Omah Idjo: Penginapan Unik di Lasem

0
1144
Omah Idjo.

Lasem adalah daerah dengan banyak sekali objek wisata yang khas. Wisata andalannya yaitu wisata sejarah dan budaya, makanya kalau kamu ke Lasem kamu harus nyobain banyak hal tentang sejarah dan budaya.

Lasem cocok banget untuk kamu yang suka sejarah dan budaya, karena bangunan dan cagar budaya di Lasem banyak banget. Nah, ada salah satu hotel di Lasem yang nawarin hal yang unik dan klasik. Namanya adalah Penginapan Omah Idjo.

Omah Idjo bisa dibilang sebagai salah satu hotel dengan konsep klasik dan antik. Arsitektur dan bangunannya masih mempertahankan nilai sejarah dan keantikan. Omah Idjo terdiri dari beberapa kamar saja, karenanya menjadi hotel antik yang menarik.

Halaman teras penginapan Omah Idjo.

Ada 2 lantai dan satu balkon yang menarik untuk kita amati, patri jendela, lampu antik, dan pintu jadulnya sangat menarik.

Hari Kamis, 11 April 2019, saya mendapat kesempatan nginep satu malam di Omah Idjo. Ketika pertama kali masuk ke dalam bangunan, suasana langsung berubah seketika. Rumah peranakan dengan halaman luas dan sumur seakan membuat kita kembali ke zaman Belanda. Dari luar gedung pun, kita sudah bisa melihat keantikan bangunannya.

Teras dan ruang resepsionis.

Tempat resepsionis menyambut tamu pun unik, ada kursi kursi duduk dan meja kayu. Ruang tamu ini kesannya klasik sekali, lampu dan pintu antiknya menambah nilai kuno. Setelah berbincang dan menawar harga, saya diantar melihat lihat kamar di Omah Idjo. Bangunan Imah Idjo terdiri dari 2 lantai, lantai pertama berisi 3 kamar, dan lantai kedua berisi 3 kamar. Memang sedikit kapasitasnya, tetapi inilah yang menjadi salah satu nilai jual Omah Idjo. Tidak banyak orang tahu penginapan klasik ini, sehingga penginapannya berasa “eksklusif”.

Nah, penginapan ini cocok banget untuk kalian yang suka hal antik. Sudut sudut penginapan ini seakan “bercerita” tentang kota Lasem masa lalu. Penginapan ini juga cocok buat kalian yang suka fotogafi dan hunting foto, banyak spot yang menarik.  Pokoknya unik deh!

Fasilitas Penginapan

Penginapan ini tidak bisa dibilang hotel, karena konsep dan rancangannya pun berbeda. Penginapan ini pun tidak menawarkan fasilitas fasiltas mewah, kamar dengan king size bed, atau kamar mandi yang mewah. Penginapan ini konspenya “Omah” atau rumah, sehingga nilai jual penginapan ini terletak pada keantikan dan kenyamanan seperti kita ada di rumah sendiri.

Kamar isi 3 orang.

Ada beberapa jenis kamar di Omah Idjo, ada yang berkapasitas 2 orang, 3 orang, dan 4 orang. Jenis dan fasilitas kamar pun hampir serupa, ada air conditioner (AC), meja kursi kecil, kasur, dan bantal. Selain itu, kita pun diberi alat mandi dan handuk. Nah, kamar mandi di Omah Idjo terpisah dengan kamar tidur ya. Kamar mandi dan toilet berada di lantai 1.

Untuk fasilitas di luar kamar, ada balkon, ruang duduk, kamar mandi, dan halaman untuk bersantai. Konsep klasik dan kuno dari Omah Idjo bisa kamu nikmati di dalam maupun luar kamar.

Harga dan Pembahasan

Kecocokan harga dan rating Omah Idjo versi saya adalah 8 dari 10. Karena, selain harganya yang cukup murah, nilai jual Omah Idjo sangat tepat sasaran dan “mahal”. Maksudnya, jarang saya menemukan penginapan yang mempertahankan nilai kuno dan historisnya.

Harga untuk satu kamar penginapan dengan kapasitas 3 orang dan AC adalah 250 ribu rupiah, jadi satu orangnya sekitar 83 ribuan. Dengan nilai jual, fasilitas, akses, dan sarapan gratis, maka Omah Idjo bisa menjadi pertimbangan ketika kamu jalan jalan ke Lasem.

Jadi, kapan mau ke Lasem?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.