Pantai Ujung Gelam: Ikon Karimun Jawa!

0
1203
Pantai Ujung Gelam.

Pantai Ancol di Jakarta, Pantai Santolo di Garut, dan Pantai Caruban di Lasem adalah pantai ikonik di masing-masing kotanya. Karimun Jawa juga punya pantai yang menjadi ikon, namanya Pantai Ujung Gelam. Kurang lengkap rasanya, kalau kita berwisata ke Karimun Jawa tanpa mengunjungi pantai pantai indahnya, salah satunya Pantai Ujung Gelam.

Ciri khas dari pantai ini adalah pasirnya yang putih dan halus, batu-batu besar di sekitar garis pantai, dan pohon kelapa yang terdapat di sepanjang garis pantai. Pantai ini letaknya cukup jauh dari pusat kota, maka keindahan dan keasrian lingkungannya pun masih sangat terjaga. Walaupun banyak warung yang terdapat di pantai ini, tapi alamnya maish sangat terjaga.

Pohon kelapa ciri khas Ujung Gelam.

Pada tanggal 12 april 2019, saya mengunjungi Pantai Ujung Gelam. Setelah sekitar 25 menit berkendara dengan sepeda motor, saya sampai di pantai ini. Suasana hutan yang rindang menyambut kita, lalu kita akan melanjutkan berjalan kaki sampai ke garis pantai. Uniknya, pantai ini berada di dalam hutan. Jadi, suasana dan atmosfirnya benar benar asri.

Sekitar berjalan 3 menit dari tempat parkir, maka kita akan sampai di Pantai Ujung Gelam. Bersih dan asri adalah kesan pertama yang saya alami ketika sampai di Pantai Ujung Gelam, walaupun banyak wisatawan yang berkunjung ke Ujung Gelam, tapi keasriannya masih benar-benar saya rasakan.

Fasilitas dan Akses
Anak anak bermain di Ujung Gelam.

Pantai Ujung Gelam sudah cukup dikelola dengan baik oleh warga sekitar. Jalan setapak, tempat duduk, dan sumber air sudah ada dan terawat dengan cukup baik. Selain itu, penjaga pantai pun sudah ada dan rajin melakukan kontrol kepada wisatawan yang berkunjung. Mushola sederhana dan toilet sederhana pun sudah tersedia, walaupun untuk toilet berbayar. Jadi, pantai ini sudah terjamah dan dikelola dengan cukup baik oleh warga sekitar.

Di sepanjang garis pantai, terdapat cukup banyak warung penjual makanan dan minuman. Setiap beberapa meter sekali, ada warung. Jadi, kita gak perlu khawatir jika tidak membawa makanan atau minuman ketika berwisata di Ujung Gelam.

Nah jika kita berwisata ke Ujung Gelam, kita tidak dipungut tiket retribusi atau biaya parkir, alias gratis! (Per April 2019) Jadi, gak perlu khawatir kalau dompet tipis. Pantai Ujung Gelam ini cocok buat kalian yang lagi ngelakuin trip dengan gaya backpacker atau low budget!

Senja di Pantai Ujung Gelam.

Untuk akses jalan menuju Ujung Gelam, gampang gampang susah. Tergantung moda transportasi yang kalian pilih, karena jaraknya lumayan jauh jika berpatokan ke pusat kota (Alun alun). Kita perlu sekitar 25 – 30 menit dengan sepeda motor atau mobil, jaraknya sekitar 8 sampai 10 kilometer. Sebenernya, untuk navigasi bisa menggunakan aplikasi Google Maps karena sudah tertera dengan jelas. Tetapi, ada baiknya juga bertanya ke warga lokal di sekitar lokasi Ujung Gelam.

Jika kita mulai dari pusat kota, maka kita akan melalui jalan aspal yang sudah bagus. Tetapi, ketika sampai di dekat daerah Ujung Gelam, kita sedikit masuk ke jalan kecil. Jalannya cukup untuk satu mobil saja, jadi kita harus berhati hati. Lokasi inilah yang saya sebut sebagai kawasan hutan, pepohonannya mulai lebat dan asri.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Ujung Gelam adalah sore hari, ketika matahari hampir terbenam. Sunset di Karimun Jawa sangat indah jika kita lihat dari Pantai Ujung Gelam. Nah, tertarik ke Ujung Gelam, yuk ke Ujung Gelam!

Jam Buka
Setiap Hari 08.00 - 17.00 WIB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.