Pasar Ikan Hias Surakarta, Tempat Penghobi Ikan Hias Berkumpul

1
5566
Pasar Ikan Hias Surakarta.

Bagi teman traveler yang sedang jalan-jalan di kota Solo, tidak ada salahnya jika sekali-kali mengunjungi sebuah tempat yang menyediakan berbagai macam barang yang berhubungan dengan ikan hias. Tempat ini adalah Pasar Ikan Hias Surakarta di Depok. Berlokasi di sebelah utara stadion Manahan Solo dan Taman Balekambang, sangat mudah dijangkau dari berbagai jalan. Namun, tidak ada jalur angkutan kota khusus yang melewati pasar ini, sehingga teman traveler harus menggunakan kendaraan pribadi atau jasa ojek online. Pasar ini buka setiap hari, mulai pukul 08.00-18.00.

Konsep dari pasar ini adalah terdapat banyak kios milik perseorangan yang menjajakan ikan, kemudian pengunjung bebas hilir mudik di gang sempit sambil melihat-lihat koleksi ikan sambil membandingkan dengan penjual yang lain. Meskipun tempatnya tidak terlalu luas, tapi koleksi yang dijajakannya lumayan lengkap. Baik ikan yang kecil seharga ribuan hingga yang mencapai jutaan rupiah semua ada di sini. Ikan-ikan ini dikategorikan berdasarkan tempat hidupnya, yaitu ikan air tawar dan ikan air laut.

Pada umumnya, ikan air laut memiliki lebih banyak variasi daripada ikan air tawar. Selain itu, mereka juga lebih indah dan berwarna-warni. Kalian bisa menemukan banyak jenis ikan di sini, mulai dari mujair, arwana, koi, cupang, dan masih banyak lainnya. Ikan-ikan tersebut diletakkan di sebuah akuarium bertumpuk-tumpuk yang dilengkapi dengan pompa dan filter agar ikan-ikan tersebut hidup dalam lingkungan yang menyerupai aslinya. Selain itu, ada juga yang hanya diletakkan di sebuah kolam di atas lantai pasar. Ada yang besar ada pula yang kecil sebesar kotak tisu, tergantung dari besar kecilnya ikan. Harap berhati-hati berjalan di sini, karena lantai licin.

Berbagai Macam Pilihan Ikan.

Jika kalian tidak berniat membeli ikan, dengan hanya melihat aneka macam ikan hias saja sudah merupakan hiburan tersendiri yang menyenangkan. Apalagi sambil membawa anak kecil, sekalian sebagai sarana belajar mereka mengenal macam-macam ikan. Sebuah rekreasi yang murah meriah tapi menambah banyak pengetahuan.

Selain ikan hias, sebagian besar pedagang juga menjual pernik-pernik yang berhubungan dengan pemeliharaan ikan. Seperti akuarium kecil sampai ukuran besar, berbagai macam makanan untuk ikan, obat-obatan dan peralatan akuarium standar misalkan filter dan pompa ada di sini. Dan bagi penggemar aquaspace, kalian juga bisa menemukan aneka macam tumbuhan dan batuan yang cocok kalian tanam di tempat kalian.

Seperti pasar pada umumnya, tempat ini suasananya ramai, apalagi kalau sedang hari libur seperti weekend, kalian pasti akan berdesakan dengan pengunjung lain yang punya kepentingan yang sama. Sebaiknya, kalian menggunakan outfit yang nyaman agar tidak merasa kegerahan. Untuk rentang harganya, kalian harus pandai-pandai menawar harga yang ditetapkan oleh penjual, sehingga kalian mendapatkan harga yang rasional.

Perlengkapan Akuarium dan Aquaspace.

Di sebelah selatan Pasar Ikan Hias ini, kalian dapat menemukan pasar burung. Berbagai macam burung hias ada di sini. Berbagai event dan lomba burung juga sering digelar untuk menyemarakan suasana bagi penghobi burung kicauan, serta membuat harga sebuah burung peliharaan bisa bernilai sangat tinggi. Sebenarnya tidak hanya burung, kalian juga bisa menemukan aneka satwa hias yang bisa kalian pelihara di rumah, misalkan kucing, iguana, kelinci, hamster dan binatang lucu lainnya. Mulai dari yang berharga murah sampai yang mahal tersedia di sini. Tidak usah khawatir mengenai pakan dan pernik perawatan, karena semua pedagang juga menjualnya.

Sebagai penutup, saya menyarankan kalian memakai masker ketika jalan-jalan di pasar ini. Karena selain tempatnya penuh kotoran hewan, baunya yang khas bisa membuat orang yang belum terbiasa menjadi mual.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.