Pantai Annora: Si Indah yang Tersembunyi

0
901
Pantai Anora, si indah yang tersembunyi.

Pantai Karimunjawa dikenal sebagai pusat wisata laut di Jawa Tengah. Selain terkenal dengan kuliner dan wisata bawah lautnya, Karimunjawa juga terkenal dengan pemandangan pantainya yang indah. Banyak wisatawan Indonesia tertarik untuk mengunjungi Karimunjawa pada setiap tahunnya.

Banyak pantai-pantai yang masih sepi dan belum terjamah yang bisa kita eksplorasi di Karimunjawa, salah satunya adalah pantai Annora. Pantai Annora merupakan pantai yang sangat menarik, karena sangat terkenal dengan pasirnya yang putih, laut yang tenang, dan gundukan pasir di tengah lautnya, walaupun letaknya cukup jauh dari pusat kota sehingga membuat kita harus sedikit menjelajah.

Pada 13 April 2019, saya berkesempatan untuk mengunjungi pantai Annora. Setelah berkendara kurang lebih 30 menit dari pusat kota, saya akhirnya sampai di area pantai Annora. Jalan setapak yang bergelombang sampai ke area bibir pantai membuat perjalanan ini terasa cukup menantang. Kesan pertama yang timbul adalah indah dan tenang, karena letaknya cukup berdampingan dengan hutan, maka pantai Annora terasa sangat asri dan alami.

Nelayan di Pantai Annora.
Fasilitas dan Akses Jalan

Pantai Annora sudah dikelola dengan baik oleh warga sekitar. Jalan setapak, tempat duduk, dan sumber air sudah ada dan terawat dengan cukup baik. Mushola serta toilet juga sudah tersedia, walaupun untuk memakai toilet kita diharuskan unutuk membayar.

Kegiatan yang paling cocok untuk dilakukan di pantai ini adalah camping, ya berkemah! Suasana alam yang asri akan membuat kalian sangat nyaman untuk berkemah di Pantai Annora. Malam yang penuh bintang dan juga hembusan udara laut benar-benar terasa nikmat! Apalagi, apabila cuaca sedang cerah, kita bisa melihat matahari terbit di sekitar Pantai Annora.

Sisi Pantai Annora.

Saya membangun tenda dan membuat pekarangan di kawasan tenda yang tepat berada di pinggir pantai. Jika kita ingin berkemah di Pantai Annora, fasilitas dan sarana di daerah pantai masih minim. Jadi, kita harus mempersiapkan teknis dan alat-alat untuk berkemah. Memang, berkemah di sisi pantai adalah kegiatan yang asik dan menarik. Tapi, kitapun harus behati-hati dalam menentukan lokasi kemah berdiri, agar kita tetap aman saat melakukan camping di sisi pantai.

Nah, jika kita berwisata ke Pantai Annora, ada tiket masuk atau retribusi sebesar 5000 rupiah per orang (per April 2019). Sebuah harga yang cukup murah. Jadi, tidak perlu khawatir kalau dompet kalian tipis. Pantai Annora ini sangat cocok untuk kalian yang sedang melakukan trip dengan gaya backpacker atau low budget!

Pantai Annora, si indah yang tersembunyi.

Untuk akses jalan menuju Pantai Annora bisa dikatakan lumayan sulit, tergantung dari moda transportasi apa yang kalian pilih, karena jaraknya lumayan jauh jika berpatokan ke pusat kota (alun-alun). Kita memerlukan waktu sekitar 30-40 menit dengan sepeda motor atau mobil, untuk jaraknya sendiri berkisar antara 12-15km. Sebenarnya, untuk bantuan navigasi bisa menggunakan aplikasi Google Maps, karena sudah tertera dengan jelas. Tetapi, ada baiknya juga kalian bertanya ke warga lokal di sekitar lokasi pantai Annora.

Jika kita mulai dari pusat kota, maka kita akan melalui jalan aspal yang sudah bagus. Tetapi, ketika sampai di dekat daerah Pantai Annora, yang bernama daerah Cikmas, kita diharuskan untuk sedikit masuk ke jalan kecil. Jalannya hanya cukup untuk satu mobil saja, jadi kita harus berhati-hati. Lokasi inilah yang saya sebut di awal sebagai kawasan hutan, di mana pepohonannya mulai lebat dan asri.

Nah, apa kalian tertarik untuk berkunjung? Yuk, ke Pantai Annora!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.