Pantai Buyutan, Sebuah Surga Tersembunyi di Pacitan

0
1358
Sunset di Pantai Buyutan.

Nggak kerasa akhirnya waktu liburan telah tiba, pada liburan kali saya memilih untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Rute perjalanan kami mulai dari Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur menggunakan mobil menuju Pantai Buyutan yang terletak di Desa Widoro, Donorojo, Kalak, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jarak dari Ponorogo ke Pantai Buyutan adalah sekitar 112 km, perjalanan dari Ponorogo menuju pantai memakan waktu sekitar 2,5 jam, waktu perjalanan yang cukup lama itu kami manfaat bercanda sambil menikmati keindahan beberapa desa yang kami lewati. Pemandangan yang bisa kami nikmati pertama di sini adalah hamparan sawah yang luas dan beberapa gubuk petani yang menyajikan pemandangan menawan saat kami melihatnya.

Sesampainya di Pantai Buyutan, kami diharuskan membayar parkir sejumlah Rp. 5.000. Oh iya, jadi di pantai ini kalian bisa memarkirkan kendaraan di pantainya, loh, tapi untuk parkir di pesisir pantai ini kalian harus melewati jalan yang cukup curam. Untuk kalian yang yang ragu untuk melewati jalan yang curam itu, kalian bisa parkir di atas saja.

Perjalanan Menuju Pantai Buyutan.

Sebelum bermain dan menikmati indahnya pemandangan di pantai ini, kalian diharuskan untuk membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orang, sebuah harga yang cukup bersahabat untuk menikmati pantai yang indah ini.

Pantai ini memang sangat indah. Bayangkan saja, pantai ini tersembuyi di bawah sawah yang tumbuh subur berwarna hijau, pantai ini memang cocok disebut sebagai surga tersembuyi di Kabupaten Pacitan. Selain pemandangan sawahnya yang indah, pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang lembut dan bersih, saat melihat hamparan ini memang membuat kami terkagum-kagum dengan ciptaan tuhan, pesona dari pantai ini sangat berkesan dan dapat dipastikan tidak akan kami lupakan.

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini, kebanyakan orang-orang melakukan aktivitas pantai, seperti bermain layang-layang, berjemur, dan pastinya berfoto untuk mengabadikan berbagai momen indah yang di pantai ini. Nah, bagi kalian yang memiliki hobi fotografi, kalian akan menemukan banyak spot foto menarik di Pantai Buyutan ini, terutama dari bagian atas pantai, karena pada bagian atas pantai ini kalian bisa mendapatkan foto landscape yang sempurna dengan latar permandangan sunset dari pantai ini.

Suasana Pantai Buyutan dari Atas.

Selain dari atas, kalian juga bisa berfoto dengan bebatuan karang yang memiliki bentuk unik dan beranekaragam, mulai dari yang berbentuk mahkota, perahu, dan masih banyak bebatuan karang yang indah di sini. Menurut penduduk sekitar, bebatuan ini dulunya adalah tempat mahkota milik Dewa Nar yang terjatuh ketika beliau terbang di kawasan ini. Hal tersebut menjadi sebuah mitos menarik yang bisa saya dapatkan di pantai ini.

Selain menjadi tempat untuk bermain, berjemur, dan berfoto-foto ria, pantai ini juga menjadi kawasan berkemah bagi kalian yang berkeinginan untuk merasakan sensasi camping di pesisir pantai. Tenang saja, karena tidak jauh dari pesisir pantai terdapat sumber air tawar yang bisa kalian gunakan untuk masak, minum, ataupun untuk mandi. Bagi kalian yang berkeinginan untuk camping di lokasi ini, saya sarankan untuk berhati-hati saat membawa barang, karena di balik tebing pantai ini terdapat beberapa monyet, terutama bagi yang memiliki phobia terhadap binatang ini.

Setelah bermain layang-layang, menikmati udara yang segar, mendengar gulungan ombak, dan berfoto-foto di sini, akhirnya kami memutuskan pulang ke Ponorogo.

Nantikan perjalanan kami selanjutnya yaa, saya jamin kalian tidak akan menyesal!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.