Pantai Wohkudu, Tersembunyi Dibalik 2 Tebing

0
137
Hamparan Laut dari Pantai Wohkudu
Hamparan Laut dari Pantai Wohkudu

Yogyakarta memiliki julukan kota budaya dan wisata. Banyak wisata yang disajikan oleh kota ini salah satunya adalah wisata alam. Wisata alam yang disajikan oleh provinsi ini salah satunya adalah pantai. Salah satu pantai yang memesona keindahan alamnya dan menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Wohkudu.

Lokasi Pantai Wohkudu dan Rute untuk Sampai Ke Wohkudu

Pantai Wohkudu lokasinya masih cukup terpencil di Dukuh Wiroso, Kelurahan Girikarto Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul. Lokasinya dekat dengan Bukit atau Tebing Kesirat yang merupakan spot sunrise dan sunset yang indah. Jadi, wisatawan juga bisa menikmati sunrise dan sunset dari atas bukit atau tebing tersebut jika ingin melihatnya lebih jelas.

Untuk sampai ke sana terdapat beberapa rute dari pusat Kota Yogyakarta. Rute pertama melaui Imogiri lalu ke arah Siluk, Panggang. Setelah sampai Jalan Raya Panggang Wonosari ikuti jalan ke arah Pantai Gesing. Ikuti jalan saja sampai bertemu arah menuju Bukit Kesirat. lalu ikuti jalan saja hingga bertemu dengan tempat parkir yang menandakan Pantai Wohkudu. Tempat parkir adalah batas kendaraan. Untuk sampai ke pantainya wisatawan perlu berjalan kaki sedikit turun hingga sampai di pantainya. 

Pemandangan Sunset di Tebing Kesirat
Pemandangan Sunset di Tebing Kesirat

Rute kedua melalui Wonosari atau Ring Road Yogyakarta sebelah Timur ke Piyungan, Patuk, Playen, Jalan raya panggang wonosari. Setelah Jalan Raya Panggang Wonosari ikuti jalan ke arah Pantai Gesing sampai menemukan arah menuju ke Bukit Kesirat. Lalu, ikuti jalan saja sampai ada tanda tempat parkir Pantai Wohkudu. Jika Anda masih kurang mengerti rute di Yogyakarta penulis sarankan untuk mengambil rute kedua.

Kondisi kendaraan yang baik juga perlu diperhatikan. Hal ini dikarenakan Pantai Wohkudu masih cukup terpencil dan sepi pengunjung sehingga medannya masih cukup ekstrim untuk ditempuh. Wisatawan akan disuguhi jalan menanjak dan menurun yang lebar dan kecil serta curam. Selain itu wisatawan akan disuguhi jalan berkelok-kelok sempit dan besar. Kondisi jalan tersebut sangat membahayakan bagi kendaraan yang tidak prima. Jadi, para wisatawan disarankan untuk melakukan service kendaraanya terlebih dahulu. 

Dengan kondisi medan perjalanan yang seperti itu, wisatawan diharapkan juga untuk menjaga kesehatan dan stamina saat berkendara. Hal ini jika tidak dilakukan akan berbahaya bagi pengendara itu sendiri dan pengendara lainnya. 

2 tebing menjepit Pantai Wohkudu
2 tebing menjepit Pantai Wohkudu

Harga Tiket dam Jam Buka Pantai Wohkudu

Sebelum sampai di tempat parkir, wisatawan akan menemukan loket retribusi untuk masuk ke Tebing Kesirat dan Pantai Wohkudu. Biaya yang ditarik per orang di sana Rp 5.000. Sedangkan untuk parkir motor wisatawan akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000 per motor. Untuk jam buka pantai ini 24 jam nonstop

Aktivitas yang bisa Dilakukan

Setiap pantai di Yogyakarta memiliki daya tarik dan pesona yang tentunya berbeda. Termasuk Pantai Wohkudu. Pantai ini membuat siapapun yang datang tidak akan pernah berhenti mengagumi keindahan yang dimilikinya. Hal-hal yang bisa dilakukan di pantai ini di antaranya:

1. Menikmati keindahan pantai yang masih alami dan indah 

Yang akan dilakukan oleh wisatawan ketika sampai di sini adalah menikmati keindahan pantai pasir putih ini. Pantai ini terbilang indah karena lokasinya cukup terpencil dan masih sepi pengunjung. Sehingga pantai ini masih terawat dengan baik secara ekosistem dan minim sampah. Wisatawan masih bisa menemukan biota laut seperti bulu babi, batu karang, rumput laut yang hijau.

Jalan menuju Tebing kesirat
Jalan menuju Tebing kesirat

2. Campbeach dengan alam yang masih natural dan indah 

Selain menikmati keindahan pantainya, wisatawan dapat melakukan campbeach dengan nyaman. Penulis belum pernah merasakan campbeach di sana tetapi penulis melihat beberapa wisatawan yang ingin melakukan campbeach. Memang disediakan beberapa fasilitas yang memadai seperti mck, musala, dan warung sehingga wisatawan yang ingin campbeach dapat merasa nyaman menikmati hamparan laut yang indah ketika malam hari. Selain itu tingkat risiko bahaya laut selatan di pantai ini tidak lebih bahaya dari pantai-pantai lainnya seperti Pantai Indrayanti, Parangtritis, Depok, karena pantai ini diapit oleh 2 tebing.

3. Melihat sunset dan sunrise di Tebing Kesirat 

Pantai ini sebetulnya hanya cocok digunakan untuk campbeach bukan untuk melihat sunrise dan sunset. Tetapi, sekitar 1 km dari pantai tersebut ada spot melihat sunset dan sunrise namnya Tebing/Bukit kesirat. Di tebing atau bukit tersebut wisatawan akan puas dan dimanjakan oleh keindahan hamparan laut selatan ketika sunset dan sunrise.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.