Pantai Air Manis, Wisata Keluarga yang Wajib Dikunjungi di Padang

0
532
Pantai air manis.

Pemilihan destinasi yang tepat ketika berlibur bersama keluarga adalah sebuah keharusan. Sebaiknya tempat yang dikunjungi tidak hanya indah, namun juga bisa memberikan hikmah yang bermanfaat bagi anggota keluarga. Salah satunya adalah Pantai Air Manis di Kec. Padang Selatan, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Selain dikenal dengan keindahan alamnya, Pantai yang juga disebut Pantai Air Manih dalam bahasa Minang ini juga terkenal dengan sebutan Pantai Malin Kundang. Hal tersebut dikarenakan adanya batu yang berbentuk seorang laki-laki yang dalam posisi bersimpuh/bersujud, di tepi Pantai Air Manis ini.

Konon batu tersebu merupakan sosok Malin Kundang yang ada dalam legenda Malin Kundang si Anak Durhaka. Berkisah tentang putra daerah Minang yang tinggal hanya berdua ibunya karena ayahnya sudah lama tiada. Untuk mengubah nasib, Malin memutuskan merantau ke kota lain dan memohon restu ibunya. Ibu Malin tak kuasa menahan kesedihan saat anaknya pergi merantau dan terus mendoakan anak lelaki kesayangannya.

Ternyata Malin sukses di perantauan, bahkan bisa menikahi putri dari seorang saudagar kaya. Tibalah saatnya Malin pulang ke kampung halamannya di tanah Minang. Ibu Malin yang mendengar kabar tersebut sangat gembira dan menunggu anaknya di tepi pelabuhan.

Batu malin kundang.

Namun sayang seribu sayang, Malin pulang bukan untuk menemui ibunya. Tetapi untuk memamerkan kekayaan dan istrinya yang cantik kepada masyarakat di kampungnya. Bahkan sangking angkuhnya, Malin enggan mengakui ibu kandungnya sendiri.

Ibu Malin yang terluka hatinya membuat sumpah untuk mengutuk anaknya menjadi batu atas perlakuan durhaka Malin. Sumpah itu didengar oleh Sang Pencipta, Malin tersambar petir dan menjadi batu. Konon peristiwa tersebut terjadi di Pantai Air Manis ini dan batu yang ada di sini merupakan sosok Malin Kundang yang dikutuk ibunya.

Ketika saya melihat langsung batunya, tampak sekali seperti buatan. Menurut supir taksi online yang mengantar saya kesini, beliau yang asli orang Padang mengatakan batu ini memang buatan untuk menarik wisatawan. Batu yang asli memang ada namun letaknya di tengah laut.

Terlepas dari kisah nyata atau hanya fiktif belaka, cerita Malin Kundang tetap bagus diambil hikmahnya. Membawa anggota keluarga kesini untuk melihat batu Malin Kundang beserta cerita dibaliknya, bisa menjadi edukasi kepada anak-anak untuk menghargai orang tua walaupun kelak sudah menjadi orang yang sukses.

Menyewa motor ATV untuk menyusuri pantai.

Selain batu Malin Kundang, di pantai ini kita dapat menyewa motor ATV seharga Rp100.000/jam. Motor ATV ini dapat dipakai berboncengan. Sangat menyenangkan rasanya mengajak anak menyusuri Pantai Air Manis ini menggunakan motor ATV.

Tidak jauh dari bibir pantai juga ada pulau kecil yang sebenarnya bisa ditelusuri dengan berjalan kaki atau dengan motor ATV ketika airnya surut. Namun karena saya kesana sewaktu airnya pasang, maka saya tidak berani menuju pulau tersebut.

Meski di sini pantainya tidak cocok untuk snorkeling atau diving, tapi kita masih bisa berenang di tepi pantai atau hanya sekedar bermain air dan pasir bersama anggota keluarga. Mengumpulkan kulit kerang aneka warna juga menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Jika perut terasa lapar, bisa menikmati mie instan dan Sate Padang yang dijual penduduk setempat di sini. Harganya masih tergolong wajar Rp5.000-Rp15.000 saja. Tidak terlalu mahal untuk ukuran tempat wisata.

Pantai air manis.

Masih belum puas? Bagi ibu-ibu yang hobi berbelanja, di sebelah timur bagian pantai banyak pedagang yang menjual beragam pakaian dan makanan khas Padang untuk oleh-oleh. Tentunya di sini ibu-ibu bisa mengeluarkan skill  tawar menawar untuk mendapatkan harga terbaik.

Oh ya, untuk menuju lokasi Pantai Air Manis, kamu bisa memesan taksi/ojek online atau menyewa kendaraan dan mengandalkan Google Maps. Jangan lupa menyiapkan uang tiket masuk sebesar Rp5.000/orang dan biaya parkir sebesar Rp5.000/mobil atau Rp3.000/motor.

Tunggu apa lagi, ajak segera keluarga berkunjung ke Pantai Air Manis di Kota Padang.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.