Pantai Srau, Keindahan Tiga Pantai dalam Satu Lokasi

0
485
Pantai kedua dilihat dari atas tebing karang di pantai ketiga.

Kabupaten Pacitan bisa dibilang surga bagi penikmat pantai. Kabupaten Pacitan menyimpan begitu banyak pantai yang memesona.  Berbatasan dengan Samudera Hindia, umumnya pantai di kabupaten Pacitan memiliki pasir yang berwarna putih dan sangat lembut. Selain itu, air laut dari pantai selatan sangat jernih dan bersih, air laut ini akan terlihat biru kehijauan jika dilihat dari kejauan. Tak terkecuali dengan salah satu pantai di pacitan, yang namanya cukup populer sebagai destinasi liburan ketika berkunjung ke Pacitan. Ya, inilah dia Pantai Srau.

Jika umumnya, satu nama pantai digunakan untuk satu wilayah pantai, Pantai Srau ini cukup berbeda dengan pantai lainnya. Pantai Srau memiliki tiga wilayah pantai yang berbeda. Ketiga Pantai Srau tersebut terletak pada lokasi yang berdampingan. Hanya saja, ketiga pantai tersebut dipisahkan oleh bukit karang. Karena Pantai Srau sendiri memiliki tiga wilayah pantai sekaligus, keseluruhan wilayah Pantai Srau ini luas banget loh sobat travelers. Area untuk parkir tersedia sangat luas. Tepi pantai didominasi oleh pohon kelapa yang tinggi, lebih ke arah laut, pohon pandan pantai tumbuh berjajar-jajar mengikuti garis pantai.

Pantai pertama dari Pantai Srau.

Meskipun ketiga pantai tersebut memiliki lokasi berdampingan dan memiliki satu nama yang sama, masing-masing pantai memiliki bentuk morfologi yang berbeda. Yuk kita bahas satu per satu. Dimulai dari pantai pertama nih. Ketika sobat travelers memasuki pintu masuk kawasan pantai, maka pantai yang langsung sobat travelers jumpai adalah pantai pertama. Selain pasir putih nan lembut, dan air jernih yang berwarna biru, tebing-tebing yang tersebar di sekitar pantai pertama inilah yang menjadi daya tarik. Ketika air sedang surut, sobat travelers bisa masuk ke dalam rongga-rongga batu karang di sisi barat pantai pertama. Tentunya, lokasi terbesut bisa menjadi latar foto yang cantik. Tapi ingat ya sobat travelers, hanya saat air laut sedang surut. Di pinggir pantai pertama terdapat beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk sekedar menikmati hembusan angin dan deburan ombak.

Pantai kedua dari Pantai Srau dengan beberapa wisatawan.

Pantai kedua, memiliki garis pantai yang lebih panjang dari pantai pertama. Pantai kedua juga memiliki hamparan pasir yang paling luas, sehingga jika sobat travelers ingin mneghabiskan waktu dengan bermain di pasir putih dan lembut, pantai kedua bisa menjadi pilihan yang tepat. Di pantai kedua ini tersebar beberapa batu karang di tengah pantai. Disini, sobat travelers juga bisa bermain-main dengan air yang jernih dan bersih. Tapi hanya sekedar di tepi ya sobat travelers. Sangat tidak disarankan untuk berenang ke tengah laut, karena ombak di pantai selatan begitu besar. Di sekitar pantai kedua juga terdapat beberapa gazebo, dan tempat duduk yang berada di bawah pohon-pohon pandan pantai.

Pantai kedua dilihat dari atas tebing karang di pantai ketiga.

Pantai ketiga terletak paling barat dari Pantai Srau. Meskipun garis pantainya tidak seluas pantai kedua, pun seluas hamparan pasirnya, pantai ketiga justru memberikan cara berbeda untuk menikmati keindahan Pantai Srau. Pada pantai ketiga ini, telah disediakan tangga untuk menaiki bukit karang yang ada di sebelah timur pantai ketiga. Dari atas tebing ini, sobat travelers bisa melihat pantai kedua dan pantai ketiga sekaligus. Tentunya, dari ketinggian tersebut pantai akan terlihat lebih menakjubkan.

Pantai Srau terletak di Desa Pringkuku, Kecamatan Candi, Kabupaten. Pacitan, Jawa Timur. Akses menuju Pantai Srau sangat mudah dijangkau, jalan yang dilalui berupa jalan beraspal dari pusat kota hingga pantai ketiga dan dapat dilewati kendaraan roda empat. Area parkir tersedia sangat luas dari sepanjang pantai pertama hingga pantai ketiga. Pembangunan fasilitas disini juga cukup lengkap, dengan adanya kamar mandi, toilet, mushola, dan kantin yang menyediakan makanan dan minuman. Untuk memasuki kawasan wisata, ini sobat travelers akan dikenakan tarif aebesar Rp. 5.000/ orang.

Aktivitas camp juga cocok dilakukan disini untuk mendapatkan view berupa sunrise atau sunset di pantai. Selain itu, Pantai Srau juga cocok digunakan untuk piknik bersama teman atau keluarga, membuka tikar dibawah pohon pandan pantai, ditemani bekal makanan dan keindahan Pantai Srau serta obrolan hangat dengan orang terdekat. Wahh, menarik bukan. Bagaimana sobat travelers, sudah mendapat sedikit gambaran mengenai pantai srau?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.