Pantai Bandulu Anyer, Menunggu Sunset Sambil Menonton Kompetisi Surfing

0
546
Para Peserta Anyer Surfing Competition
Para Peserta Anyer Surfing Competition.

Anyer menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang ada di Provinsi Banten. Sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Serang – Banten ini, menyimpan banyak sekali tempat wisata yang bisa kita kunjungi.

Selain mengunjungi Mercusuar tertua yang ada di Indonesia yaitu yang berada di Desa Cikoneng Anyer, melihat Monumen Titik Nol Km Anyer – Panarukan, dan bermalam di Camping Ground Lembah Hijau Bandulu, di Kecamatan Anyer ini banyak juga pantai yang menjadi daya tarik para wisatawan. Pantai-pantai ini sebagai destinasi wisata utama yang bisa dijadikan tempat liburan ataupun hanya menghabiskan akhir pekan.

Pantai-pantai di Anyer mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Ada pantai yang berpasir dan mempunyai ombak yang bagus yang cocok untuk dijadikan olahraga air, tetapi ada juga pantai dengan batu karang yang hanya bisa dijadikan tempat berkumpul teman dan keluarga. Dan, pantai yang menjadi favorit saya dan sering saya datangi adalah pantai dengan karakteristik yang pertama saya sebutkan tadi, yaitu pantai berpasir dan berombak bagus.

Pantai berpasir dan berombak bagus, salah satunya saya dapatkan di Pantai Bandulu – Anyer. Pantai ini berpasir putih dan tidak berkarang, sehingga ketika saya bermain ombak atau melakukan olahraga air, tidak ada batu karang yang dapat melukai badan. Juga, pantai ini mempunyai ombak yang bagus, sehingga saya bisa bermain ombak atau melakukan olahraga air dengan seru dan aman.

Anyer Surfing Competition
Para Peserta di Anyer Surfing Competition.

Banyak olahraga air yang bisa kita lakukan di Pantai Bandulu ini, berenang di pantai memang masih menjadi favorit bagi para wisatawan. Selain itu, kita juga bisa mencoba body boarding yang bisa dilakukan di atas ombak sedang, bermain motor boat, banana boat, snorkeling, dan juga surfing. Nah, surfing ini yang terus diperkenalkan kepada wisatawan yang datang ke pantai ini, agar olahraga ini semakin dikenal dan banyak wisatawan yang nantinya jadi ingin mencobanya. Saya pun sering mencoba olahraga surfing atau selancar ombak ini dengan menyewa papan selancarnya.

Dan, event yang baru diadakan di weekend ini adalah yang berkaitan dengan surfing, yaitu Anyer Surfing Competition yang diadakan di Pantai Bandulu juga. Sebenarnya, banyak event hiburan yang diadakan oleh beberapa pengelola hotel untuk semakin menarik perhatian para wisatawan, baik domestik ataupun mancanegara, agar terus datang dan meramaikan bidang kepariwisataan di daerah Anyer.

Tetapi, Anyer Surfing Competition ini yang paling menjadi perhatian, karena selain kompetisi ini diadakan di pantai umum sehingga dapat ditonton secara gratis oleh wisatawan dan masyarakat setempat, event olahraga ini juga memberikan pengaruh positif bagi anak-anak muda yang berada di daerah Anyer dan daerah sekitarnya yang ikut berkontribusi dalam kompetisi ini.

Sunset di Pantai Bandulu Anyer
Sunset di Pantai Bandulu Anyer.

Menonoton berlama-lama sampai akhir acara tidak akan membuat kita bosan, karena kita juga bisa sambil menunggu indahnya sunset yang bisa kita lihat di area pantai ini. Beberapa kali saya menikmati sunset di pantai ini. Sambil duduk-duduk di warung ataupun di saung bambu yang bisa kita sewa di area pantai, saya juga bisa sambil menikmati makanan dan minuman hangat yang saya beli. Atau, terkadang ketika ada kesempatan menginap di salah satu hotel yang ada di Anyer, sunset ini akan lebih bagus dan jelas jika dilihat dari lantai atas hotel.

Sunset di Pantai Bandulu Anyer
Pemandangan Sunset di Pantai Bandulu Anyer.

Dengan adanya Anyer Surfing Competition ini, akhirnya Pantai Bandulu Anyer semakin ramai pada weekend ini, banyak juga wisatawan lokal dan masyarakat setempat yang berlama-lama di pantai sampai sore hari. Sambil menonton asyiknya para peserta kompetisi menari di atas ombak untuk menunjukkan kemampuan surfingnya, menunggu indahnya sunset yang bisa kita lihat di Pantai Bandulu Anyer – Banten ini menjadi tidak begitu terasa lama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.