenakan larangan dari Pemerintah Kota Cirebon terkait penyebaran virus Corona. Untuk kalian yang mager, kalian belum bisa menggunakan aplilkasi online untuk memesan makanan dan menikmati pecel pincuk dari tempat ini, karena Ibu Sofi belum mendaftarkan dagangannya ke aplikasi yang sedang naik daun itu.

Pecel Pincuk Ibu Sofi Komplit.

Harga satu porsi Pecel Pincuk Ibu Sofi ini dimulai dengan harga Rp 12.000. Tergantung kalian menambahkan lauk apa. Di tempat ini disediakan telor ceplok dan telor bulat untuk teman makan pecel. Namun, yang sudah pasti kalian akan mendapatkan nasi pecel beserta tahu, tempe, kerupuk, dan peyek kacang. Jika kalian tidak ingin nasi, kalian bisa menggantinya dengan lontong.

Selain pecel pincuk, Ibu Sofi ini menjual beberapa makanan lainnya seperti lontong opor, nasi gudeg, soto ayam, dan rawon iga. Tentunya tidak kalah enak dari pecel pincuk. Harganya sendiri tidak lebih dari Rp 20.000. nasi gudeg dan lontong opor adalah dua menu lain yang tidak kalah populer di tempat ini. Nasi gudeg di sini diberi krecek yang makin menggugah selera makan kalian.

Jika kalian ada rencana ke Kota Cirebon, atau warga Cirebon yang belum cicipi, langsung aja, yuk datang ke Pecel Pincuk Ibu Sofi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.