Pecel Mbok Kami Ambarawa, Rasanya Bikin Nagih Ingin Balik Lagi

0
996
Warung pecel legendaris Mbok Kami.

Siapa suka makan pecel? Makanan yang tergolong biasa saja ini memang merakyat. Indonesia banget! Tak ubahnya dengan nasi goreng, nasi yang biasanya dibikin karena sisa nasi semalam. Tapinya, ada pecel legendaris yang akan membuatmu nagih ingin balik lagi setelah merasakan sensasi rasanya.

Pecel Mbok Kami adanya di Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Di sebuah kota kecil yang biasa pula disebut Kota Palagan, pecel ini sudah terkenal seantero Ambarawa. Bahkan di luar Ambarawa. Meskipun nggak terletak di pinggir jalan besar, pecel legendaris ini sudah sangat terkenal.

Tempatnya sendiri tepat di gang masuk Gua Kerep Ambarawa. Dekat pula dengan Monumen Palagan Ambarawa, yang yakin deh, semua orang Ambarawa tahu dimana letaknya.

Aku sendiri, meskipun rumahku nggak di Ambarawa, sudah sangat familiar dengan pecel nan terkenal enaknya ini. Kapan hari, setelah urusan kerjaan tentang nara sumber kelar, kucoba mampir ke sana. Sekitar pukul 11.00 WIB, warung sudah lumayan dipadati pembeli.

Penjual sedang sibuk melayani pembeli pecel.

Tempat warungnya memanjang. Penjual di pojok dikerubuti beragam menu dan lauk. Sedap banget lihatnya. Di belakang penjualnya sendiri ada meja khusus untuk membuat minuman. Dari teh, jeruk, kolak juga cendol. Ada beberapa orang yang membantunya dalam menyediakan minuman. Nggak perlu khawatir, antrepun semuanya bergerak dengan cepat. Pokoknya trenginas deh lihatnya. Nggak bakal kelaparan hanya karena antre.

Sampai di tempat, langsung saja kudatangi penjualnya. Si Mbok ini wajahnya khas banget. Selalu ceria dan murah senyum. Ramahnya minta ampun.  Ditambah senyum manisnya, ia melayani pelanggan dengan suaranya yang lembut. Iya, lembut banget. Mengambil nasi, sayuran yang terdiri dari beberapa jenis, serta krupuk yang dikremes. Lalu kita sendiri yang milih maunya lauk apa. Baru deh diguyur sambal kacangnya.

Mau pilih lauk apa saja, ada di sini.

Beberapa lauk bisa dipilih sesuai selera. Banyak macamnya guys. Mulai dari tahu bacem, sate kerang, sate telur puyuh, aneka gorengan dan lain sebagainya. Ada pula klethikan, atau camilan ringan yang membuat makan pecelmu makin membahagiakan. Pilih yang Kamu suka, tinggal ambil, deh.

Tak lupa penjualnya kuajak ngobrol ngalor ngidul. Ternyata yang jual namanya bukan Mbok Kami, tapi Bu Utari. Sepeninggal Mbok Kami, penjualnya Bu Utari, biasa dipanggil Bu Ut. Eh tapi banyak orang memanggilnya tetap saja Mbok Kami. Seperti nama warung pecelnya. Hihihi, udah legendaris sih, ya.

Saat penuh, mau duduk ya harus antre dulu lho guys. Untungnya kemarin ada bangku kosong. Bisa makan dengan nyaman. Sekalian pesan es cendol. Dan slurp, cendol masuk mulut deh buat awalan. Lanjut ke pecel, lauk yang kupilih tahu isi. Nikmatnya nggak ketulungan deh. Lapar pula, haha.

Penampakan pecel yang bikin lapar mendadak.

Rasa sambal kacangnya memang khas maksimal, melumer di mulut. Nggak terlalu pedas, nggak terlalu manis, tepat gitu ya saat dicampur aduk sama sayurannya. Aha, entahlah, yang jelas ngangenin.

Satu porsi pecel tanpa lauk dibandrol dengan harga 10 ribu rupiah saja. Sangat aman di kantong, bukan? Sedangkan lauknya, tergantung maunya apa, harganya beda-beda. Kemarin sih minumku es cendol, harganya murah meriah juga. Hanya 5 ribu rupiah. Masih aman juga di kantong. Dengan tambahan lauk yang nggak seberapa, aksi kulineran masih sangat hangat dan aman di kantong.

Sekitar jam 7 pagi warung ini sudah persiapan, lho. Tutupnya sekitar jam 4 sore. Banyak waktu kan, guys? Mau sarapan dan makan siang, Pecel Mbok Kami masih sedia melayani pembelinya. Sekali ke sini, yakin banget Kamu bisa ketagihan ingin datengin lagi. Pecelnya memang spesial banget.

Kapan-kapan kalau Kamu mampir ke Ambarawa, atau sekedar lewat, mampir saja di Warung pecel Mbok Kami. Kulineran legendaris yang bakal bikin Kamu terkenang akan Ambarawa dan kulinerannya yang Indonesia banget.

Jam Buka
Setiap Hari 08.00 - 17.00 WIB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.