Otak-otak Legendaris dari Pulau Bangka

0
921
Otak-otak Daun Bakar.

Sobat traveler, pasti tahu kan dengan jajanan enak yang bernama otak-otak? Otak-otak adalah jajanan rakyat yang terbuat dari olahan danging ikan tenggiri cincang, dibungkus dengan daun, kemudian dipanggang dan disajikan dengan bumbu kacang. Nah, sobat traveler, saya mau bercerita tentang makanan satu ini, namun yang akan saya ceritakan adalah otak-otak paling terkenal di Pulau Bangka, bernama Otak-otak Ase. Kalau sobat traveler berencana pergi ke Pulau Bangka, sobat traveler wajib mencoba otak-otak paling legendaris di Pulau Bangka ini.

Setelah mencari lokasi Otak-otak Ase dengan menggunakan google, saya menemukan ada 3 cabang Otak-otak Ase yang ada di Kota Pangkal Pinang. Ada dua cabang yang terletak tidak jauh dari alun-alun kota, yaitu di Kampung Bintang dan Jl. Melintas, dan satu lagi terletak tidak jauh dari Bandara Depati Amir, tepatnya di Jl. Soekarno-Hatta. Saat itu saya memutuskan untuk pergi ke cabang yang ada di Jl. Soekarno-Hatta. Lokasinya ternyata mudah sekali ditemukan, yaitu di sisi kiri jalan. Terdapat logo “A” yang cukup besar sebagai penanda gerai Otak-otak Ase.

Logo A Otak-otak Ase.

Sesampainya saya di Otak-otak Ase, tercium aroma sedap dari panggangan. Saya bisa membayangkan rasanya yang lezat dari aromanya yang sangat enak menggugah nafsu makan saya. Tanpa pikir panjang, saya langsung memesan otak-otak daun panggang yang terkenal itu. Selain otak-otak daun panggang, ternyata Otak-otak Ase juga menjual menu lain seperti bujan (sejenis otak-otak kering), otak-otak kulit, bakso ikan, dan pempek cumi. Semua menu tersebut dijual dengan harga Rp 2.500 per buahnya.

Pada gerai Otak-otak Ase tersebut, saya tidak hanya melihat tempat makan otak-otak. Tepat di sebelah tempat makan, terdapat rak-rak yang berisi berbagai macam produk yang biasa dijadikan oleh-oleh, seperti kopi, kerupuk kemplang, lada, dan produk-produk lain yang merupakan produk-produk khas dari Pulau Bangka.

Proses Pemanggangan Otak-otak Daun Bakar.

Saatnya saya mencoba otak-otak yang sedari tadi sudah membuat saya ingin meneteskan air liur karena mencium baunya dan tampilannya yang menggoda. Otak-otak yang saya pesan disajikan dalam keadaan panas, karena baru saja diangkat dari panggangan. Di atas meja saya melihat ada 3 bumbu yang biasa digunakan untuk menemani makan otak-otak tersebut. Ada bumbu terasi, cabe, dan tauco. Saya tidak ragu untuk mencicipi ketiga bumbu tersebut.

Menurut saya, bumbu tauco adalah bumbu yang paling enak dan pas untuk teman makan si otak-otak. Untuk otak-otaknya sendiri, terasa berbeda dengan otak-otak yang pernah saya makan sebelumnya. Meski ukurannya mungil, tapi teksturnya padat dan kenyal membuat saya tidak dapat berhenti melahap makanan ini. Meski tidak menggunakan bumbu, rasa enak dari otak-otak daun panggang ini tidak berkurang sama sekali. Otak-otak Ase terkenal terbuat dari olahan daging tenggiri segar dan tanpa menggunakan pengawet. So sobat traveler musti coba.

Otak-otak Daun Frozen.

Tempat makannya pun bersih, nyaman dan rapi. Tempat ini cocok untuk menikmati waktu santai sambil berbincang-bincang dengan keluarga atau teman dengan ditemani otak-otak dan segelas es teh manis. Jika sobat traveler ingin membeli Otak-otak Ase sebagai buah tangan dalam jumlah yang besar, sobat traveler dapat memesannya hari ini dan tinggal mengambilnya keesokan harinya. Kekurangannya adalah karena otak-otak ini tidak menggunakan pengawet, membuatnya tidak bertahan lama alias cepat basi. Namun, jika sobat traveler khawatir, sobat traveler dapat membeli otak-otak versi frozen-nya yang lebih tahan lama untuk dibawa perjalanan jauh. Otak-otak Ase buka sekitar pukul 09.00 hingga pukul 21.00 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.