Panduan Hemat Naik Kapal di Sungai Chao Phraya dengan Ongkos 35 Baht Pulang Pergi

0
152
Suasana kapal di Sungai Chao Phraya.

Jika hanya memiliki waktu sehari untuk berlibur ke Bangkok, Thailand, kalian bisa memanfaatkan waktu ini untuk mendatangi tempat-tempat bersejarah dan paling indah di Bangkok. Tempat-tempat itu adalah Grand Palace, Wat Pho, Wat Arun, dan Asiatique. Jika kebetulan kalian seorang Muslim, bisa juga sekalian mampir ke Masjid Tonson yang tidak jauh letaknya dari Wat Arun. Kalian hanya perlu berjalan kaki dari sana.

Semua tempat wisata itu berbayar alias tidak gratis. Untuk masuk ke Grand Palace, kalian harus membayar seharga 500 baht. Jika dikonversi dengan menggunakan nilai tukar rupiah ke baht hari ini (7 April 2020) sebesar Rp 490, tiket masuknya seharga Rp 245.000. Cukup mahal bagi budget traveller yang berlibur ke Thailand. Namun, dengan harga itu, kalian tidak akan menyesal setelah masuk ke dalam Grand Palace. Semuanya sangat indah karena Grand Palace adalah istana raja. Wat Arun lebih murah. Harga tiketnya hanya 50 baht atau setara dengan Rp 24.500. Sementara itu, Wat Pho memasang tarif seharga 100 baht atau setara dengan Rp 49.000. Meskipun berbayar, semuanya indah untuk difoto. Untuk Asiatique, tidak ada tiket masuk karena memang hanya tempat belanja di malam hari.

Pintu Masuk Dermaga Saphan Taksin.

Nah, karena wisatanya tidak gratis, kalian perlu menghemat budget traveling melalui transportasinya. Jenis transportasi yang murah meriah untuk dipilih sekaligus berkesan karena tidak biasa adalah kapal. Karena semua tempat wisata itu berada di tepi Sungai Chao Phraya dan ada dermaga perhentiannya, kalian bisa menggunakan kapal sebagai kendaraan. Nama kapalnya adalah Chao Phraya Tourist Boat. Kapal itu memberikan pelayanan hop on hop off untuk mengunjungi delapan dermaga yang memiliki tempat wisata terkenal di Bangkok, terutama Grand Palace, Wat Arun, dan Wat Pho. Kapal ini beroperasi seperti bus wisata kalau di darat.

Panduan pertama yang harus kalian ketahui adalah berhati-hati dengan calo tiket kapal yang menawarkan tiket perjalanan kapal kepada kalian. Pasalnya, tiket yang ditawarkan adalah tiket kapal pribadi yang sangat mahal. Panduan kedua, kalian harus mencari kapal dengan bendera oranye. Di Bangkok, ada banyak kapal yang dibedakan berdasarkan warna benderanya. Ada kapal bendera oranye, kapal tanpa bendera, kapal bendera hijau, dan kapal bendera kuning. Kapal bendera kuning dan hijau adalah kapal dengan tarif yang paling mahal.

Tiket Naik Kapal.

Kapal dengan bendera oranye menerapkan tarif kapal sangat murah, yaitu hanya 15 baht atau Rp 7.350 sekali perjalanan. Kalian bisa datang ke dermaga pusat di Saphan Taksin. Dermaga itu terhubung dengan BTS Skytrain. Kapal itu juga beroperasi sepanjang hari dengan waktu kedatangan tiap 20 menit sekali. Kalian bisa datang ke destinasi pertama di pagi hari, yaitu Grand Palace. Kalian bisa turun di dermaga Ta Chang. Karena murah meriah, peminat kapal ini sangat banyak. Satu kapal bisa dimuati lebih dari 50 orang. Panduan ketiganya tentu kalian harus bergegas untuk mendapatkan tempat duduk di kapal.

Setelah kalian puas berwisata di Grand Palace, kalian bisa menuju destinasi berikutnya, yaitu Wat Pho. Sebaiknya, kalian membatasi perjalanan kalian di Grand Palace hanya sampai pukul 12.00. Untuk ke Wat Pho, kalian tidak perlu naik apa pun. Kalian cukup berjalan kaki sekitar 15 menit. Di Wat Pho ini, kalian hanya punya waktu sampai pukul 14.00. Mengapa waktunya sangat pendek? Wat Pho hanya berisi patung Buddha tidur yang sangat panjang dan beberapa kuil.

Suasana di Kapal.

Selanjutnya kalian harus berjalan ke dermaga terdekat di Wat Pho untuk melanjutkan ke destinasi berikutnya yaitu Wat Arun. Wat Arun ini terletak di sebrang sungai. Kalian tidak perlu naik Chao Phraya Tourist Boat dengan bendera oranye. Cukup naik kapal putih bertuliskan River Crossing Ferry untuk menyebrang. Tarifnya murah sekali, hanya 5 baht atau setara dengan Rp 2.450. Setelah dari Wat Arun, kalian bisa melakukan shalat jamak dzuhur dan ashar di Masjid Ton Son. Kalian hanya perlu berjalan kaki saja selama 20 menit pulang pergi.

Dari Masjid Ton Son, kalian bisa ke destinasi selanjutnya, yaitu Asiatique Night Market untuk belanja oleh-oleh. Kalian bisa naik Chao Phraya Tourist Boat bendera oranye lagi ya. Tarifnya tetap sama, yaitu 15 baht. Turunlah di dermaga Saphan Taksin lalu mengantre kembali untuk naik kapal gratis ke Asiatique Night Market. Ingat bahwa kapal gratis ini hanya beroperasi dari pukul 16.00—22.00. Jadi, kalian harus ingat waktu agar bisa berhemat. Pulangnya pun kalian harus naik kapal gratis lagi. Jika dihitung, pengeluaran untuk transportasi dengan kapal ini hanya 35 baht saja atau Rp 17.150. Murah sekali ,bukan? Happy budget travelling! 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.