Pantai Watudodol Banyuwangi, Persinggahan Terbaik Dekat Pelabuhan Ketapang

0
334
Pantai Watudodol.

Pastinya travelovers udah gak asing kan kalau mendengar Pelabuhan Ketapang? Siapapun yang menuju Bali dari Pulau Jawa pasti akan melewati pelabuhan ini yang letaknya di Kabupaten Banyuwangi. Tentunya ketika travelovers hendak ataupun usai menyebrang butuh singgah sejenak sembari mengisi tenaga dan energi di area yang nyaman kan? Nah, berikut adalah rekomendasi tempat untuk beristirahat yaitu Pantai Watudodol atau lebih dikenal sebagai Grand Watudodol.

Grand Watudodol terletak di Jalan Poros antara Banyuwangi dan juga Situbondo, tepatnya di Kecamatan Bangsring. Ketika travelovers melihat patung penari Gandrung raksasa di dekat pantai, maka lokasi Grand Watudodol sudah tidak jauh lagi. Ketika sudah menemukan area dengan limpahan pohon kelapa yang menjulang tinggi, itu berarti travelovers sudah sampai di area Pantai Grand Watudodol Banyuwangi. Tinggal parkir dan memasuki area Grand Watudodol. Biaya masuknya sekitar Rp 5.000/orang di hari biasa, sedangkan pada akhir pekan biaya tiket masuknya adalah Rp 7.000 saja. Tidak jebol di kantong kan?

Karang – karang di area Pantai Watudodol.

Pantai yang pernah menyabet gelar pantai terbersih se-ASEAN di ajang ASEAN Tourism Forum tahun 2018 ini, meskipun tidak memiliki pasir pantai yang putih tapi tetap saja menarik untuk dikunjungi. Dan memang bener sih, area Pantai Watudodol memang bersih banget dan terawat. Bangga sendiri atas predikat yang dikasih ke pantai cantik Banyuwangi ini! Terang saja, yang unik dari pantai ini adalah area pantainya tidak dipenuhi dengan pasir melainkan dipenuhi dengan berbagai bentuk karang dan coral. Meskipun eksotik, tapi jangan lupa untuk memakai alas kaki yang aman ya agar tidak terluka terkena karang-karang tersebut, travelovers. Fakta lainnya adalah area Grand Watudodol ini juga dikenal sebagai salah satu lokasi berburu matahari terbaik di Banyuwangi.

Nah, kenapa saya rekomendasikan travelovers untuk berkunjung ke sini sembari berisirahat? Karena airnya yang tenang ditambah minim sampah di sekitarnya bikin betah banget untuk rehat sejenak. Apalagi fasilitas-fasilitas yang memadai seperti warung-warung, mushola, gazebo, serta toilet. Pastinya travelovers bakal betah banget untuk berlama-lama di sini.

Jajaran pohon kelapa khas Pantai Watudodol.

Tidak hanya cocok untuk singgah, Grand Watudodol juga cocok banget untuk bertamasya bersama orang-orang terkasih. Bersihnya area serta indahnya panorama yang ditawarkan Grand Watudodol cocok untuk sekedar bermain air sambil berpiknik di sekitarnya. Apalagi kawasan menyediakan banyak spot untuk berswafoto dengan macam-macam latar belakang. Ada beberapa ayunan juga tersedia untuk teman bersantai di sini. Kalau ingin mendapatkan spot foto yang nggak biasa yaitu dengan latar belakang pohon kelapa yang eksotik.

Buat travelovers yang ingin sekalian wisata kuliner, bisa banget sekalian belanja kuliner di warung-warung sekitar. Sebut saja makanan berbau seafood ataupun makanan khas Banyuwangi seperti nasi tempong ada disini. Jangan sampai melewatkan minum kelapa muda ya, hanya Rp 10.000/buah.

Suasana sunrise di area Grand Watudodol.

Masih belum cukup saja sampai situ travelovers, area Grand Watudodol juga menyediakan fasilitas pengunjung untuk melihat lebih dalam area pantainya dengan cara snorkeling ataupun diving. Biaya snorkeling di sini juga murah meriah yaitu sekitar Rp 25.000 saja dan travelovers sudah bisa merasakan snorkeling di pantai terbersih se-ASEAN ini. Sudah bisa dipastikan kalau pemandangan bawah lautnya pasti ga kalah ciamik sama pemandangan pantainya.

Setelah mencoba berbagai fasilitas di area Grand Watudodol dan dirasa cukup untuk rehat sekaligus pikniknya, travelovers bisa melanjukan perjalanan karena energi sudah full kembali. Jangan lupa mampir ke Grand Watudodol ketika usai atau hendak menyebrang ke Pelabuhan Ketapang ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.