Pantai Siung: Pantai Tersembunyi di Yogyakarta

0
1208
Pemandangan Pantai Siung.

Yogyakarta adalah sebuah provinsi yang terkenal sebagai pusat pariwisata. Banyak jenis wisata yang bisa kamu jelajahi di Yogyakarta, mulai dari wisata budaya sampai wisata bawah laut. Pantai Parangtritis atau Glagah adalah pantai yang sangat terkenal sebagai pantai wisata di Yogyakarta. Walaupun sebenarnya banyak pantai pantai tersembunyi yang bisa kamu jelajahi di Yogyakarta!

Wisatawan seringkali menjelajahi objek wisata yang mainstream saja, apalagi jika daerah tersebut adalah daerah yang turistik seperti Yogyakarta. Yogyakarta padahal memiliki  garis pantai selatan yang cukup panjang, sehingga banyak pantai pantai yang bisa dijelajahi. Wilayah pantai selatan itu termasuk juga wilayah Gunung Kidul. Sebuah kabupaten yang memiiki banyak sekali objek wisata menarik, seperti Pantai Siung. Sebuah surga tersembunyi di Yogyakarta!

Perjalanan, Akses, dan Ulasan

Hari Selasa 18 Juni 2019, saya menjelahi pantai Siung di Gunungkidul, Yogyakarta. Saya memulai penjelajahan dari daerah Kota Yogyakarta, menggunakan sebuah sepeda motor matic, menembus udara pagi Yogyakarta. Saya memulai perjalanan pukul 05:30, sambil merasakan segarnya udara pagi di Yogyakarta! Apalagi ketika perjalanan menuju Gunung Kidul, suasana hutan dan pedesaan sangat menyegarkan mata! Ah, mungkin karena inilah Yogyakarta menjadi istimewa.

Kira-kira setelah 2 jam mengendarai sepeda motor, saya sampai di Pantai Siung. Waktu menunjukan hampir pukul 09:00, matahari mulai terik, tapi belum terlalu menyengat. Saya memarkirkan kendaraan dan langsung berjalan menuju pantai, dan birunya lautan menyambut saya! Kesan pertama saya adalah indah, biru, teduh! Pantai Siung benar-benar mempesona, hamparan pasir putih, lautan biru, dan tebing tebing tingginya begitu indah!

Bermain di Bibir Pantai Siung.

Mendapatkan momen indah ketika pagi hari di pantai Siung merupakan sebuah hal yang nikmat, ketika itu belum ada wisatawan yang bermain dan mengunjungi Pantai Siung. Pantai yang memiliki hamparan pasir putih itu benar-benar terasa seperti pantai milik pribadi, sepi dan damai sekali. Tapi, jika kita menjelajahi pantai ini dari siang atau sore hari, wisatawan sudah cukup memenuhi area pantai ini. Jadi, momen pagi hari adalah momen paling sepi dan indah!

Ciri khas pantai ini adalah pasir putihnya yang indah, bukit karang, dan warna air laut yang sangat jernih. Pasir putih di pantai ini bercampur dengan karang yang sudah lepas, sehingga kontur pasirnya sedikit lebih kasar. Kontur pasir dan ombak pantai Siung mengingatkan saya dengan pantai Balangan dan Padang Padang di Bali. Bentang alam dan ciri khasnya hampir sama, Gunung Kidul bisa bersaing dengan Uluwatu!

Bukit Karang di Pantai Siung.

Pantai Siung juga memiliki bukit-bukit karang yang besar dan indah, kita bisa menjelajahinya. Dari bukit-bukit itu kita bisa berjalan dan menikmati pemandangan lautan, ada semacam jalur yang terbuat dari bambu dan tali. Bahkan, kita bisa berjalan melewati bukit-bukit itu sampai ke sebuah pantai lain, namanya Pantai Nglambor.

Akses menuju pantai ini tidak terlalu sulit, bahkan beberapa aplikasi navigasi pun sudah memuat lokasi Pantai Siung dengan akurat. Setelah melewati daerah Wonosari, kita akan melewati jalanan desa menuju Pantai Siung. Perkebunan dan padang rumput akan kita temui di jalanan desa, perjalanan selama 2 jam tidak akan terasa jika kita menikmati pemandangan di sekitar kita.

Fasilitas pantai ini sudah cukup nyaman, ada beberapa warung, area parkir yang cukup luas, dan penyewaan tikar – payung besar untuk bersantai. Walaupun pantai ini adalah pantai wisata, tapi dika dibandingkan dengan Pantai Indryanti atau Baron, pantai ini cukup sepi dan nyaman. Oh iya, tiket masuk ke pantai ini pun masih gratis! Hanya membayar biaya parkir, untuk motor sebesar Rp. 5.000 dan Rp. 10.000 rupiah untuk mobil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.