Patut Dicoba! Traveling dengan Kamera Analog

0
525

Saat traveling, kamera tentu menjadi barang bawaan wajib. Foto-foto saat traveling tentunya menjadi memori yang akan terus hidup. Semakin berkembangnya teknologi, semakin banyak juga pilihan kamera dengan fitur-fitur super canggih. Namun, belakangan ini kamera analog kembali menjadi tren. Walaupun tergolong jadul, kamera analog tetap memiliki keunikan tersendiri. Berikut keunggulan-keunggulan yang bisa kamu dapatkan dengan memotret foto menggunakan kamera analog.

1. Mudah dibawa dan hemat tempat

Desain kamera analog yang tergolong ringan bisa mengurangi beban bawaanmu saat traveling lho! Kamera analog juga cocok untuk kamu yang tidak ingin ribet dengan barang bawaan namun tetap ingin mempunyai foto-foto yang unik dan berkesan. Terkadang, beberapa orang tidak suka bepergian dengan membawa bawaan yang terlalu banyak dan berat. Kamera analog bisa menjadi alternatifnya.

2. Kamera Analog menghasilkan efek foto yang natural

Tergolong jadul, tentunya kamera analog memiliki fitur yang terbatas. Hal ini justru membuat hasil jepretan kamera analog menjadi unik. Kamera analog cenderung menghasilkan efek foto yang natural karena apa yang kamu bidik sesuai dengan kondisi pencahayaan pada saat itu. Warna yang dihasilkan kamera analog juga tergolong solid. Hal ini juga yang menjadi kelebihan dari kamera analog. Jadi, jangan khawatir akan kualitas foto dari kamera yang satu ini ya!

3. Kejutan di setiap hasil foto

Keunikan lainnya yang bisa kamu dapatkan dari kamera analog adalah adanya kejutan-kejutan di setiap fotonya. Dengan kamera digital, kamu bisa dengan mudah menyetel pengaturan fotonya sesuai seleramu. Namun tentu saja tidak dengan kamera analog. Keterbatasan ini malah akan menimbulkan efek kejutan untukmu. Hasil jepretan fotomu akan terlihat unik dan berbeda. Ditambah lagi, kamera analog memiliki proses cetak yang berbeda dengan kamera digital. 

Selain hal-hal unik di atas. Kamu juga harus memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan untuk berlibur dengan kamera analog ini. Pertama, pastikan kamu membawa rol film yang cukup karena tidak semua toko menyediakan rol film untuk kamera analog. Kamu pasti tidak mau jika momen-momen berharga saat liburan jadi tidak terdokumentasikan lantaran kurangnya persediaan rol film. Yang kedua, jangan lupa untuk mengecek kondisi kamera analog-mu ya. Yang tak kalah penting adalah pelajari terlebih dahulu tentang bagaimana cara menggunakan kamera analog. Jika sudah tahu caranya, maka hasil jepretanmu akan jauh lebih bagus.

Itu dia beberapa hal menarik yang bisa kamu ambil tentang kamera analog. Hasil kamera analog tidak kalah keren kok dengan kamera digital maupun DSLR. Bagaimana, apa kalian tertarik untuk membawa kamera analog saat liburan?

 

Penulis: Bita

  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.