Bali atau “Pulau Dewata” adalah pulau yang menjadi salah satu destinasi wisata masyarakat Dunia. Pulau Bali benar benar terkenal, bahkan nama pulau Bali lebih dikenal ketimbang Indonesia. Bali adalah paket paling lengkap, objek wisatanya macam macam dan sangat kaya. Mulai dari pantai, gunung, dataran tinggi, danau, sungai, air terjun, bahkan wisata budaya dan religi.

Pantai Kuta, Pantai Pandawa dan Pantai Padang–padang adalah pantai yang terkenal di Bali. Wisatawan domestik atau mancanegara selalu memenuhi pantai pantai itu. Selalu penuh dan sesak, apalagi kalau musim liburan. Saya gak terlalu nyaman kalau main ke pantai yang penuh dan sesak, apalagi kalau ada ratusan sampai ribuan orang. Kamu juga begitu? Kamu lebih tertarik wisata “tersembunyi” yang butuh usaha lebih untuk mengunjunginya? Atau puas sama wisata yang gitu gitu aja?

Bermain ombak di Pantai Nyang Nyang.
Bermain ombak di Pantai Nyang Nyang.

Kalau kamu pengen ngerasain hal baru yang “gak gitu gitu aja”, kamu harus pergi ke Pantai Nyang Nyang! Pantai Nyang Nyang terletak di Desa Pecatu, Badung. Sebenarnya, kalau kalian pernah ke Pura Luhur Uluwatu kalian pasti melewati jalan menuju Pantai Nyang Nyang, tapi ga semua orang tau. Nah, Pantai Nyang Nyang ini dinobatkan sebagai salah satu pantai terbaik di dunia oleh CNN Travel Internasional.

Pantai Nyang Nyang memiliki pasir putih, air laut yang jernih, batuan karang yang gagah, dan garis pantai yang panjang. Pengunjungnya sedikit, paling hanya puluhan saja. Sekitar April 2018, saya mengunjungi Pantai Nyang Nyang, hanya ada beberapa orang saja yang bermain di pantai. Sepi dan asri sekali. Tak heran jika pantai ini dinobatkan sebagai salah satu pantai paling indah di dunia dan menjadi destinasi yang wajib dikunjungi.

Bermain di Pantai Nyang Nyang sangat menyenangkan, walaupun kita tidak diperbolehkan berenang jauh karena batuan karang yang besar di bibir pantai. Kita bisa bersantai, bermain dengan ombak, dan menikmati keasrian pantai ini. Suasananya bisa membuat mood travelingan kamu meningkat dan pastinya menenangkan kamu dari bisingnya kota.

Akses menuju Pantai Nyang Nyang.

Saya pergi ke Pantai Nyang Nyang menggunakan kendaraan pribadi, sepanjang jalan saya tidak menemukan kendaraan umum. Dari wilayah Garuda Wisnu Kencana sampai Pecatu, tidak ada kendaraan umum yang saya lihat. Jadi, saya merekomendasikan memakai motor atau mobil saja, akses jalan ke daerah Uluwatu pun sudah baik dan mulus. Waktu tempuh dari daerah Denpasar sekitar 40 sampai 60 menit, jaraknya sekitar 23–25 kilometer. Patokannya, setelah SDN No. 3 Pecatu ada jalan kecil di sebelah kiri jalan (dari arah Denpasar). Lalu masuk ke jalan itu sampai ke sebuah cafe, parkir kendaraan bisa di cafe ini atau di tempat paragliding.

Jalur batuan kapur menuju Pantai Nyang-Nyang
Jalur batuan kapur menuju Pantai Nyang Nyang.

Jalur setapak menuju Pantai Nyang Nyang cukup berat, pertama–tama kita harus menemukan jalan setapak menuju pantai. Beberapa meter dari tempat parkir kendaraan, kita akan menempuh jalan berbatu yang terjal dengan batuan kapurnya. Kemiringan jalur yang terjal pun membuat saya “ngos-ngos an” dan berkeringat, memang jalur berbatu ini cukup sulit dilewati.

Bersantai di Pantai Nyang Nyang
Bersantai di Pantai Nyang Nyang sambil mendengar suara ombak.

Kalau kamu gak kuat, ada ojek yang bisa mengantar, tetapi di bagian jalur akhir pun kamu masih harus berjalan menurun. Harga ojek berkisar 20 sampai 30 ribu rupiah, tergantung nego yang kamu lakukan.

Tapi, perjalanan berat dan sulit akan sangat terbayarkan oleh keindahan surga yang tersembunyi ini! Yuk ke Pantai Nyang Nyang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.