Pasar Kumandang, Pasar Unik Tempo Dulu di Wonosobo

0
620
Suasana pasar kumandang ramai pengunjung.

Mendengar soal pasar, visualisasi kebanyakan orang biasanya identik dengan sesuatu yang bau, kumuh, tidak teratur, dan tidak terawat. Itulah pasar-pasar tradisional yang biasa kita temui di beberapa kota maupun di desa. Namun, seiring dengan berkembangnya zaman, citra pasar tradisional mulai berubah, terlihat dari antusiasme anak kecil, muda, hingga orang tua saat mengunjungi pasar Kumandang yang berada di Wonosobo. Memiliki konsep pasar unik dengan mengusung tempo dulu yang menjadi daya tarik tersendiri, sehingga sangat menarik untuk dikunjungi.

Pasar Kumandang terletak di Jl. Candi Bongkotan, Bongkotan, Bojasari, Kretek, Wonosobo. Buka hanya setiap hari Minggu mulai pukul 07:00. Lokasi pasar berada di tengah-tengah hutan rindang yang bersih dan tidak jauh dari pemukiman warga. Uniknya, sebelum memasuki Pasar Kumandang, pengunjung harus membeli kepingan kayu atau koin yang digunakan untuk bertransaksi di pasar. Satu keping koin nominalnya adlaah Rp 2.000. Cukup terjangkau, kan?

Koin/kepingan yang digunakan untuk transaksi di pasar kumandang.

Tidak seperti pasar tradisional pada umumnya, Pasar Kumandang memiliki konsep unik dan estetik, yakni hanya menjual jajanan pasar mulai dari cilok, tahu bulat, tiwul, nasi pecel, soto, kopi, dan manisan. Ada juga kerajinan yang dibuat oleh warga mulai dari mainan anak yang terbuat dari bambu hingga bunga yang dari daur ulang sampah warga setempat. Selain itu, di Pasar Kumandang juga menyediakan wahana mainan anak-anak mulai dari sirkuit desa, egrang, dan ayunan. Sehingga, anak-anak pun tidak merasa bosan berada di pasar, karena bisa bermain permainan tradisional yang ada di sana. Lebih uniknya lagi, terdapat pembelajaran bahasa jawa dan aksara jawa gratis dari para pemuda desa untuk setiap pengunjung yang berminat untuk belajar. Selain itu pengunjung juga bebas membaca beberapa koleksi buku yang tersedia, mulai dari buku anak-anak hingga remaja.

Permainan anak “Sirkuit ndeso” yang ada di dalam pasar.

Kebersihan di area pasar sangat terjaga, terlihat dari beberapa tempat sampah yang banyak disediakan supaya area pasar tetap bersih dan nyaman. Selain itu, adanya papan peringatan supaya tidak membuang sampah sembarangan dipajang dengan menarik. Pengunjung yang merokok juga sudah disediakan tempat tersendiri supaya tidak mengganggu pengunjung lain yang tidak  merasa nyaman dengan asap rokoknya.

Pasar Kumandang menawarkan keunikan dan keindahannya tersendiri bagi setiap pengunjungnya. Pengunjung tidak hanya disuguhkan dengan aneka jajanan pasar untuk bernostalgia di tempo dulu, namun juga diajak menikmati rindangnya hutan dan suasana desa dengan ramah-tamah warganya. Cocok untuk menghabiskan waktu libur bersama teman, sahabat, dan keluarga tercinta untuk sekadar menikmati suasana pasar tempo dulu dengan berbagai jajanan dan kerajinan tangan yang ramah di kantong.

Salah satu permainan anak di dalam pasar.

Tidak hanya itu, ada berbagai permainan tradisional untuk anak-anak, hingga memberikan secara umpan langsung pada Kambing dengan membayar koin. Permainan anak-anak yang disediakan nampaknya memang sengaja didesain untuk menciptakan permainan yang mendidik. Seperti kata Ki Hajar Dewantara, “Permainan anak adalah pendidikan”.

Tidak hanya menyajikan keunikan dengan konsep tempo dulu, lebih dari itu, semua orang bisa menikmati pasar ini secara lebih unik dengan nilai edukasi yang diterapkan di pasar ini. Lokasi pasar yang berada di tengah hutan, sistem pembayaran atau transaksi di pasar, para penjual yang menggunakan pakaian tempo dulu, permainan anak tempo dulu, dan berbagai kuliner kerajinan yang disesuaikan dengan tempo dulu, tidak menggunakan kantong plastik selama di area pasar, tidak boleh merokok sembarangan karena ada tempat tersendiri yang disediakan.

Bagaimana, menarik, kan? Jadi, kapan kamu mau ke Pasar Kumandang Wonosobo?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.