Pantai Cantik di Sudut Gunung Kidul

0
1402
Foto dari atas mercusuar. Joss kan!

Namanya Pantai Baron. Jika kalian penikmat pantai, pasti kalian tau nama ini. Pantai cantik ini terletak di pojok Gunung Kidul. Tepatnya Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi Pantai Baron dapat ditempuh 40 km daerah pusat kota Yogyakarta.

Keunikan Pantai ini yaitu adanya sungai bawah tanah yang mengalir cukup deras ke arah lautan. Sungai bawah tanah tersebut mengalir ke arah laut dan membentuk sebuah sungai. Uniknya lagi, sungai ini mempunyai rasa air tawar meskipun berada sangat dekat dengan laut. Karena keunikannya itu, pantai ini sangat ramai pengunjung setiap harinya. Apalagi pas weekend, wow bisa kebayang kan?

Selain keunikan yang dimilikinya, tidak berbeda dengan pantai yang lain, pantai ini juga memiliki mercusuar menjulang tinggi. Kalian bisa masuk ke mercusuar ini hanya dengan kocek 5000 rupiah saja. Dijamin sangat terjangkau deh! Ketika kalian naik mercusuar ini, kalian dapat melihat langsung hamparan luas perairan Pantai Baron.

Ini adalah foto mercusuar dari bawah.

Pengunjung yang tidak berani bermain dan berenang di laut, dapat bermain air dan berenang dialiran sungai bawah tanah tersebut. Pemandangan lain yang ada di Pantai Baron adalah sebuah bukit yang berada di sekitar pantai. Pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dari atas bukit tersebut. Atau bisa juga menikmati keindahan pantai dari atas mercusuar, seperti yang aku sebutkan tadi.

Di sepanjang pintu masuk pantai ini, kalian akan disambut oleh pemandangan para pengunjung yang berlalu lalang memarkirkan kendaraannya. Agak kedalam sedikit, kalian akan bertemu dengan sekumpulan pedagang yang menjajakan dagangannya yang ditata rapi. Mulai dari camilan khas pantai, makanan pengganjal perut, nasi, kopi, anget-anget, hingga minuman botol pun tersedia disini. Pokoknya apa yang kalian pengenin disini, ada semua deh. Bahkan penjual cilok pun ada disini loh! Mmm oiya jika kalian liburan ke Jogja, jangan lupa mampir kesini ya. Ini tuh rekomendasi banget buat kalian yang hobi mantai alias bermain air. Hehehe

Aku dulu pernah kesini si bareng temen-temen. Mumpung waktu itu pas hari Minggu ya, jadinya luangin bentar deh buat main sama temen-temen. Ya kali ada temen gak pernah diajak main, kan itu namanya belum temen senasib seperjuangan.. haha. Aku pertama kalinya si kepantai ini. Dan apa yang aku bayangin sebelumnya (menurut cerita tetangga) ternyata melebihi ekspektasi. Kan aku kepo nih ya, yaudah aku sempetin kesini.. hehe. Pantainya tuh cantik banget tau gak sih? Aku juga gak nyangka ternyata di pelosok daerah pun ada pantai secantik ini. Aku bukannya menjudge atau apalah itu ya soal yang pelosok, tapi aku ngomong pelosok karena emang jalanan untuk sampai kepantai nan cantik ini pun butuh perjuangan ekstra dengan rute yang naik turun, jalanan yang kurang terawat, dan banyak polisi tidurnya. Makanya aku bisa menilai kalau ini daerah pelosok.

Foto Pantai Baron di sore hari. Cantik kan?

Sayang sih kalau tempat-tempat wisata air yang secantik ini tidak terjangkau oleh tangan pemerintah. Padahal, tempat ini tuh selalu ramai dikunjungi. Ya walaupun gak seramai pantai tetangga si. Tapi apa salahnya kalau tempat ini bisa dikelola dengan baik, kan kalau akses kepantai ini gampang, dengan jalanan yang memadai, pasti tambah ramai? Iya gak kawan? Aku harap pemerintah bisa menyediakan akses jalanan yang memadai ya. Semoga saja dapat terealisasi. Aamiinn..

Yang terakhir dari aku. Ini adalah pantai. Tau sendiri kan pantai itu tempat umum. Jadi kalian yang ingin mengunjungi pantai ini, harap jaga selalu kebersihan ya! Karena pantai secantik ini harus dirawat, agar selalu cantik! Kalau cantik terus, kalian juga kan yang untung? Jangan cemari pantai dengan ulah kalian ya gess! Okeeyyy 😉

Udah dulu ya. Semoga kalian terhibur dengan tulisan yang sederhana ini ya. See you gaess :))

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.