Pantai Sanur, Pantai yang Tenang dan Teduh

0
572
Pantai Sanur

Pantai Sanur, Pantai yang Tenang dan Teduh

Pantai Sanur Berada di sebelah timur Kota Denpasar. Pantainya yang tenang dengan ombak yang tidak terlalu besar, hanya bisa dinikmati dengan hanya berbaring di kursi-kursi di bawah payung-payung di pinggir pantai atau hanya duduk-duduk di sekitar depan restoran sambil menikmati makanan dan minuman. Walaupun begitu, pantainya tetap tidak kalah indahnya dengan pantai lainnya di Bali. Pantainya terlihat terhampar begitu luasnya, seperti kamu merasa berada di belahan dunia lain.

Dan, kenapa saya menyebut Pantai Sanur sebagai pantai yang teduh?

Salah satu restoran di sekitar Pantai Sanur
Salah satu restoran di sekitar Pantai Sanur.

Baik halaman luar hotel ataupun restoran-restoran di sekitarnya banyak ditumbuhi oleh pepohonan dan tanaman hijau. Gaya dekorasi yang lebih bertema alam yang digunakan oleh hotel ataupun restorannya, terlihat dapat menyejukkan suasana pantai yang biasanya lebih bersuhu panas. Bambu dan kayu menjadi bahan tambahan untuk furnitur dan dekorasi yang lebih banyak digunakan agar dapat menyeimbangkan dengan tema alamnya dan dengan banyaknya pepohonan dan tanaman hijau yang dapat membuat suasana Pantai Sanur menjadi lebih teduh.

Kegiatan di sekitar Pantai Sanur

Walaupun ombaknya tidak terlalu besar, tetapi bukan berarti para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Sanur ini tidak dapat melakukan kegiatan outdoor di sekitar pantai. Selain hanya berbaring di kursi-kursi di bawah payung di pinggir pantai atau hanya duduk-duduk di sekitar restoran, kamu juga bisa melakukan olahraga pantai seperti, surfing, snorkeling, divingpaddle boarding,ataupun hanya bermain motor boat.

Kursi dan Payung di Pantai Sanur
Kursi dan Payung di Pantai Sanur.

Memang beberapa olahraga tersebut tidak bisa kamu lakukan di area depan Pantai Sanur, karena seperti yang saya sudah sebutkan tadi bahwa di area depan pantai ini ombaknya tidak terlalu tinggi dengan arus airnya yang begitu tenang. Jadi, misalkan kamu ingin bermain surfing, kamu harus menuju ke tengah lautan yang ombaknya cukup tinggi untuk digunakan bermain surfing.

Jangan khawatir kamu akan merasa capek untuk menuju tengah lautan, karena kamu akan menggunakan speed boat atau jukung (sejenis perahu nelayan) untuk menuju ombak yang bisa kamu pakai surfing. Kemudian, speed boat atau jukung tersebut akan menunggu kamu seharian sampai kamu merasa puas bermain surfing-nya. Selain surfing, diving dan snorkeling juga membutuhkan kedua jenis transportasi air ini untuk menuju spots diving atau snorkeling-nya di tengah lautan.

Motor boat dan speed boat di Pantai Sanur
Motor boat dan speed boat di Pantai Sanur.
Jukung atau Perahu Nelayan yang ada di Pantai Sanur
Jukung atau Perahu Nelayan yang ada di Pantai Sanur.

Selain, surfing, diving, dan snorkeling yang harus menuju ke tengah lautan, di sekitar area depan pantai kamu juga bisa melakukan olahraga paddle boarding atau motor boat, karena kedua jenis olahraga ini tidak begitu membutuhkan ombak yang tinggi. Kedua olahraga ini bisa juga dilakukan di ombak yang arusnya tenang. Ataupun, di area depan pantai ini kamu juga bisa berenang dan hanya bermain air pantai saja.

Cara Menuju Pantai Sanur

Jarak Pantai Sanur hanya sekitar 15 km dari Jalan Raya Legian. Kebetulan ketika di Bali, saya menginap di hostel sekitar Legian, jadi di daerah ini awal perjalanan saya dengan menggunakan motor rental menuju Pantai Sanur. Dari Legian, kamu akan menghabiskan waktu perjalanan sekitar 40 menit menuju pantai ini. Biaya sewa motornya hanya 70 ribu per hari.

Jika kamu tidak membawa motor atau mobil pribadi, kamu bisa menggunakan mobil rental, taksi atau ojeg online. Tapi, menurut saya menyewa motor ataupun mobil akan lebih praktis dan puas, karena kamu bisa menggunakannya seharian. Untuk transportasi umum seperti bus ataupun angkutan kota (angkot) sepertinya akan merepotkan kamu karena tidak terlalu lengkap trayek jurusannya dan tidak begitu praktis selama di perjalanan. Jadi, persipakan google maps kamu untk menuju Pantai Sanur ataupun tempat wisata di sekitar sanur ketika kamu menggunakan mobil ataupun motor rental.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.