Kapal Pencuri Ikan – Pangandaran Maret 2016

3
5333

Kapal Pencuri Ikan – Pangandaran Maret 2016.

Pertengahan bulan Maret 2016 ini saya pergi ke Pangandaran lagi. Kali ini saya bertujuan melengkapi kebutuhan bahan-bahan untuk pembuatan website salah satu hotel di Pangandaran. Ada yang cukup berbeda kali ini. Yaitu adanya kapal besar yang berlabuh dekat dengan Pasir Putih. Tempat kita bermain melihat batu karang dan ikan-ikan. Kita bisa mencapainya dengan naik perahu atau dengan berjalan kaki dari Cagar Alam Pangandaran.

Waktu itu sore hari sudah menuju gelap, saya mencoba bertanya kepada orang yang ada di situ. Dari info yang diperoleh ternyata itu adalah kapal asing pencuri ikan yang baru beberapa hari yang lalu di bom oleh pemerintah Indonesia (bu Susi). Kapal itu namanya Viking Lagos. Kapal itu konon diburu oleh 13 negara, akhirnya tertangkap oleh pemerintah Indonesia. Setelah dilakukan proses, maka dibawa ke daerah Pangandaran ini dan dirusak.

IMG_0739

Baru pada hari terakhir, setelah saya selesai membereskan kebutuhan website hotel, saya berangkat naik perahu mendekat ke Kapal tersebut. Untung sekali waktu itu cerah cuacanya, sehingga terlihat dengan jelas. Jika dilihat dari dekat, kapal ini besar sekali. Cukup banyak kapal turis lain yang ikut berputar sekeliling Kapal ini. Bisa jadi ini jadi salah satu destinasi turis yang ingin melihat kapal pencuri ikan dari dekat.

Kapal Pencuri

Memang kapal ini tidak tenggelam, karena memang sengaja disangkutkan ke karang, lalu dirusak. Dengan demikian kita bisa melihat monumen ini. Pada saat saya ke sana, masih ada sedikit solar yang menggenangi sekitar kapal. Kemungkinan sisa-sisa solar dari kapal (tidak banyak). Dari berputar mengelilingi kapal tersebut, kami akhirnya turun di Pasir Putih. Di Pasir Putih ternyata ada orang yang sedang melakukan photo pernikahan yang menggunakan latar belakang kapal ini. Agar lebih asik, saya menyewa peralatan snorkling lalu minta diantar oleh orang sana ke dekat kapal. Memang agak kurang nyaman setelah dekat, karena ada sedikit genangan solar di sekitar kapal.

IMG_2008

Bagi teman-teman yang berminat melihat dari dekat kapal pencuri ikan yang telah menjadi monumen peringatan bagi pencuri-pencuri ikan asing kiranya dapat segera datang ke Pangandaran.

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.