Packing Anti-Ribet Untuk yang Siap Mudik Lebaran

0
4865
(sumber: pexels.com)

Arus mudik sudah mulai terasa sejak tanggal 29 Mei lalu, untukmu yang akan mudik dalam waktu dekat, wajib untuk mengetahui bagaimana packing efektif untuk kembali ke kampung halaman. Pasalnya, tidak jarang bagi sebagian orang merasa kewalahan membawa banyak barang bahkan ada juga yang di awal tidak ingin membawa barang banyak, ternyata bawaannya yang paling banyak. Bingung juga kan? Apalagi tidak semua orang mudik dengan kendaraan pribadi, tentu bagi yang memilih opsi untuk mudik dengan transportasi umum perlu lebih cermat dalam memilih barang atau mengemas barangnya dengan cermat.

Untuk itu, ada baiknya untuk tahu bagaimana packing yang tepat, terlebih untuk keperluan pribadi, sehingga tidak perlu ribet membawa banyak barang saat mudik. Baik itu mudik dengan kendaraan pribadi, maupun dengan transportasi umum.

Pastikan Kembali Barang yang Akan Dibawa
Saat packing, mungkin kamu sudah tahu kegiatan apa saja yang akan dilakukan di kampung halaman nanti ataupun berapa hari kamu akan menetap di tujuanmu. Maka, kamu perlu memastikan barang apa saja yang akan dibawa. Mulai dari pakaian, perlengkapan diri, kue atau camilan yang akan dimakan bersama keluarga, dan masih banyak lagi. Dengan memperkirakan estimasi waktu dan kegiatan selama di tempat tujuan, kamu akan mudah untuk menimbang barang apa saja yang perlu dan tidak perlu untuk dibawa.

Bawa Alat Mandi Sendiri
Mungkin bagi sebagian orang ada yang cuek dengan pemakaian sabun badan, sabun muka, dan lainnya. Namun, jika kamu memiliki perlengkapan mandi wajib yang spesifik, sebaiknya kamu bawa sendiri. Kamu bisa memindahkan perlengkapan mandi ke dalam wadah travel kit yang banyak di pasaran. Jika kamu cukup cuek atau masih bisa memakai sabun dan sampo apapun, mungkin kamu bisa menggunakan sabun dan sampo yang sudah tersedia di rumah sanak saudara. Setelah mempertimbangkan untuk menggunakan sabun atau sampo yag sudah ada, setidaknya kamu siapkan space sedikit di tas atau pouch untuk menaruh sikat gigi dan alat lainnya seperti pisau cukur dan handuk.

Tas Besar Perlu Jadi Opsi Tas Kedua Perjalananmu
Saat merencanakan mudik, mungkin kamu sudah terpikir ingin terlihat match dari ujung kaki hingga ujung kepala. Namun, saat seperti ini sebaiknya fokusmu lebih untuk mengoptimalkan perjalanan terlebih dahulu. Terlebih, saat lebaran tiba, kegiatanmu mungkin akan padat, termasuk berkeliling ke rumah sanak saudara. Maka, untuk perempuan, sebaiknya gunakan tote bag, backpack, atau sling bag berukuran medium atau large untuk menaruh barang pribadimu yang tidak bisa masuk ke koper atau travel bag seperti parfum, make-up pouch, aksesoris, atau keperluan gadget seperti power bank, charger, earphone, dsb. Untuk pria, bisa juga memakai waist bag atau duffel bag untuk menaruh keperluan pribadi kamu saat mudik. Waist bag atau duffel bag pun memiliki kapasitas cukup besar untuk memenuhi kebutuhan bepergian. Tas dengan kapasitas besar pun membantumu untuk menaruh banyak bawaan saat lebaran tiba dan perlu berkeliling untuk berkunjung ke rumah sanak saudara.

Menggunakan Backpack Sebagai Tas Utama? Gulung Pakaianmu!
Jika kamu menggunakan koper sebagai tas utama, mungkin tidak terlalu sulit untuk packing bahkan pakaian yang akan dibawa bisa dilipat dengan mudah. Namun bagaimana dengan yang menggunakan backpack? Sederhananya, sebagian besar orang akan memilih opsi menggulung pakaiannya, sehingga backpack yang digunakan akan menyisakan ruang yang banyak untuk dimasuki kebutuhan lain. Kamu juga bisa memilih backpack yang memiliki bukaan yang banyak atau quick access, untuk mengantisipasi kamu perlu mengambil barang tanpa perlu bongkar barang lagi.

Jika Bawa Pakaian Tebal, Kenakan Saat Perjalanan
Pakaian tebal tidak selalu baju hangat kok! Pakaian tebal dalam hal tersebut adalah pakaian yang memiliki bahan tebal untuk dimasukan ke dalam tas. Sebut saja pakaian berbahan jins, bahan jins termasuk bahan yang cukup repot untuk dimasukan ke dalam tas baik itu mau digulung ataupun dilipat. Sebaiknya kenakan jins yang akan kamu bawa untuk mudik, sehingga kamu tidak perlu memasukkannya ke dalam tas saat perjalanan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.