Pantai Watu Kodok : Lokasi Camping terbaik di Gunung Kidul

0
712
Matahari Terbit di Pantai Watu Kodok.

Mendengar nama area Gunung Kidul pasti travelovers langsung ngeh, suatu kawasan penuh wisata di Yogyakarta. Meskipun lumayan jauh dari pusat kota Jogja, tapi sudah banyak fasilitas dan transportasi menuju area Gunung Kidul sehingga travelovers ga perlu pusing-pusing.

Wisata alam seperti goa sampai pantai ada di Gunung Kidul dan letaknya cukup berdekatan satu dengan lainnya sehingga bisa sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Apalagi area pantainya, berjajar dalam satu garis dan mudah dijangkau.

Jajaran Pantai Gunung Kidul yang eksotis di antaranya Pantai Drini, Pantai Nglambor, Pantai Ngerenehan, Pantai Wedi Ombo, Pantai Sili, Pantai Jogan, dan lain sebagainya. Pantai-pantai tersebut punya ciri khas dan eksotisme masing-masing. Seperti Pantai Jogan yang mempunyai air terjun asin, Pantai Wedi Ombo yang khas dengan teluk eksotis dan batuan karang besarnya, ataupun Pantai Ngerenehan yang terkenal dengan area “Pantai Nelayan”nya. Namun, kalau travelovers mencari area yang cocok untuk menginap atau camping bisa langsung tancap gas ke area Pantai Watu Kodok Gunung Kidul.

Pantai Watu Kodok.
Kenapa harus Pantai Watu Kodok?

Tidak semua pantai di Gunung bisa digunakan untuk camping loh travelovers! Medan dan fasilitas sangat menentukan kenyamanan pengunjung untuk camping. Selain itu tidak semua pantai di Gunung Kidul bisa dikunjungi selama 24 jam. Karena fasilitas yang ditawarkan Pantai Watu Kodok ini cukup lengkap yaitu gazebo, warung, serta toilet, serta lahan parkir yang luas, pantai ini mulai terkenal untuk dijadikan area camping. Selain itu kawasan bibir pantainya juga tidak terjal dan kondisi ombak pantai ini relatf tenang. Pemilik warung setempat juga menawarkan kayu bakar untuk membuat api unggun sehingga travelovers tidak usah bingung untuk mencari penjual kayu bakar.

Selain fasilitas dan medan yang memadai, Pantai Watu Kodok punya pasir putih dan panorama yang menarik. Apalagi sajian warna jingga langitnya di pagi hari menambah ke-eksotisan Pantai Watu Kodok ini. Selain itu terdapat satu bongkahan batu karang besar yang bentuknya menyerupai kodok, inilah sebab kawasan pantai ini bernama “Pantai Watu Kodok”.

Menuju kawasan ini memakan waktu kurang lebih dua jam dari pusat kota atau setara 70 kilometer, tepatnya di area Kelor Kidul, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Setelah sampai, travelovers cukup membayar 5000 rupiah untuk memasuki area ini. Apabila ingin menginap dikenakan tambahan biaya yaitu 10.000 rupiah per kepalanya. Selain itu travelovers juga harus membayar parkir 3000 rupiah untuk roda dua atau 5000 rupiah untuk kendaraan roda empat. Kalau ditotal-total biaya yang digunakan cukup minim kan?

Area camping Pantai Watu Kodok.

Tips dari saya sih, persiapkan dengan matang piranti-piranti untuk camping seperti tenda, matras, sleeping bag atau selimut dan tentunya alat untuk memasak. Karena bagian terseru dari camping adalah api unggun dan memasaknya. Ketika matahari akan terbit, jangan lupa abadikan momen sunrise karena akan sangat eksotik panoramanya!

Setelah puas camping dan menikmati keindahan alamnya, travelovers juga bisa memanfaatkan fasilitas-fasilitas spot foto disekitar pantai dan juga bisa naik ke tebing karang untuk memandang Pantai Watu Kodok dari atas tebing.

Selain itu, travelovers juga bisa trekking ataupun menggunakan kendaraan untuk mengujungi jajaran pantai-pantai indah disekitar Pantai Watu Kodok seperti Pantai Drini (sekitar 300 meter), Pantai Ngrumput,  Pantai Nglolang, Pantai Betueng, dan masih banyak Pantai Gunung Kidul lainnya.

Jadi, jangan lupa catat Pantai Watu Kodok sebagai destinasi camping mu di Yogyakarta ya, travelovers!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.